Dari Blogger Menjadi Youtuber by Paman APiQ



Ayo siapa yang mau penghasilan dolar pekerjaan mudah, ringan, menyenangkan bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja dengan taksiran penghasilan 1 chanel di atas sekitar 100 sd 2000 dolar bahkan lebih per bulan maka jadilah youtuber cerdas  seperti Paman APiQ yang berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar. Nara sumber hari ini Kamis, 21 Mei 2020  dengan tema Dari Blogger  menjadi Youtuber oleh Agus Nggermanto atau lebih dikenal dengan Paman APiQ.  
Tahun 2008 Paman APiQ memulai menjadi seorang blogger dengan wordpress gratisan sejak 2008 dengan alamat https://apiqquantum.com/ Lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum). Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan berikut ini adalah beberapa channel Paman APiQ  https://www.youtube.com/user/PamanAPIQ dan youtube.com/edujiwaSemua channelnya  membahas tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APiQ.
Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Paman APiQ masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Di APiQ  juga mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Dari konsep-konsep yang menarik itulah kini paman APiQ  cukup dikenal sebagai youtuber dengan konten matematika sudah 7000 judul yang ia buat. Nah kali ini Paman APiQ akan berbagi tips menjadi blogger dan youtuber yaitu :
1. Gunakan program gratis seperti wordpress dan youtube
2. Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita
3. Pelajari statistik untuk improvement wordpress atau youtube menyediakan statistik yang berlimpah, maka konten bisa terus mengalir.
4.Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
5.Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
6. Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
7. Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
8.  Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
9.  Buat video lagi sesuai analytic.
10. Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.
11.Selain itu agar banyak yang menonton maka riset kata kunci di youtube misal ketik  "matematika" maka yg muncul konten apa aja dan kita buat konten yang sesuai. Seperti contoh karena banyak yang cari kata kunci jarimatika maka Paman APiQ buatkan video jarimatika dan telah ditonton sebanyak 1,9 juta kali.
12. Buat konten yang sedang dicari oleh banyak orang misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul fitri, bagaimana cara menghitung hisabnya?, Paman APiQ langsung membuat videonya dan hasilnya dalam 1 hari telah ditonton 19.000 kali.
13. Dalam membuat konten Paman APiQ menggunakan Polaris untuk papan digital dan Mobizen untuk rekam layar dan suara. Untuk tambahan canva design gambar dan Inshoot Edit Video semua cukup menggunakan HP.
14.Agar konten yang kita buat mendapatkan uang minimal 1000 subscriber dan minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir maka bisa menghasilkan uang.
Selain tips diatas Paman APiQ akan berbagi beberapa contoh pengalaman pribadi sebagai youtuber yaitu :
1.  Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.
Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan Paman APiQ sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya? Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal. Lupakan editing. Matangkan persiapan.
3. Persiapan  yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
4.  Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu. Paman APiQ mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka ia buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.
5.  Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video ia isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
6.Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
7. Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari Paman APiQ biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
8.  Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri. 
9. Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya  rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur Paman APiQ kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka Paman APiQ cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan baginya. Bisa ia kerjakan bisa ia tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber sukses dan bahagia.
10. Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton? Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.
11. Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu? Dari analytic penonton suka dengan matematika yang mudah maka ia buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.
12. Penonton berminat dengan tema jarimatika. Maka ia buatkan video Super  Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.
13. Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka ia buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.

Berikut salah satu contoh konten Paman APiQ


Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.
Itulah sharing Paman APiQ tetang bagaimana menjadi seaorang youtuber teruslah berkarya, buatlah konten apa saja yang bermanfaat sesuai dengan passion anda kemudian lakukan analisis, perbaiki konten-konten yang kurang gunakan aplikasi yang mudah , efisien dan tidak ribet, usahakan persiapan yang matang sehingga tidak perlu melakukan pengeditan. Itulah beberapa tips dan trik Paman APiQ semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam kreatif Jembrana 21 mei 2020
Peresume Rita Wati

Posting Komentar

4 Komentar