/> Mari Menulis Tema Populer

Mari Menulis Tema Populer


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan ke 10          : Jumat 10 Mei 2020,
Waktu                         : 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri                      : Joko Irawan Mumpuni
Topik                           : Proses Menerbitkan Buku Ajar
Peresume                     : Rita Wati, S.Kom (ritapinang08@gmail.com)
           
           
http://www.andipublisher.com/

       Pemateri yang satu ini adalah pemateri yang ditunggu-tunggu oleh peserta pelatihan Belajar Menulis Gelombang 10 ini, bagaimana tidak beliau telah menerbitkan ribuan judul buku , baik satsra, budaya, anak,computer, bisnis, design, keluarga, fiksi buku pelajaran dan lain sebagainya, sudah 40 tahun penerbit ini  menghiasi toko-toko buku dan bisa jadi salah satu koleksi buku Bpk/ibu dirumah adalah dari penerbit yang satu ini , yuk kita intip siapa dia, beliau adalah Bpk. Joko Irawan Mumpuni beliau merupakan Direktur Penerbitan, penerbit ANDI, Ketua I, IKAPI DIY , Penulis buku, bersertifikat BNSP dan merupakan Assesor BNSP.



Beliau mengawali pelatihan dengan menampilkan potongan gambar seperti yang terlihat diatas, terkait dengan tulis-menulis, saat ini kita berada di posisi mana? dari 8 anak tangga itu kita sudah bisa mengira posisi mana kita pada saat ini, apakah itu posisi pertama saya tidak mau menulis, posisi kedua saya tidak bisa menulis, posisi ketiga saya ingin menulisposisi keempat bagaimana caranya agar saya bisa menulisposisi kelima saya akan coba menulisposisi keenam saya bisa menulisposisi ketujuh saya akan menulis atau posisi terakhir  saya telah menulis. Setelah melihat gambar anak tangga diatas sebaiknya  mulai dari sekarang , Bpk/Ibu sudah seharusnya  punya niat sampai pada level akhir yaitu saya harus punya buku. Selanjutnya kita bahas tentang bagaimana cara menerbitkan sebuah buku, ekosistem penerbitan disederhanakan menjadi 4P dimulai dari Penulis-Penerbit-Penyalur-Pembaca.
Untuk mengetahui  proses naskah menjadi buku, Berikut adalah  flowchart atau alur proses naskah menjadi buku

Diawali dengan penulis menyetor naskah kemudian penilaian naskah dari team, kemudian jika di tolak naskah akan dikembalikan dan dibuatkan surat pemberitahuan , jika naskah diterima langkah selanjutnya adalah pihak penerbit akan membuatkan surat pemeberitahuan untuk permintaan softcopy jika soft copynya di tolak maka sofcopynya akan dikembalikan lagi kepada penulis, jika di terima maka tahap selanjutnya edit naskah, yang terdiri dari seting dan desain cover , kemudian di lanjut dengan proof penulis jika belum akan dikembalikan lagi ke proof penulis jika sudah lanjut ke koreksi computer, kemudian ke koreksi manual lalu cetak film, kemudian cetak isi buku dan cetak cover buku kemudian penjilidan, lalu pengemasan / wraping dan diakhiri dengan distribusi buku.
NASKAH SEPERTI APAKAH yang laku di pasaran ada 4 tipe naskah yaitu
1.      Tema tidak popular penulis popular
2.      Tema tak popular penulis tak popular
3.      Tema popular penulis tak popular
4.      Tema popular penulis popular

§  Nah pembahasaan pertama kwadran kategori naskah, naskah manakah yang dicari oleh penerbit ANDI yaitu tema populer penulis populer bagaiman jika penulis awal yang belum populer maka carilah tema yang populer yang diperlukan masyarakat luas. Sehingga sebelum menulis buku maka sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu di google trends, tema apa yang dicari oleh orang, stabil atau tidak, jika tidak maka penerbit akan berfikir ulang untuk menerbitkannya, jika stabil seperti contoh buku pelajaran selama kurikulum itu tidak berubah maka penjualan buku tersebut akan tetap terus berjalan.
§  Pembahasan selanjutnya yaitu tentang kwadran kategori penulis yaitu pengecekan penulis itu popular ataw tidak dimana Penerbit mengecek penulis itu popular ataw tidak untuk dosen biasanya Penerbit ANDI akan mengecek di google scholar, berapa banyak jurnal yang telah ditulis , sudah berapa orang yang membacanya sedangkan  untuk guru penerbit melakukan pengecekan dengan browsing dari data-data lain melihat track record, melihat social medianya, mengampu mata pelajaran apa, apakah menjadi admin suatu media social yang folowernya banyak apa tidak.
§  Pembahasan selanjutnya tentang kwadran penentuan oplah. Oplah adalah jumlah cetak, semakin besar oplah maka semakin bagus, untuk menentukan oplah dilihat kembali buku tersebut masuk di kwadran mana.
Yang perlu menjadi catatan buku yang laku adalah buku yang ilmunya dasar, bukan ilmu yang tinggi seperti buku pegangan SD. Kadang penerbit dan penulis sering berbeda pandangan ,biasanya penulis yang memiliki keilmuan yang tinggi ingin menulis tentang hal yang levelnya tingkat atas padahal perlu diketahui, penerbit melihat dari sisi bisnis , lakunya buku-buku yang sering dicari adalah buku sekolah dasar sampai S1, jika buku untuk level S2 dan buku materi yang levelnya tinggi , yang mencari buku tersebut jumlahnya sangat terbatas.

