/> Cara Mengunci Kolom dan Baris Pada Ms.Excell

Cara Mengunci Kolom dan Baris Pada Ms.Excell

 

CARA MENGUNCI KOLOM DAN BARIS 

PADA MS.EXCELL

 

            Belajar aplikasi itu sangat luas salah satu contoh Ms.Excel. Ms. Excel jika kita pelajari satu per satu menu yang ada maka kita akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang ada hal-hal menurut kita sepele tapi kita sulit untuk menemukan caranya. Salah satu contoh yaitu mengunci kolom dan baris pada Ms.Excel.

 Pernah nggak ketika Bapak/ibu atau sobat online sekalian sering bingung ketika sedang bekerja di MS.Excel? Terutama ketika jumlah kolom dan barisnya banyak. Ketika ingin sobat ingin ke kolom selanjutnya atau menggeser ke kanan dan ke bawah kolom atau baris yang ingin tetap muncul tidak terlihat, sehingga kita agak kesulitan dalam bekerja terutama dalam hal ketelitian.

Karena keterbatasan pengetahuan kita atau pun kadang malas untuk mencari tahu. Sehingga kita bekerja lebih banyak memakan waktu menggeser dan menarik lebar kolom ataupun tinggi baris. Dari pengalaman itulah saya ingin berbagi kepada sobat tentang cara mengunci kolom dan baris pada Ms.Excel.

            Berikut langkah-langkah mengunci kolom dan baris pada Ms. Excell

A.     Cara Mengunci Kolom Pada MS.Excel :

1.       Buka aplikasi Ms. Excel.

2.      Ketik / buka file excel sobat yang berisi tabel baris dan kolom.

3.      Blok kolom yang ingin dikunci misalkan kolom A dan B yang ingin tetap terlihat ketika di geser maka kolom yang dikunci adalah kolom C.

4.      Blok terlebih dahulu kolom C kemudian klik menu View – Pilih Sub Menu Freeze Panes- kemudian klik Freeze Panes.

5.      Maka secara otomatis kolom C sobat akan terkunci jika di geser kekanan kolom A dan B akan tetap terlihat.

 

B.     Cara Mengunci Baris Pada MS. Excel:

1.       Buka aplikasi Ms. Excel

2.      Ketik / buka file excel sobat yang berisi tabel baris dan kolom

3.      Blok baris yang ingin dikunci misalkan nama keterangan tabel  yang ingin tetap terlihat ketika di tarik maka baris yang dikunci adalah baris pertama.

4.      Blok terlebih dahulu baris pertama kemudian klik menu View – Pilih Sub Menu Freeze Panes- kemudian klik Freeze Panes.

5.      Maka secara otomatis baris pertama sobat akan terkunci jika di tarik kebawah maka menu keterangan tabel masih tetap terlihat.

 

Agar lebih jelas silakan tonton link youtube di bawah ini!



 

Itulah langkah- langkah bagaimana cara mengunci kolom dan baris pada Ms. Excel.  Semoga artikel/ tutorial ini bermanfaat terkhusus bagi sobat yang belum tahu atau lupa cara mengunci kolom dan baris ini.

 

Demikian tutorial dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa kembali di artikel/ tutorial selanjutnya. Salam sehat untuk kita semua. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan dan rezeki pada kita semua terutama yang membaca artikel ini.

Penulis: Rita Wati

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Wah sangat mengedukasi master. Terimakasih bunda Rita.

    BalasHapus
  2. Informatif,,,terima kasih bunda

    BalasHapus
  3. Informatif,,,terima kasih bunda

    BalasHapus
  4. Mencerahkan dan mengedukasi. Trmksh bu

    BalasHapus
  5. Asyik... dapat ilmu baru ttg excel. Dahulu bingung mengoperasikan fitur excel. Ya setelah belajar dr Master2 akhirnya bisa juga. Keren... share ilmunya, Bunda

    BalasHapus
  6. Ciihuuyyy... perlu di subscribe nih
    ilmu yang informatif.
    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  7. Informatif sekali. Alhamdulillah dapat tambahan ilmu lagi. Terima kasih sudah berbagi, Bu.

    BalasHapus
  8. Cici Jang: terima kasih ilmunya pak, maaf baru mampir..he

    BalasHapus