/> Menjadi Guru Hebat Ala Dr. Capri Anjaya

Menjadi Guru Hebat Ala Dr. Capri Anjaya


BECOMING GREAT TEACHERS
(MENJADI GURU YANG HEBAT)

Sabtu , 20 Juni 2020 pukul 09.30-11.00 WIB kami mengikuti webinar live via zoom untuk guru yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM). Narasumber : Dr. Capri Anjaya,S.Pd.,M.Hum. yang sangat menginspirasi dengan pengalaman mengajar hampir 20 tahun dan pernah  menjadi kepala sekolah baik disekolah nasional maupun internasional.
Seminar ini berlangsung cukup menarik dimana Dr. Capri diawal menyampaikan apa harapan Bpk/ibu peserta dari sesi ini. Beraneka ragam jawaban dari Bpk/ibu peserta, ada yang ingin mengetahui bagaimana menjadi guru hebat, ada yang ingin mendapatkan sharing pengalaman dari narasumber yang menginspirasi, dan lain sebagainya. Kegiatan selanjutnya Dr.Capri memberikan materi seni melipat kertas.  Berikut langkah – langkahnya:  
1.Sediakan selembar kertas hvs kemudian dilipat menjadi 2 bagian.
2. Selanjutknya lipat kembali menjadi 2 bagian sebanyak 2 kali sehingga menjadi 8 bagian.
3. Posisikan kertas pada posisi 4 bagian lalu robek kertas hanya sebatas garis pembatas jangan sampai kebawah.
4.  Kemudian  posisikan kertas secara landscape pegang kertas dengan tangan kiri memegang bagian kertas sebelah kiri dan tangan kanan memegang bagian kertas sebelah kanan sehingga lobang kertas membentuk diamond.
5.Langkah terakhir satukan kertas hingga membentuk 8 lembar buku saku.

Dalam kegiatan seni melipat kertas ini Bpk/ibu peserta diajak untuk membuat buku saku dari materi yang disampaikan oleh beliau. Dimulai dengan lembar pertama yaitu apa sih definisi guru hebat? Dr. Capri memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan definisinya masing-masing. Peserta diajak untuk mengenang siapa guru yang hebat selama sekolah, kegiatan apa yang dikenang dengan guru tersebut. Karena setiap peserta pasti  memiliki guru favoritnya.
Setiap peserta memiliki definisi yang berbeda-beda tentang guru hebat akan tetapi memiliki persepsi yang hampir sama , guru hebat menurutBpk/ibu adalah guru yang tidak suka menyuruh atau guru yang bisa menjelaskan ataupun guru yang menginspirasi.

Guru yang hebat itu menurut Ki Hajar Dewantara adalah
“Guru yang  bisa menunjukan / memperlihatkan”
 Guru yang hebat menurut Munib Chatib Gurunya manusia
 adalah “Guru yang ikhlas dalam mengajar dan belajar”
Guru yang hebat itu menurut Hariawan Junaidi guru yang memiliki rasa humor “Humor adalah salah satu sumber rasa gembira”

    Definisi dari guru itu sendiri adalah tenaga pendidik professional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Guru yang hebat itu  adalah :
1.Harus memiliki dokumen yang membuktikan
a.  Sarjana  (S1) atau Master (S2)
b.    Pendidikan Guru (PPG)
c.     Sertifikasi
2.Keinginan menjadi guru (Passion)
3.Guru yang tidak suka menyuruh
4.  Guru yang bisa menjelaskan
5.  Guru yang bisa menunjukan/ memperlihatkan
6.  Guru yang menginspirasi

             
Tips Menjadi Guru Hebat  (Becoming Great Teacher ) menurut Bu Capri adalah :
1.  Guru harus bahagia, belajar , kerja keras sehingga  sukses
2. Guru harus persiapan  baik Persiapan diri sendiri baik itu hardskill (ilmu yang dimiliki di universitas) maupun softkill (ketrampilan mengelola diri sendiri , berkomunikasi , cara berpakaian dll).
Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) focus pada siswa. Menurut Benjamin S Bloom tiga kemampuan guru (kemampuan kognitif, kemampuan psikomotorik dan kemampuan afektif)
3.Guru harus memiliki High Order Thinking Skill  (HOTS) yang terdiri dari(creating, evaluating,analyzing, apllying, understanding dan remembering).
4. Learning how to learn guru mempersiapkan dimulai dari input à proses pembelajaran à output à outcome.
Yakinkan bahwasanya setiap anak itu cerdas, memiliki potensi sendiri dan keunikan sendiri,
5. Self Dicipline


          Demikianlah materi BECOMING GREAT TEACHERS  ala Dr. Capri Anjaya,S.Pd.,M.Hum. Point yang terpenting menjadi seorang guru syaratnya adalah bahagia  karena, jika guru bahagia maka proses dalam belajar –mengajar akan menyenangkan, jika sudah menyenangkan sudah pasti tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.

 Peresume : Rita Wati, S.Kom

Berikut Link Materi Becoming Great Teacher

Posting Komentar

6 Komentar