/> Membongkar Rahasia Menulis

Membongkar Rahasia Menulis

 


Malam Sabtu, 16 Juli 2021 saya mendapat kesempatan menjadi narasumber. Sehari sebelum jadwal, ketika hendak mempersiapkan materi dalam bentuk powerpoint. Berita duka datang dari sahabat saya suaminya telah berpulang keharibaan Sang pemilik jiwa.

 

Kebetulan tinggalnya hanya 10 langkah dari rumah. Niat saya tunda untuk membuat materi. Saya pun bergegas untuk melayat, suasana duka sangat menusuk sanubari karena meninggalkan 3 orang anak yang masih kecil.

 

Lama saya berada di sana, siang pukul 11 saya kembali ke rumah dan berberes lalu saya mulai menyicil untuk membuat materi. Sore hari kembali lagi saya ke rumah duka untuk membantu membungkus jajan untuk acara tahlilan.

 

Malam hari saya upayakan materi selesai karena saya harus ke rumah duka kembali untuk membantu persiapan tahlilan untuk hari berikutnya.

 

Materi selesai Jumat pagi setelah Subuh Mr.Bams menanyakan kesiapan dan profil saya. Seketika saya langsung berikan kepada Mr.Bams yang akan menjadi moderator.

Berikut profil saya 

 

Siang hari Pukul 13.00 hingga 17.30 waktu saya habiskan untuk membantu acara tahlilan suami sahabat saya. Tapi, sore hari ketika pulang ke rumah kepala saya terasa pusing, pandangan berkunang-kunang.

 

Saya langsung merebahkan diri di tempat tidur. Pukul 18.00 WITA masih saja terasa pusing. Saya meminta anak saya untuk membuatkan teh manis. Saat itu saya mulai kepikiran 2 jam lagi saya akan menjadi narasumber.

 

Hampir saja saya ingin digantikan oleh Tim Solid Omjay tapi...saya merasa tidak enak hati jika mendadak. Tentu saja yang menggantikan belum mempersiapkan dengan matang.



Saya bertahan terlebih dahulu. Siapa tahu pusing saya segera reda. Di saat yang sama pukul 18.30 WITA ada chat masuk dari Mr.Bams.

“Assalamualaikum Ibu, apakah sudah siap? Sebentar lagi acara akan di mulai.”

“Siap Mr,” ucap saya dengan keyakinan penuh.

Alhamdulillah Allah memberi kesempatan saya untuk berbagi, sehingga pusing itu reda seketika pada saat acara akan dimulai.

 

Materi yang saya sampaikan adalah Membongkar Rahasia Menulis Hingga Menerbitkan Buku. Saya memilih judul ini karena saya yakin peserta belajar menulis dari gelombang 1 – 20 ketika bergabung di group menulis pasti keinginan mereka salah satunya yaitu ingin memiliki buku sendiri.


Berikut karya buku solo dan antologi saya



 

Saya awali dengan salam pembuka, kemudian dengan mengajukan pertanyaan melalui Whiteboardfi. Beragam jawaban telah tertulis pada intinya mereka juga ingin berbagi tulisan dan ingin memiliki buku sendiri.

 

Kemudian saya lanjutkan dengan membagikan karya buku saya serta komentar dari pembaca buku saya. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta.

 

Selanjutnya saya berikan materi dalam bentuk ppt yang mendapatkan apresiasi dari Bu Kanjeng suka dengan PPTnya singkat tapi padat.


Berikut materinya, silakan diunduh.

 

Kemudian pukul 21.WITA pertanyaan-pertanyaan bermunculan berikut Q&A yang telah saya rangkum.


 

Q&A Pertemuan ke-3
BELAJAR MENULIS GEL 19 dan 20

 

P1. Malam. Endang Rahayu-Depok-Gelombang 20

1. Pernyataan ibu rita terkait resume menarik tidak hanya kopi paste, bagaimana ya?

2. Trik resume olahan sendiri seperti apa?

3. Salut dengan proses ibu menjadi penulis, proses awal seperti yg saya alami tapi ibu kerren banget bisa segera menerbitkan banyak tulisan. Bagaimn itu terjadi?

