Hari ini Senin tanggal 18 Mei 2020
kembali lagi rutinitas aktifitas belajar menulis gelombang 10 dimulai, sudah
memasuki pertemuan ke 16, pertemuan hari ini seharusnya diisi oleh Bpk Munif
Chotib, dengan tema Merancang Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah, akan tetapi
karena sesuatu hal beliau harus berangkat ke Surabaya dan akhirnya perkuliahan
hari ini diisi kembali oleh nara sumber yang sudah familiar bagi kami bagi
peserta belajar menulis , beliau pencetus pelatihan belajar menulis yang hinga
saat ini telah memasuki gelombang 10, dengan jumlah peserta telah mencapai
ribuan, siapa lagi jika bukan Bpk. Wijaya Kusumah atau yang akrab di sapa Omjay,
hari ini beliau menyampaikan topik tentang Menciptakan Pola Belajar yang
Efektif dari Rumah,
Sejak pandemic covid melanda dunia
internasional, termasuk Indonesia yang telah memasuki bulan ke-3 Minggu ke-9 ,
salah satu dampak dari pandemic covid 19 ini adalah kegiatan belajar-mengajar antara
siswa dan guru terpisah oleh ruang dan waktu karena pembelajaran dilaksanakan dari
rumah masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan dari pembelajaran jarak jauh
ini agar tercipta pola belajar dan efektif adalah “disini senang , disana
senang” guru dan siswa harus sama-sama senang.
Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan
agar dapat menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah yaitu :
Pola
: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system
kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah
rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai
sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri
(Suyoto, 1985: 327).
Belajar
adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut
dalam bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan,
keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya.
Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau
penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan
mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan
tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-belajar.html.
Efektif
bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang
diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara
maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai
salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum
tercapai. (https://pengertiandefinisi.com/pengertian-efektif/).
Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama
jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang
menepati rumah tersebut.
Berdasarkan
definisi-definisi diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan
tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dari
pengertian diatas agar siswa dan guru sama –sama senang dan tercipta pola
pemebelajaran yang efektif dari rumah maka yang perlu diperhatikan adalah :
1. Siswa
dan guru harus memiliki internet yang lancar, media utama dalam pembelajaran
jarak jauh adalah internet, jika akses internet siswa atau guru mengalami
masalah maka pembelajaran bukan lagi menyenangkan akan tetapi menegangkan.
2. Pola
atau cara kerja yang diciptakan harus menarik , missal sebelum pembelajaran
daring menarik guru harus sudah siap dengan materi yang akan disampaikan apa
itu dalam bentuk powerpoint, atau web.
3. Efektif
yaitu bagaimana usaha antara guru dan siswa semaksimal mungkin dalam
menggunakan media khususnya internet dalam pembelajaran jarak jauh.
4. Jadwal
setiap siswa harus membuat jadwal harian dari bangun tidur hingga tidur
kembali, jika sudah membuat jadwal maka mereka akan lebih tertib belajarnya , jika
pembelajaran melalui internet disini perlu peran orang tua untuk mendampingi
putra-putrinya dan bekerjasama dengan guru untuk menyampaikan laporan atau bimbingan
melalui wa group.
5. Gunakan
teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah.
Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tsb dengan memadukan antara teks,
foto dan video.
Kesimpulan
materi hari ini adalah untuk menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah:
1.
Guru dan siswa harus sama-sama senang
2.
Guru harus mempunyai peta kelas atau
kondisi siswa di rumah dengan begitu guru bisa membuat pola mengajar yang
sesuai dengan kondisi siswa.
3.
Setiap
siswa harus membuat jadwal, guru bekerja
sama dengan orang tua untuk mendampingi putra –putrinya untuk melaksanakan
pembelajaran yang sudah terjadwal dan lakukan diskusi atau komunikasi via wa
group jika diperlukan.
SESI TANYA –JAWAB
Assalamualaikum
P1. Izin bertanya tentang
pembelajaran yang efektif dari rumah
jadwal belajarnya di tentukan oleh
guru berdasarkan jadwal pelajaran seperti hari-hari biasa atau kah di rubah?..Pembelajaran
nya lebih menekankan kepada pembentukan karakter mandiri YG berefek pada
keseharian siswa? Lalu untuk pencapaian ranah kognitif nya dapat kita ukur
dalam satu hari satu mapel atau bgm untuk jenjang SD.TERIMAKASIH ATAS
JAWABANNYA
Jawaban Walaikum salam, jadwal
jelas harus berubah, tdk sma dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih
kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek dan
imtak
untuk peneilian guru dpatmelakukan
penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid sd
P2. Asw Om Jay, sy Candra dr MTsN 1
Langkat Sumatera Utara, mnrut Om, mngkin tidak bila sistem pembelajaran daring
nntinya bl frasa siswa atau guru lbih nyaman..akan mmberi efek pada pmbljrn
konvensional yg lazim kt lksnkn sblm wabah Corona terjadi? Klw mmg ada efek tdk
baiknya, apa kira2 lngkah yg bs kt lakukn Om? Trmksh
Jawaban:walaikum salam candra,
mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di
kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar
sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern
Untuk keberhasilan pembelajaran
daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau
jaringan yang lemot bgm solusinya?
solusinya gunakan teknologi yg ada.
kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau
tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk
meningkatkan SDM unggul
P.3 Assalamu 'alaikum wr.wb.
Om Jay, selama BDR ini, disekolah
kami melaksanakan pembelajaran melalui group WA.Di akhir pertemuan, guru
memberi tugas sbg instrumen penilaian. Namun sayang, ternyata yg mengumpulkan
tugas hanya maksimal 75% siswa saja.Bagaimanakah cara yg bisa kita tempuh agar
siswa juga aktif mengumpulkan tugas tsb? Terima kasih.Wiji – malang
Jawaban: walaikum salam, jangan
dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dngan sukarela. Kita cukup
mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya,
ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam
pembelajaran yg efektif dari rumah
BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan ke 16 : Senin 18 Mei 2020,
Waktu : 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri : Wijaya Kusumah
Topik : Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
Peresume : Rita Wati, S.Kom (ritapinang08@gmail.com)
0 Komentar