Model kerjasama Penerbit Andi dan Penulis
1.      Kerjasama Reguler
·         Naskah belum tentu terbit
2.      Kerjasama MoU antar lembaga
·         Naskah ada jaminan pasti diterbitkan
·         Logo kampus dicantumkan dalam cover
·         Meningkatkan rangking Webometric kampus karena buku tersebut akan diupload di googlebook
·         Wajib dipakai/dibeli kampus min 300 exemplar
3.      Kerjasama MOU Perorangan
4.      Progam ANDI Pro Literasi (yaitu penulis menyediakan dana Rp.10.000.000,- yaitu Penerbit dipaksa untuk menerbitkan buku untuk kepentingan penulis )


SESI TANYA JAWAB
Pertanyaan om, nama : Agnas setiawan, asal Majalengka. Saya guru geografi, blogger jg. Tahun lalu pernah terbitkan buku ajar SMA scara  indie. Kalau saya mau coba terbitkn mayor apakah isinya harus dirubah atau boleh sama seperti yg diterbitkan sblumnya?
Kalau buku itu sudah pernah meiliki ISBN berarti buku itu sudah legal terbit, nah kalau diterbitkan kembali makan itu namanya CETAK ULANG, kalau akan diterbitkan sebagai buku baru maka harus direvisi total..
Assalamualaikum Om Joko
yg budiman, perkenalkan sy Syukri dari SMAN UNGGUL Dharmaraya Padang, yang saya  mau saya tanyakan :
1. Seperti apa itu naskah dan apa aja isinya.
2. Seperti apa penulis pemula yg dilirik oleh penerbit mayor.
3. Mohon om joko ulas sedikit tentangvgaya selingkung..
Sekian wasalam
Penulis pemula yg dilirik penerbit mayor adalah  penulis yang punya naskah bagus yang marketeble.
Assalamualaikum pak Joko saya Rita dari Kab. Jembrana Bali, senang sekali bisa mendapatkan materi dari bapak , yang ingin saya tanyakan dari pemaparan bapak ada slide yang menyebutkan 4 kriteria naskah yang utama di terbitkan yaitu tema populer dan penulis populer, sedangkan untuk tahap sekarang kami masih berada di penulis yang belum populer.pertanyaannya
1.Apa yang harus kami lakukan agar tulisan kami bisa diterima di penerbit ANDI
2.Jenis tulisan seperti apa yang penerbit ANDI inginkan
1.      Keduanya Populer (thema, nama penulis) tapi salah satu saja nggak papa, oleh karena itu tulislah buku yang themanya populer dan dibituhkan masyarakat banyak.
2.      ANDI menerbitkan thema apa saja asalkan kami perkirakan buku itu akan laku.😁😁
Salam Ini sangat menarik Bapak.Harapan penerbit adalah penulis mendapat untung sebesar-besarnya. Ini persis sama dengan harapan penulis. Bagaimana agar tulisan/ naskah kita bisa diterbitkan oleh Andi? Apakah tulisan tentang kegiatan menulis (kumpulan materi/resume) bisa diterbitkan Andi? Terima kasih
Isminatun, Sukoharjo
Model tulisan itu bisa saja diterbitkan, tetapi sangat tergantung dari kumpulan tulisan apa, resum tentang apa dari forus apa?, dari situ harus bisa disimpulkan kalau buku itru kan laku😁😁🙏
Nama: Herlina Dwi Kurnia
Pertanyaan: Apakah setiap buku harus dicetak atau cukup pemasarannya secara e-book?
Saat ini dua-duanya, cetak dan ebook..
Fatimah S.S.i Alhamdulillah terima kasih banyak atas ilmunya, bagaimana dengan nasib naskah naskah yang tidak Lolos saat di nilai, terimakasih
Nasibnya akan tragis jika penulisnya putus asa 😁 jangan putus asa ya, terus komukasi dengan penerbit manapun agar ada solusi naskah itu tetap terbit..
Saya bu Beni dr Bojonegoro, terima kasih atas pencerahannya terkait penerbitan buku, mohon membagi pengalaman di forum ini, utk buku pelajaran Bhs.Inggris ... gambaran konten seperti apa yang paling laris? Selain syarat harus sesuai silabus tentunya, terima kasih
TOEF, dan sejenisnya, atau buku bahasa inggris untuk profesi tertentu.
Pertanyaan lanjutan om. Agnas. Kan kontrak saya dengan penerbit indie tidak dilanjutkan. Kalau misal saya mau masuk ke mayor, apakah nnti di penerbit mayor itu akan cetak ulang atau di aturan harus direvisi total?. Kalau total itu 100% isinya memamg harus baru at bagaimana ya?
Kalau cetak ulang maka harus ada surat pengakhiran kontrak dengan penerbit lama, jika revisi total bis dengan penerbit baru dengan kontrak baru..
Assalamualaikum
Terimakasih Bpk, materinya sangat menarik.