 

Terimakasih Bu Endang Pertanyaan yang menarik

Resume yang menarik adalah resume yang dikembangkan dengan bahasa penulis resume sendiri tanpa copy paste.

Trik Resume olahan sendiri

Buat paragraf pembuka dan penutup dengan kalimat yang menarik dari olahan kata sendiri

Untuk isi sesuaikan dengan materi dengan banyak melibatkan diri kita sebagai penulis.

Semua mengalir begitu saja pointnya hanya menulis dan mengikuti group belajar menulis.

 

P2. Nama Omma Babys-Asal NTT

Pertanyaan bagaimana cara yang paling cepat agar menulis tanpa ada beban?

Terimakasih Bu omma , cara cepat agar menulis tanpa beban adalah pengalaman kita sehari-hari saja. Misalkan Ibu hari ini sedang mengisi materi pelajaran, kemudian ada siswa yang tidak membuat tugas  karena tidak memiliki Hp. Ibu tulis saja pengalaman ibu.

Yang lebih simple lagi tentang hobi kita , jika ditulis akan mengalir aja.

 

P3. Assalamu'alaikum mbak Rita

Anda hebat sekali, wanita muda yg punya banyak karya

Saya Rahayu Sri Haryanti- Dari Jakarta

Buku anda begitu banyak. Penerbit Mayor atau Indie.

Saya sdh punya 2 karya antologi, sebentar lagi 3, boleh kasih motivasi dan ilmunya dari mana memulai membuat buku solo

 

Walaikumsalam Bu Sri Rahayu

Terimakasih atas apresiasinya.

Buku saya banyak yang terbit secara Indie tapi alhamdulillah bisa terjual dan bisa mendapatkan keuntungan terutama buku solo 25 Pembelajaran Daring dan Luring* sudah hampir tersebar di berbagai Kota di Indonesia

Alhamdulillah Bu Sri sudah memiliki buku antologi itu adalah awal yang baik untuk membangkitkan kepedean kita untuk menerbitkan buku Solo.

Untuk memulai buku solo cara gampang ibu harus buat Table Of Content atau daftar isi

 

P4. Rosminiyati- SMK Negeri 2 Pangkalpinang

Pertanyaan:

Bagaimana perasaan Ibu pada saat pertama kali buku diterbitkan, dan apa yang ibu lakukan dengan buku-buku yang sudah diterbitkan itu?  Terima kasih.

Terimakasih Bu Rosmiyati perasaan saya pertama kali ketika menjadi bagian buku antologi saja saya sudah sangat bahagia, gak kebayang akhirnya bisa menjadi penulis terlebih ketika buku solo terbit dan mendapat apresiasi ada yang berminat untuk memesannya.

Buku-buku saya yang antologi alhamdulillah ke-5 buku antologi saya adalah saya yang kurator, 1  buku ada 35-45 penulis dari berbagai daerah di Indonesia. sebagian dr mereka banyak yang repeat order karena untuk dijual lagi ke teman-temannya. dan sebagian ada yang saya kasihkan hadiah untuk peserta belajar menulis yang aktif ataupun resume yang menarik.

 

P5. Nama: Mangatur Panjaitan

Alamat: Batam

1. apa pengertian dari tulisan/ buku fiksi dan tulisan/buku non fiksi.

2. Apa saja contoh-contoh tulisan/ buku non fiksi dan tulisan/ buku fiksi

Terimakasih.🙏🏻🇮🇩

 

Selamat malam Pk Panjaitan wah tetangga, kampung saya di Tanjung Pinang Pak

Buku fiksi itu yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel, dan cerita pendek (cerpen).

 

Sedankan buku non fiksi karangan atau tulisan yang bersifat informatif, penulisnya mempunyai tanggung jawab atas kebenaran (artikel, karya ilmiah jurnal, dll)

P6. Ms Phia-Sukabumi-Gel. 20.

Pertanyaan :

1. Langkah apa yang harus di lakukan untuk memilih penerbit yang tepat.

2.Apakah ada penerbit yang akan menerima tulisan full dalam bahasa Inggris yang ditulis oleh penukis amatir?

