CARA MENGUNCI KOLOM DAN BARIS
PADA MS.EXCELL
Belajar aplikasi itu sangat luas salah satu contoh
Ms.Excel. Ms. Excel jika kita pelajari satu per satu menu yang ada maka kita
akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang ada hal-hal menurut kita sepele
tapi kita sulit untuk menemukan caranya. Salah satu contoh yaitu mengunci kolom
dan baris pada Ms.Excel.
Pernah nggak ketika Bapak/ibu atau sobat
online sekalian sering bingung ketika sedang bekerja di MS.Excel? Terutama
ketika jumlah kolom dan barisnya banyak. Ketika ingin sobat ingin ke kolom
selanjutnya atau menggeser ke kanan dan ke bawah kolom atau baris yang ingin
tetap muncul tidak terlihat, sehingga kita agak kesulitan dalam bekerja
terutama dalam hal ketelitian.
Karena
keterbatasan pengetahuan kita atau pun kadang malas untuk mencari tahu.
Sehingga kita bekerja lebih banyak memakan waktu menggeser dan menarik lebar
kolom ataupun tinggi baris. Dari pengalaman itulah saya ingin berbagi kepada
sobat tentang cara mengunci kolom dan baris pada Ms.Excel.
Berikut langkah-langkah mengunci
kolom dan baris pada Ms. Excell
A.
Cara Mengunci Kolom Pada MS.Excel :
1.
Buka aplikasi Ms. Excel.
2.
Ketik / buka file excel sobat yang berisi tabel
baris dan kolom.
3.
Blok kolom yang ingin dikunci misalkan kolom A
dan B yang ingin tetap terlihat ketika di geser maka kolom yang dikunci adalah
kolom C.
4.
Blok terlebih dahulu kolom C kemudian klik menu
View – Pilih Sub Menu Freeze Panes- kemudian klik Freeze Panes.
5.
Maka secara otomatis kolom C sobat akan terkunci
jika di geser kekanan kolom A dan B akan tetap terlihat.
B.
Cara Mengunci Baris Pada MS. Excel:
1.
Buka aplikasi Ms. Excel
2.
Ketik / buka file excel sobat yang berisi tabel
baris dan kolom
3.
Blok baris yang ingin dikunci misalkan nama
keterangan tabel yang ingin tetap
terlihat ketika di tarik maka baris yang dikunci adalah baris pertama.
4.
Blok terlebih dahulu baris pertama kemudian klik
menu View – Pilih Sub Menu Freeze Panes- kemudian klik Freeze Panes.
5.
Maka secara otomatis baris pertama sobat akan
terkunci jika di tarik kebawah maka menu keterangan tabel masih tetap terlihat.
Agar
lebih jelas silakan tonton link youtube di bawah ini!
Itulah
langkah- langkah bagaimana cara mengunci kolom dan baris pada Ms. Excel. Semoga artikel/ tutorial ini bermanfaat
terkhusus bagi sobat yang belum tahu atau lupa cara mengunci kolom dan baris
ini.
Demikian
tutorial dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa kembali di artikel/
tutorial selanjutnya. Salam sehat untuk kita semua. Semoga Allah selalu
memberikan kesehatan dan rezeki pada kita semua terutama yang membaca artikel
ini.
Penulis:
Rita Wati
8 Komentar
Wah sangat mengedukasi master. Terimakasih bunda Rita.
BalasHapusInformatif,,,terima kasih bunda
BalasHapusInformatif,,,terima kasih bunda
BalasHapusMencerahkan dan mengedukasi. Trmksh bu
BalasHapusAsyik... dapat ilmu baru ttg excel. Dahulu bingung mengoperasikan fitur excel. Ya setelah belajar dr Master2 akhirnya bisa juga. Keren... share ilmunya, Bunda
BalasHapusCiihuuyyy... perlu di subscribe nih
BalasHapusilmu yang informatif.
Terimakasih Bu
Informatif sekali. Alhamdulillah dapat tambahan ilmu lagi. Terima kasih sudah berbagi, Bu.
BalasHapusCici Jang: terima kasih ilmunya pak, maaf baru mampir..he
BalasHapus