/> Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi by Omjay

Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi by Omjay


         

      Hampir semua orang terkhusus guru ingin sekali menulis baik itu dalam bentuk fiksi maupun non fiksi terutama karya ilmiah, tapi sering sekali merasa kesulitan dalam menulis, karena belum  terbiasa dan masih bingung mau menulis apa dan bagaimana caranya. Jika teman-teman merasakan hal yang sama silahkan luangkan waktu  sejenak saja  untuk membaca resume  pada pertemuan ke-4  ini dalam pelatihan AISEI writing 21 Juni 2020 bersama Omjay melalui via zoom meeting dengan tema  Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi.
      Kira-kira hal apa yang membuat kita sulit dalam menulis?  Menurut sumber dari http://www.elmarkazi.com/kesulitan-yang-sering-dihadapi-penulis-dan-solusi-mengatasinya/ bagi penulis pemula 7 Kesulitan yang sering dihadapi oleh penulis pemula adalah :
1.      Susah mencari ide
2.     Minder
3.    Belum Terbiasa Menulis
4.     Takut gak diterima penerbit
5.     Miskin Kosa Kata
6.  Belum Bisa mengorganisasikan tulisan

7.   Kurang menguasai tata bahasa, baik bahasa popular atau ilmiah


Sedangkan menurut Omjay hal pertama yang membuat kita sulit menulis adalah memulai. Hampir rata-rata setiap penulis pemula mereka sulit untuk memulai karena masih bingung atau ragu mau memulai apa dan darimana. Jika hal tersebut dialami oleh teman-teman, apa yang harus kita lakukan agar kita mau memulai menulis? Berikut tips atau  langkah-langkah agar kita terbiasa menulis ala Omjay.

1.        Banyak membaca
   Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah membaca. Menulis  dan membaca bagai sepasang kekasih. Belahan jiwa yang saling menguatkan, mengingatkan dan saling memperbaiki - Dora Febrina
2.      Banyak berlatih menulis
    Dengan cara meluangkan waktu untuk menulis, buat jadwal dan disiplin. Ketika jadwal menulis maka menulislah jangan pernah ditunda-tunda, jika kita menunda sekali  maka selanjutnya akan tertunda yang kedua dan ketiga dan seterusnya.
3.      Blog Walking
    Rajin-rajinlah berkunjung ke blog orang lain   hal itu bertujuan untuk meningkatkan literasi dan jika kita tidak memiliki ide dengan berkunjung ke blog teman-teman ide menulis akan muncul.
4.      Menulis setiap hari
   Mulailah membiasakan diri untuk menulis setiapa hari, menulis apa saja yang terlintas dipikiran dan menulis apa yang dilihat. Hal tersebut untuk melatih kita dalam memperlancar kita dalam menulis.
5.       Berguru pada ahlinya
   Tentu saja ketika kita ingin menjadi penulis maka belajarlah dengan ahlinya. Belajar dengan para penulis yang telah berhasil menerbitkan buku apalagi bukunya best seller.
6.      Gabung komunitas menulis
    Bergabung dikomunitas menulis agar kita banyak berkenalan dengan para penulis  salah satu contoh bergabung di AISEI writing.
7.       Gunakan media social
     Aktif menggunakan media social seperti FB,IG Youtube dan WAG untuk berbagi tulisan.
8.      Berbagi tak pernah rugi
    Berprinsiplah untuk berbagi dengan ikhlas, ketika kita menulis dan kita share melalui medsos jangan takut kehabisan quota, jika tulisan kita itu bermanfaat yakinlah selain pahala yang kita dapat , kita juga akan banyak dikenal oleh orang lain.
9.      Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan
    Yakinlah setelah kesulitan pasti ada kemudahan, hari ini mungkin kita sulit untuk memulai atau kesulitan untuk membeli paket internet, akan tetapi yakinlah kemudahan pasti akan menghampiri setiap melakukan pekerjaan yang bermanfaat.
10.  Paksakan diri menulis
    Jika kita ingin menjadi penulis sudah seharusnya kita harus memaksakan diri untuk menulis. Jangan pernah menundanya, walaupun kita sedang kelelahan jika dipikiran kita terbesit ide untuk menulis. Maka menulislah karena jika sampai ditunda ide itu akan hilang begitu saja.
11.    Kolaborasi itu indah
   Kolaborasi dengan beberapa orang, jika kita melakukan kolaborasi maka akan semakin indah bukankah ide 2 orang lebih baik dari 1 orang. Mulailah bergabung dengan komunitas yang menerbitkan buku antologi.
12.  Percaya diri
      Sebagai penulis percaya diri adalah salah satu modal yang harus dimiliki. Jika penulis tidak percaya diri bagaimana mungkin ia mau membagikan tulisannya ke public.
13.  Fokus
    Focus kunci utama dalam menulis, jika sedang menulis usahakan selalu focus agar tulisan yang kita buat tidak melebar kemana-mana.
14.  Sukses
    Ketika kita sudah menjalankan 13 langkah sebelumnya  maka yakinlah kesuksesan itu akan menghampiri kita.
15.   Jangan takut gagal / salah
  Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, sering kita mendengar pepatah tersebut dan yakinlah semua orang sukses terutama penulis-penulis terkenal sekalipun mereka pernah  merasakan gagal berulang kali ditolak oleh penerbit mayor, akan tetapi mereka tidak pernah menyerah sehingga apa yang mereka hasilkan hari ini adalah buah dari kesabarannya.
16.  Cari lingkungan yang mendukung
    Yang terakhir adalah carilah lingkungan yang mendukung , didukung oleh keluarga baik itu pasangan kita sendiri dan anak-anak kita hal ini diharapkan agar kita bisa focus dalam menulis. Jika lingkungan sudah tidak mendukung maka sangat mustahil kita bisa fokus dalam menulis.

Demikianlah pemaparan Omjay tentang  Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Sebagai penulis pemula yang telah bergabung dikomunitas belajar menulis bersama Omjay dan AISEI writing saya sendiri sudah mulai merasakan manfaatnya, saya merasakan ada kemajuan dalam menulis, karena mulai belajar membiasakan diri untuk konsisten belajar menulis setiap hari. Terimakasih kepada Omjay dan AISEI writing yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk bergabung dikomunitas ini.

Tetap semangat menulis setiap hari
Peresume Rita Wati, S.Kom

Berikut materi AISEI Writing pertemuan ke-4






Berikul Live Streaming AISEI Writing pertemuan ke-4

Posting Komentar

6 Komentar