 

Terimakasih Ms. Phia

Survey dengan banyak bertanya. (bagaimana aturannya, kriterianya, terutama budgetnya) . Masing-masing penerbit pasti memiliki plus minusnya. Tanyakan juga apakah tulisan kita bisa diperbanyak di penerbit lain.

Pasti ada, hanya saja ibu harus bertanya, apakah penerbit tsb memiliki editor yang mumpuni ketika naskah full Bhs.Inggris. atau bisa disiasati dengan ibu mencari editor sendiri.

 

P7. Dari Pak Dail - Gel. 20

1. Bagaimana supaya mempertahankan semangat untuk tetap menulis ditengah kesibukan apapun?. 2. Bersediakan Ibu Rita jika memberi materi mendesign Blog yang indah seperti punya beliau? untuk kitah  peserta gel 19 dan 20

Terimakasih Pak Dail

1 Untuk mempertahankan semangat untuk tetap menulis ditengah kesibukan harus memiliki jadwal dan tekad yang kuat untuk menulis. Sesibuk apapun kita harus meluangkan waktu untuk menulis.

Jika saya sibuk terkadang saya hanya menulis quote

2 Insya Allah siap pak , tinggal diatur aja jadwalnya

 

P8. Lina Nuraindah Bandung, Gelombang 20

Bagaimana cara membagi waktu mengelola 4 tempat menulis yang berbeda-beda ? Apakah keempat blog tsb karakter tulisannya berbeda atau sama? Saya sendiri pun sudah membuat tiga blog, tapi akhirnya yang mampu saya jalankan dengan rutin hanya 1.

Selain tulisan di blog dapat dijadikan menjadi sebuah buku, apakah bila kita ingin me-monetisasi blog kita dengan google adsense akan berpengaruh terhadap pembaca blog ? karena banyak pembaca yang terganggu dengan iklan

 

Terimakasih Bu Lina

Memang rumit untuk mengelola blog yang banyak,  pada akhirnya kecenderungan kita pada blog utama. Seperti saya blog utama www.ritapinang.my.id . untuk blog yang lain akan saya sesuaikan dengan tulisan saya.

Kompasian biasanya saya banyak berbagi tips

Wordpress catatan saya baik itu perjalanan, tentang keseharian saya seperti kucing dll

Guraru yang berkaitan deangan pendidikan RPP, artikel

Sedangkan yang utama malah campur ada buku, artikel, tutorial dll

Untuk me-monetisasi blog kita dengan google adsense sah-sah saja jika ibu menginginkan. Semua kembali lagi kepada ibu.. Kalau saran saya jika ibu memiliki 3 blog yang didaftarkan 1 blog saja yang lain tidak. Tapi itu semua kembali lagi kepada sipemilik blog

 

P9. ASIA NURWATI-SMPN.252 JAKARTA TIMUR-GELOMBANG : 20

Assalamualaikum Bu Rita dan Pak Bams.

Satu kata untuk Bu Rita : HEBAT

Terimakasih untuk motivasi yang disampaikan malam ini. Saya ingin menyampaikan permintaan kepada Bu Rita. Terbitkan buku yang berisi beragam  tutorial media pembelajaran TIK/INFORMATIKA.

Terimakasih Bu Nurwati atas apresiasinya , Saya sudah 2 buku yang berkaitan tutorial Tik yang pertama saya terbitkan secara Indie 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring dan yang ke-2 Penerbit Andi duet Prof Ekoji tentnag Manajemen Kelas Online disana banyak tutorial pembelajaran

 

P.10

1.Bagaimana  langkah atau tahapan buat novel?

2. apakah ada perbedaan menulis buku non fiksi, tahapan awalnya bagaimana?

 

Tahapan membuat novel/ fiksi  nanti akan disampaikan secara detail oleh narsum berikutnya Pak Mo. Kalau saya masih mengalir begitu saja ketika ide saya muncul baru saya tuangkan. Sebaiknya Bpk/ibu membuat peta konsep

Kalau tahapan non fiksi dan non fiksi sebenarnya sama ya peta konsep / TOC tapi kembali lagi kepada penulis. Kalau non fiksi buat daftar isi terlebih dahulu biar buku yang kita tulis lebih terarah dan akan selesai dengan cepat.

