/> Menciptkan Pola Belajar Efektif dari Rumah

Menciptkan Pola Belajar Efektif dari Rumah


MENCIPTAKAN POLA BELAJAR EFEKTIF DARI RUMAH
           
            Hari ini 2 Mei  bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia, tidak ada acara seremonial seperti biasanya , 2 Mei 2020 berbeda dengan 2 Mei sebelumnya , semuanya berubah sejak pandemic  covid-19 ini hadir dinegeri tercinta. Tidak lama kemudian munculah himbauan dari Presiden Republik Indonesia  untuk melakukan social distancing yaitu bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Himbauan itu di perkuat dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Republik Indonesia  selama pandemic sekolah-sekolah di seluruh Indonesia agar melakukan pembelajaran dari rumah secara daring (dalam jaringan) atau secara online .
Semenjak keputusan pembelajaran dari rumah itu berlaku para guru terus mencari cara yang tepat untuk menciptkan pola belajar  yang efektif dari rumah.  Tidak semua guru dan siswa siap dalam mensikapi perubahan proses belajar mengajar yang terpisah oleh ruang dan waktu , masing-masing guru memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan proses belajar-mengajar selama pandemic ini.
Ada beberapa cara untuk menciptakan pola belajar efektif dari rumah yaitu :
1.      Guru harus menyusun RPP khusus selama pandemic ini
Dengan membuat RPP khusus yang dirancang selama pembelajaran dirumah para guru akan bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar-mengajar di rumah.
2.      Survey perangkat apa yang dimiliki siswa
Sebelum kita menentukan media pembelajaran yang akan kita gunakan selama pembelajaran dirumah , terlebih dahulu para guru harus mensurvei berapa siswa yang memiliki HP yang berbasis android, mengapa ini perlu kita lakukan karena syarat utama dalam menentukan pembelajaran daring yang tepat adalah kita harus mengetahui terlebih dahulu fasilitas yang dimiliki oleh siswa.

3.      Media Pembelajaran
Guru harus melakukan pengamatan secara mandiri, ketika ingin menyampaikan materi, untuk  menenentukan media apa yang tepat dalam menyampaikan materi . Misalkan guru ingin menjelaskan materi dengan berkomunikasi tatap muka langsung, maka bisa digunakan media zoom metting atau webex. Jika hanya ingin menyampaikan materi saja bisa jadi guru bisa membuat tulisan materi di blog, jika ingin menampilkan materi yang lebih lengkap lagi bisa menggunakkan, youtube. Nah akan lebih sempurna lagi jika bisa mengkombinasikan semua itu, maka penyampaian materi akan lebih sempurna. Media pembelajaran seperti ini akan tidak efektif jika  sebagian dari siswa yang kita didik tidak  memiliki fasilitas HP android, susah sinyal, atau tidak memiliki paket internet, maka guru harus mencari media yang paling tepat untuk siswa yang tidak memiliki HP Android.
Sebagai contoh jika ada  siswa yang tidak memiliki HP android akan tetapi memiliki fasilitas HP non android yang tidak terkoneksi dengan internet , maka  guru harus bisa memfasilitasi siswa tersebut dengan cara misalkan menyampaikan materi melalui SMS, atau bisa juga siswa yang tidak memiliki akses internet mengerjakan secara manual, kemudian tugas tersebut dikumpul  secara mandiri.
Menurut saya dari sekian banyak media pembelajaran daringatau online  aplikasi Whatsapp  adalah yang paling efektif selama kegiatan belajar dari rumah, mengapa tidak , saya yakin hampir semua orang tua , siswa dan guru yang memiliki HP android pasti menginstall aplikasi ini. Aplikasi Whatsapp atau yang disingkat dengan WA ini sudah cukup familiar bagi guru, siswa dan orang tua.
4.      Berinovasi
Inovasi sangat penting dilakukan didunia pendidikan, guru harus cepat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi khususnya yang diperlukan didunia pendidikan, jika guru masih gagap teknologi maka solusinya guru harus rajin mengikuti pelatihan-pelatihan online. Selama Pandemi ini PGRI seluruh Indonesia bergerak untuk memberikan pelatihan online kepada guru, untuk memberi solusi kepada guru dalam meningkatkan kemampuannya didalam menggunakan media pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan untuk melakukan proses belajar-mengajar dirumah

Ditulis dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2020

Posting Komentar

0 Komentar