Saya Munandar, dari Kab. Sumba Timur.

Saya pernah diminta oleh penerbit melalui teman saya untuk membuat buka bank soal matematika SMP, sistemnya jual putus. Jadi saya hanya mengirimkan softfile nya saja, dan ternyata tidak dicetak biodata saya sebagai penulis.
           
Pertanyaan:
Apakah saya dpt mengirimkan draf itu kembali ke penerbit lain?
selama tidak ada perjanjian yang mengikat dengan pihak manapun bisa diterbitkan oleh penerbit mana saja. Sayang sekali ya naskah kok dijual putus, semoga harganya layak ya..                                                     
Selamat siang pak,terimakasih penjelasan materinya tentang penerbita buku ajar,bagaimana dengan RPP? Rencana pelaksanan pemvelajaran,apakah bisa diterbitkan juga, karena kk sebelumnya itu ada kurikulum 75 itu dulu bnyk,yg KK 13 ini masih belum banyak,apakah ada peluang? Terimakasih,Lusia Curup,Benkulu.
RPP biasanya dibagi gratis ke guru yang telah memakai buku pelajaran utama, tentunya grtais dari penerbit yang buku utamanya dipakai..😁🙏                       
Assalamualaikum pak joko
Andy Muhtadin Beltim-Babel Bertanya
Nah kami ini menulis dri nol, didunia maya tulisan nol,grup ada tpi sedikit, riwayat menulis no, memang layak dpt nol. Tetapi kira2 seberapa peluang penulis pemula dpt bertahan di posisi ini, tolong tipsnya agar dpt terus naik tangga kesuksesan?
Jangan selalu diposisi Nol ya Pak, dulu semua penulis hebat mulai dari Nol, yang membuat mereka berhasil karen apantang putus asa, dan tidak berhenti menulis. penting bergaulah dengan penerbit sehingga tahu apa yang dimaui penerbit.. Semangat....👍👍🙏
Dwi Mulyanti
Dr. SMKN 1 Kademangan
Pertanyaan saya
Dunia wirausaha saat ini sedang trend,namun anak2 kami yg SMK ini belum besar motivasinya
Kira2 materi atau naskah tulisan yang menarik untuk kalangan remaja usia SMK ini apa ya pak? Biar mereka makin tertarik dengan wirausaha
Terimakasih pak
            Buku kewirausahaan untuk SMK sudsah banyak kita temui termasuk    dari Penerbit ANDI, namun buku buku tersebut diterbitkan seseui dengan kisi kisi kurikulum yang tidak da unsur motivasi sebagai wira usaha. Nah akan sangat baik jika ibu nulis buku pengayaan untuk SMK yang berisi motivasi menjadi pengusaha.

Slamat Sore, Bpk. Joko Yth. di proses awal pengiriman naskah, apa saja yang terkandung dalam naskah yang terkirim ? apakah hanya beberapa bagian atau utuh seluruhnya. proses penilaian naskah perlu waktu brapa lama ? Trima kasih.
Tidak uasah lengkap dulu gpp , Daftar isi, Sinopsis dan dua bab awal sebagai contoh.
           









Posting Komentar

2 Komentar