 

P11.

Malam- Ilham Kamandanu-Depok-Gelombang 20

Tulisan saya aslinya  kurang bagus/rapih, apa boleh menjadi penulis ?

Tentu saja bisa Pak, ada editor yang akan memperbaiki tulisan Bpk. Tapi jangan lupa untuk terus berlatih agar tulisan menjadi bagus dan rapi, hingga ketika naskah di setor ke penerbit sudah naskah yang terbaik.

 

P12.

Nama : Dwi Pratiwi

Asal    : Sukabumi

Pernah mencoba menulis dengan mengalir, artinya menulis apa yang ada dalam pikiran pada saat itu. Lumayan dapat berlembar-lembar, tetapi sulit mengembangkan pada waktu berikutnya. Pernah juga mengalir dengan cukup hati-hati dalam arti , menyusun outline. Tetapi, masih sering dilanda ragu. Mohon pencerahannya.

Terimakasih Bu Dwi pertanyaan yang sangat menarik hampir terjadi oleh siapapun yang ingin menulis. Kuncinya kembali lagi Membaca dan Menulis. Ketika tiba-tiba ide hilang ditengah jalan, dengan membaca karya orang secara tidak langsung akan memancing ide kita untuk keluar.

Jika Ibu Dwi ragu sebaiknya ibu konsul kepada rekan-rekan yang telah berhasil menerbitkan buku. Insyaallah keraguan ibu perlahan akan sirna jika mendapatkan masukan dari yang telah berpengalaman.

 

P13. Nama: Mangatur Panjaitan

Asal: Batam

1. apa perbedaan penerbit Indie dengan penerbit mayor?

2. Contoh-contoh penerbit mayor dan indie?

3. Apa kekurangan dan kelebihan penerbit indie dan mayor?

Terimakasih  

 

Terimakasih Pak Mangatur atas pertanyaannya yang mewakili penulis yang ingin menerbitkan buku

Jika ingin menerbitkan secara mandiri dengan biaya sendiri kita menggunakan jasa penerbit indie. Sedangkan penerbit mayor penulis tidak mengeluarkan biaya sepersen pun justru malah dapat royalti jika buku terjual.

Contoh penerbit indie : oase pustaka, Gemala, Kamilla press dll

Kekurangan Penerbit Indie kita mengeluarkan biaya sendiri dan kita mempromosikan sendiri. Kelebihan buku kita terbit dengan cepat tanpa menunggu berbulan-bulan. Terkadang 2 minggu saja sudah bisa diterbitkan.

Kekurangan Penerbit mayor, tidak semua tulisan penulis penerbit mayor mau menerimanya. Perlu perjuangan agar tulisan kita bisa tembus di penerbit mayor contoh penulis terkenal atau tulisan kita harus populer atau bernilai jual.

Kelebihan kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk menerbitkan dan menjualnya. Penulis hanya tingga terima bersih royalti dari penerbit.

 

P.14

Nama : Ali Mustofa- Asal.    : Sragen - Gel.      : 19

Pertanyaan.

Bagaimana cara menstabilkan semangat untuk memperbaharui ide sehingga gairah menulis tidak kendor.

Terimakasih Pak Ali seperti yang telah saya berikan materi di slide PPT kuncinya ahnya 3 kata membaca dan menulis.

 

P15.

Saya saiful dari kaltim.

Gelombang 20

Apakah semua tulisan kita yg ada di Blog itu bisa dijadikan buku? Atau tulisan seperti apa yg bisa di jadikan buku? Terima kasih

 

Terimakasih pak Saiful semua tulisan yang ada di blog bisa dijadikan buku. Tinggal Bpk susun saja berdasarkan kategori atau pun antologi.

Misal Bpk memiliki tulisan tentang tema Kesehatan kumpulan tulisan Bpk tinggal digabungkan menjadi 1 jika mencapai 100 halaman sudah bisa dijadikan buku.

