Merubah PTK Menjadi Buku




Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) wajib bagi guru, terutama yang berstatus PNS. PTK merupakan salah satu kriteria naik pangkat. Modal awal menentukan PTK dapat dilakukan dengan menentukan latar belakang. Kuliah malam ini Rabu 4 Juni 2020  mengangkat tema Menerbitkan Buku Hasil Penelitian Tindakan Kelas  nara sumber Hati Nurahayu editor dan pegiat literasi.
Membuat PTK termasuk gampang-gampang susah, akan tetapi diaman ada usaha disitu ada jalan. Dalam membuat PTK modal utamanya adalah menentukan latar belakang. Jika kita sudah menemukannya maka menulis PTK akan semakin mudah . JIka seorang guru PNS telah  membuat PTK maka otomatis guru tersebut akan mendapatkan nilai angka kredit. Nah  yang jadi pertanyaan  dapatkah kita  mendapatkan  nilai PAK versi lain,  ini terutama bagi PNS. Selain PTK untuk dijurnalkan, dapat pula  kita jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan sebagai bahan literasi bacaan pendidik lain.
Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Bu Hati  menerima banyak naskah untuk diterbitkan dari penulis. Tentunya ia tidak menerbitkan asal langsung  cetak hasil PTK, tetapi mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk dibaca, juga menarik.
Slah satunya buku Omjay, PTK yang telah lolos Inobel 2018. Sudah menjadi buku ia  ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti laporan Inobel atau PTK. Karena banyak penulis yang belum mengubah PTK menjadi buku, ia selalu mengarahkan agar guru-guru mengubah PTK  ke versi buku.


