/> PTM Terbatas Menjelang Akhir Semester

PTM Terbatas Menjelang Akhir Semester

 


Sekolah kami hari ini baru pertama kali Pelaksanaan Tatap Muka (PTM) terbatas. Di awali dengan pembuatan jadwal oleh Waka bidang kurikulum dengan konsep satu hari 2 mata pelajaran dengan dibagi 2 sesi dimana sesi pertama siswa no absen ganjil dari pukul 07-09 dan sesi kedua no absen genap dari pukul 09-11.

Ini adalah pertemuan perdana tatap muka kami bersama siswa. Bagaimana antusiasnya siswa terutama untuk mata pelajaran Informatika. Siswa kelas 7 sejak mereka masuk di sekolah belum pernah bertemu dan belajar secara tatap muka.

Selama di group pelajaran banyak dari mereka yang kurang aktif. Ditambah lagi materi saya sampaikan dalam bentuk video yang telah diupload di youtube serta di blog. Akan tetapi saya yakin banyak yang tidak membuka link youtube yang saya bagikan karena dari jumlah viewer saja sudah terlihat.  Materi terus saya upgrade, hanya beberapa siswa saja yang tetap aktif mengumpulkan tugas.

Hari ini PTM, di sini saya melihat kemampuan mereka dalam mengoperasikan komputer masih sangat awam. Bahkan untuk memegang mouse saja mereka belum begitu fasih. Dilema ketika harus mengikuti materi Informatika seharusnya mereka mendapatkan materi  tentang konsep dasar pemograman serta pembuatan program sederhana.

Akhirnya saya sebagai guru harus menyesuaikan materi untuk anak didik saya yaitu dasar-dasar pengenalan komputer serta Ms.Word sebagai dasar mereka untuk membiasakan diri dengan komputer.

PTM di sekolah kami bisa jadi hanya minggu ini saja menjelang Penilaian Akhir Semester Genap. Akan tetapi dampaknya sangat besar setidaknya siswa kami merasakan jika mereka memang benar-benar siswa Sekolah Menengah Pertama.

 





Sekeren apapun video pembelajaran yg guru buat untuk pembelajaran daring tidak terlalu berarti bagi siswa dibandingkan dengan PTM. Selama daring materi terus sy upgrade. Tapi bagaimna mreka bisa mengikuti jika hari ini mereka baru tau rasanya pegang mouse.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Iya benar Bu .... Secanggih apa pun materi daring disajikan.....diperlukan penyesuaian luar biasa. Apalagi pembelajaran praktek tentu.perlu PTM..... salam literasi

    BalasHapus
  2. Selalu ada pelajaran dari setiap pertemuan pertama ya Bu....
    Semoga PTM selanjutnya bisa dilaksanakan
    Sehat selalu Bu Rita

    BalasHapus
  3. Setuju, tetap tatap muka yang terbaik. Anak didik kita belum terbiasa pakai layar atau teknologi untuk belajar dengan gurunya. Begitu juga dengan sebagian guru, hehe..

    BalasHapus