2 Semua tulisan beraneka ragam genre bisa dijadikan buku- fiksi maupun non fiksi

 

P16.

 Assalamu'alaikum Bu. Saya Anisah Kurniawati dari Riau. Ijin bertanya. Diluar materi tapi menyangkut tugas tantangan meresum saya. Terus terang sy tak tau mau dikirim kemana resume saya ini. Bisakah ajari saya cara mengirim tulisan di blog saya. Dan saya pun tak tau skrg yg mana blog saya yg sdh saya buat pertama masuk di gelombang 20 ini. Maaf kl saya jauh tertinggal. Sekian terimakasih.

Terimakasih Bu Anisa tugas resume  bisa dikirim melalui Link pengumpulan resume Gel 19-20

Untuk mengirim tulisan di blog  melalui wa caranya tinggal copykan saja alamat link resume ibu kemudian masukan kedalam link pengumpulan resume.

Caranya bisa buka link http: Cara Mengirim Link Blog ke Wa

Untuk blog yang masuk bisa ibu cek di sini  https://pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com/

 

P17 Assalamualaikum

Nurochmah - dari Bojonggede-Bogor

Bagaimana menciptakan blog yang menarik, maklum.masih amatir dalam pembuatan blog

Terimakasih bu Nurrochmah bisa kunjungi blog saya di menu Tutorial  Kumpulan Tutorial  atau ke youtube saya https://www.youtube.com/user/ritapinang10/videos

Di sana sudah saya bahas tentang cara merubah template,memasukan gambar dan sebagainya.


Baik Bpk/ibu ketika Bpk/ibu telah memiliki niat untuk memiliki buku sendiri, maka mulai saat Bpk/ibu bergabung di Group Belajar Menulis ini Bpk/ibu mulai mengonsep Buku apa yang ingin Bpk/Ibu tulis. Setelah membuat konsep atau daftar isi Bpk/ibu harus mengeksekusi untuk dijadikan tulisan.

 

Berapa lama untuk dijadikan buku itu tergantung Bpk/Ibu. Seminggu saja jika tekad Bpk ibu kuat bisa jadi. Demikian materi dari saya, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan menjadi motivasi untuk Bpk/Ibu peserta Belajar menulis gel 19 dan 20.

 

Saya akhiri dengan ungkapan yang menjadi motivasi saya ejak saya mengenal tulisan dari Ibu kita Kartini.

Nothing is impposible in this world what we look upon today tomorrow may be accomplished fact

 

 

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Mantap Bu, terima kasih sudah membagikan pengetahuan kepada kamj

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah berbagi ilmu dgn kami. Smoga menjadi amal jariyah bagi Ibu..

    BalasHapus
  3. Hanya satu kata...kereeeen....👍👍sgt menginspirasi Bunda..maturnwn ilmunya🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas apresiasinya semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Terima kasih atas jawabannya bu Rita @Rita Wati semoga berkah dan sehat selalu buat bu Rita dan semua khalayak yang membaca blog ini. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA, doa yang sama untuk Bpk Ilham

      Hapus
  5. Terima kasih bu Rita, Semoga selalu sehat, dan tetap Ngat

    BalasHapus
  6. Pokoknya kereeen banget.
    Semangat terus bu
    Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  7. Terima kasih telah berbagi. Perjuangan yang tak sedikit untuk dapat menunaikan kewajiban perlu diapresiasi. Kesibukan karena tetangga meninggal dunia, pusing yang menyerang tak menjadi penghalang. Perjuangan yang hebat menjadi seorang penulis pun telah berbuah manis. Selamat ya, Bu. Ditunggu karya besar berikutnya.

    BalasHapus
  8. Mksh atas jawaban dan ilmunya bu.
    Dan mohon bimbingannya ya bu.😁😁

    BalasHapus
  9. Luar biasa Bu Rita..sll bisa berbagi dan menginspirasi.. Sukses selalu ibuk..

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas materi yang begitu memotivasi diri.slm sehat Bu Rita.

    BalasHapus