Dalam mengubah PTK menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya. tentunya berdasarkan sumber yang relevan. Dalam mencari judul ambil saja kata kunci dari PTK kita. Kita gak usah bingung, ambil intinya saja sehingga buku hasil PTK kita jadi asik untuk dikembangkan menjadi buku bacaan.
SESI TANYA JAWAB
Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin. Apakah PTK yang dijadikan buku bisa bisa dari 2 orang guru yg bersama2 saat mlakukan PTK? Saat liat di panduan itu PTK sepertinya hanya sbagai pelengkap dalam Buku (sbg contoh saja). Apakah demikian? trimakasih
Boleh dua orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan dari isi PTK kita lebih ke versi buku seperti yang saya share filenya. tidak masalah. tetapi kalau dalam pembagian angka kredit yang saya tahu. kalau yang menulis bukunya berdua pastinya dibagi dua untuk PAK. Amannya 70 halaman. dan isi materi bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK
Assalamualaikum bu hati. Senang sekali bisa kenal dengan sosok editor handal yg sudah menyunting beberapa ptk menjadi buku. Pertanyaan saya, Bagaimana cara ibu bisa menjadi editor handal dan bisa membuat tulisan menjadi menarik untuk dibaca? apalagi dari ptk bisa berubah menjadi buku. keren sekali bu. Sukses terus ya bu. AAM NURHASANAH, LEBAK-BANTEN
Terimakasih bu, saya masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah buku menjadi PTK, saya banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. melihat tata letak sebuah buku agar lebih menarik dibaca.
juga menyediakan bacaan sumber lain. karena editor juga harus banyak membaca buku sumber relevan. Setiap buku bervariasi tentunya. ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK.
tergantung isi kontennPTK yang dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan.
Tetapi karena semakin banyak guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini saya menyerahkan kepenulis mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu Fatlun Thaib Dari Gorontalo
Seberapa perlu pra siklus dalam PTK? Boleh saran; selain membuat resume materi apa bisa di bagikan tema tulisan. Agar peserta makin fokus menulis
wa'alaikumussalam bu..terkamakasih..
Saat saya menerima Research Grant Seaqis… PTK kita bila satu siklus berhasil gpp.. kata Profesor penguji PTK saya tahun 2017 kan ada rencana kita persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil. PTK fokus ke inti permasalahan, misalkan tentang ke karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indikator . misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar… tapi fokus ke salah satu, ke keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi.
perkenalkan supyanto dari kota bekasi group 8.
mohon penjelasan bagian2 mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi sebuah buku?
Terimakasih pak supyanto, salam kenal juga. yang dibuang yang bagian misalnya
pendahuluan..bagian kata kata PTKnya…bagian yang ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. misalkan judul implementasi Media stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas kita kembangkan tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya)
Kita upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya yang dia dapat. semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang dia tulis. Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.
Assalamualaikum selamat malam Bu hati,,saya noralia dari Semarang. Dari outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya Bu? Data2 dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan ke dalam versi buku? Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah buku ibu? Mohon penjelasannya . terimakasih
Terimakasih bu Noralia dari kel 8.
versi buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku. tapi diberi materi tentang PTK. seperti yang saya contohkan. itu pernah ditulis oleh Omjay dan saya juga.
data grafik boleh dimasukkan..itu bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah bu.R&D juga bisa banget, yang tadi dikembangkan itu bu.
Assalamualaikum Bu Hati saya Santi Jayapura Mau bertanya
1.Untuk PTK yg dijadikan buku, itu satu PTK saja atau harus kumpulan PTK?
Apakah satu best Praktice juga bisa dijadikan buku.Untuk dibuat jadi buku apakah harus diseminarkan?.Sekarang sdh pembelajaran K 13. Saya punya PTK tapi tahun sebelum K13 dan perrnah jd juara di even My Teacher My Hero.Apakah boleh dibuat buku?Terimakasih
wa'alaikumussalam bu Santi:
1.kalau mau membuat versi penulisan 1 cara saya satu PTK saja. kalau mau versi dua bisa beri contoh PTK satu atau lebih. banyaknjuga yg menulis Kumpulan PTK. biasanya saya menuliskan pembuka dannisi materi sepintas tentang PTK.
2.satu best bisa jadi buku. sangat bisa dan dikembangkan oleh penulis juga.
tidak usah diseminarkan tidak apa apa .bisa banget terimakasih bu.
Assalamualaikum Saya eka lisdianty dari SMAN 1 Kawali Ciamis Izin bertanya
1.Bu kan dalam ptk itu ada 3 siklus ya..bagaimana jiga di siklus akhir hasilnya mengalami penurunan?apakah PTK nya harus diulang atau itu juga bisa disebut dengan PTK?
Apa kah ada yang salah dalam penentuan variabel nya apabila terjadi hal demikian?
Terimakasih🙏                   
wa'alaikumussalam. terimakasih bu, Eka:
kalau siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun lakukan refleksi dan tindakan lagi bu.Variabelnya jangan terlalu banyak.bisa aja kita tidak berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus satu variabel dan mendalam pembahasannya bu. itulah namanya PTK. maaf PTK saya yang di share itu banyak variabel. hanya contoh penyusunan saja. itu penelitian dulu 2014
Om Swastyastu Bu. Saya Mahayu dari Bali. Saya meminta saran, bagaimana caranya agar kita menerapkan suatu teori yang akan kita jadikan PTK menjadi efektif? Karena karakter belajar dan psikologi siswa dalam satu kelas sangat beragam? Terima kasih
terimakasih salam bu Mahayu.. agar efektif pastinya sesuai dengan tidnakannyang akan kita lakukan , jangan meluas bu. sesuainkata kunci judul PTK kita. .karena kalaubkita bahas mendalam materi itu malah meluas juga. Jadi teori fokus ke kata kunci PTK kita
ibu cari bahasannya mau karakter apa ke psikologi? salah satu saja bu
Assalamu 'alaikum bu hati, Saya wiji (gelombang 8) - malang
Menarik sekali membuat ptk menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil ptk dijadikan artikel jurnal.Pertanyaan saya, dibagian buku yang manakah hasil2 penelitian ditulis (dimunculkan) ? Terima kasih
wa'alaikumussalam.. terimakasih bu wiji..
Bagian yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK ibu.
Muh. Said Makassar Pertanyaan :
Dalam penilaian Dupak sering PTK tidak dapat nilai dari Tim penilai. Dari pengalaman ibu apa kira- kira kekurangan sebzah PTK ? Jelaskan perbedaan PTK dgn Best Practice !
terimakasih pak Said
sebzah itu apa… PTK kalau buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin ikuti sesuai peraturan di daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat.
PTK dan best pract sangat berbeda.
PTK ada alur penelitian serangkaian observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak berhasil. Best pract pengalaman terbaik dinkelas dengan sistematika tertentu yang lebih simpel.laporan PTK dapat dijadikan best Practice, nmaun laporan best Pract tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut saya MENERBITKAN BUKU DARI HASIL PTK
Selamat malam ibu Hati.
PTK yang telah dibuat, ketika akan di buat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian? Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku?
Tks. Yulius Roma_Tana Toraja_Gel.8.

terimakasih pak yulius.
bebas terserah penulis, pokoknya harus beda dengan PTK yang kita ajukan buat PtK.. hehe
dari susunan . mau lengkap atau tidak lengkap, bisa ikuti cara yang saya share bentuk pdf. minimal 70 halaman kertas a5 untuk menjadi buku. Mengolah kalimat PTK..jangan ada kata kata laporan pTK dati pengantar atau di pembuka pada bmengolahnkalimat PTK..jangan ada kata kata laporan pTK dati pengantar atau di pembuka pada buku.


Kesimpulan
1.   Sebagai guru terutama PNS Bpk/ibu wajib menulis PTK sebagai syarakt kenaikan pangkat.
2.      Untuk mendapatkan tambahan nilai versi lain dari PTK yaitu ubah PTK menjadi buku.
3.      Merubah PTK menjadi buku minimal 70 halaman keras A5.
Jangan ada kata – kata PTK dari pengantar atau laporan PTK jika dirubah menjadi guru.
Demikianlah kuliah singkat kita tentang Menerbitkan Buku Hasil PTK, semoga Bpk/Ibu guru terkhusus PNS mulai saat ini mulai memikirkan untuk mengubah PTK yang pernah ditulis menjadi buku. Hali ini bertujuan selain sebagai tambahan nilai angka kredit , PTK yang telah dibukukan dapat digunakan sebagai literasi bagi guru lain.
Salam semangat peserta gelombang 10
Peresume : Rita Wati, S.Kom


Posting Komentar

1 Komentar