/> Who is Writer

Who is Writer


Siapa itu penulis?. Penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis atau menciptakan suatu karya tulis. Menulis adalah kegiatan membuat huruf (angka) menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan, mengungkapkan ide, pikiran, perasaan melalui kegiatan menulis, atau menciptakan suatu karangan dalam bentuk tulisan.

Karya tulis bisa berupa karya tulis ilmiahpenelitianmakalahjurnal; tulisan jurnalistik:artikelopinifeaturesastra atau fiksi (termasuk prosanovel  cerpenpuisi). Format tulisan penerbit berupa media cetak:bukumajalahtabloidkoran; media on-line/internetwebsiteblog; media jejaring sosialfacebooktwittergoogle plus dan sebagainya.

Pada umumnya seorang penulis harus memiliki tiga keterampilan dasar:

1 .Keterampilan berbahasa dalam merekam bentuk lisan ke tulisan, termasuk kemampuan menggunakan ejaantanda baca, dan pemilihan kata.

2. Keterampilan penyajian, seperti pengembangan paragraf, merinci pokok bahasa menjadi sub bahasan pokok, dan susunan secara sistematis.

3. Keterampilan perwajahan, termasuk kemampuan pengaturan tipografi seperti penyusunan format, jenis huruf, kertas, tabel dan lain sebagainya.

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Penulis

Sebagai penulis hal yang paling penting adalah pembaca, karena sesorang belum sempurna dikatakan penulis jika tulisannya tidak pernah dibaca oleh orang lain. Ketika mendapatkan masukan dari pembaca , hal yang mesti kita apresiasi adalah keihklasan mereka membaca. Apalagi yang bersedia komen baik secara japri di WA ataupun komen di dikolom komentar yang tersedia.

Hal tersebut membuat penulis merasa sangat senang karena ada yang menghargai karya tulisannya. Komentar yang disampaikan tidak hanya berupa pujian, akan tetapi masukan , kritikan saran harus siap penulis terima. Terutama komentar yang menurut sebagian orang bersifat negative. Jika penulis tersinggung sehingga membuat bad mood . Artinya sebagai penulis kita belum siap untuk di kritik.

Bukankah semua masukan itu penting. Jangan pernah berharap komentar yang positif aja. Karena komentar yang bersifat pujian akan melenakan penulis. Maka dari itu sebagai penulis saya sangat mengharapakan kepada pembaca untuk meninggalkan pesan, kesan kepada penulis. Hal itu bisa digunakan sebagai bahan masukan sehingga dapat memperbaiki tulisan si penulis.

Penulis tidak bisa memaksakan orang agar mau membaca tulisannya. Bukankah setiap tulisan akan menemukan pembacanya sendiri.  Jangan pernah berhenti menulis apalagi sebagai pemula. Menulis itu bukanlah bakat akan tetapi ketrampilan. Maka dari itu menulislah setiap hari, dengan itu kamu akan semakin terampil dan mahir dalam menulis.

Semangat menulis terkhusus untuk penulis pemula

by: r_p


 


Posting Komentar

13 Komentar

  1. Mata pembaca sangat dibutuhkan oleh penulis utk menyempurnakan tulisannya. Selain latihan menulis penulis juga butuh cubitan pedas dr pembacanya, untuk menyempurnakan kekurangan yang ada. Krn mata pembaca lebih awas dengan kekurangan tulisan, di saat mata penulis hanya mampu melihat kesempurnaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ...bahagia dikunjungi real
      penulis

      Hapus
  2. Perlu kolaborasi dalam melahirkan tulisan yang bagus di mata pembaca

    BalasHapus
  3. Betul.. latihan menjadi menjadi kebutuhan...

    BalasHapus
  4. Mantap.....👍👍👍. Smoga kita mulai istiqomah menulis

    BalasHapus
  5. Makasih mb rita buat semangatnya... Mb rita rita smangat ya... Salam Cinta dr Jogja.....💜

    BalasHapus