Delapan Trik Jitu Pembelajaran Daring Menjadi Efektif


DELAPAN TRIK JITU PEMBELAJARAN DARING MENJADI EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Rita Wati, S.Kom



Sudah lima bulan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) /daring dilaksanakan, hingga kini saya merasakan masih belum efektif apalagi menyenangkan. Sayapun mulai memikirkan bagaimana caranya membuat pembelajaran daring menjadi efektif dan menyenangkan? Pertanyaan itu terlintas di benak saya. Saya memiliki anak yang baru duduk di kelas 7 MTS. Saya bertanya kepada putri saya.

“Menurut Hani pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan itu seperti apa sih?”
 Saya serahkan laptop kepadanya untuk menjawab pertanyaan yang saya berikan. Berikut jawaban yang ia ketik.

Saya seorang siswa MTS kelas 7 yang berarti saya murid baru . Pembelajaran daring bagi saya tidak efisien, kenapa tidak efisien. Menurut saya karena tidak semua guru menjelaskan materi yang diajarkan kepada muridnya mereka biasanya hanya memberi kita soal saja atau menyuruh baca tanpa mereka menjelaskan materi tersebut.

 Pembelajaran daring yang menyenangkan itu guru seharusnya menjelaskan materi yang mereka ajar dan guru bertanya apakah ada siswa yang kesulitan atau apakah ada yang mau bertanya. Guru sekolah saya biasanya menjelaskan materi melalui Whatsapp Group , mengupload materi video atau catatan di e-learning.

Tapi terkadang ada beberapa guru hanya memberi kita soal  k13 pengatahuan di e-learning tapi mereka tidak menginfokan di group watshapp . Terkadang saya sering telat melihat tugas karena tidak dikasih tahu di group whatsapp.

Dalam pembelajaran daring saya suka guru yang menjelaskan materi dalam bentuk video karena saya lebih suka melihat dan mendengarkan. Sayangnya tidak semua guru yang melakukan itu.”

 Itulah jawaban anak saya yang baru duduk di kelas 7 MTS. Membaca jawabannya membuat saya tersadar sebagai seorang guru saya jadi diingatkan olehnya jangan hanya sekedar memberi tugas tanpa ada penjelasan materi dan komunikasi.  Akhirnya saya simpulkan ada 8 trik jitu agar pembelajaran online menjadi efektif dan menyenangkan yaitu :

1. Guru sebaiknya melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan siswa. Komunikasi daring yang efektif adalah menggunakan Whatsapp Group. Guru bisa menyapa siswa di dalam group agar siswa lebih siap dalam menerima materi.
2.  Jika materi dibuat dalam media online seperti contoh media e-learning website atau blog pribadi, Google Classrom ataupun media lainnya guru harus memberikan informasi terlebih dahulu melalui Whatsapp Group. Karena tidak dipungkiri WA adalah aplikasi yang sering dilihat saat iniJika guru tidak memberikan informasi melalu WA siswa sering lupa, apalagi jika tugas tersebut menggunakan batas waktu pengerjaaan. Terkadang juga guru memasukan materi atau soal di e-learning dengan waktu yang tidak pasti. Hal ini bisa membuat siswa kecewa karena terlupa mengerjakan tugas sedangkan batas waktunya sudah berakhir.
3.   Gunakanlah kolaborasi media  baik itu suara, text,gambar dan video agar siswa tidak jenuh. Jangan sampai guru memberikan materi hanya dalam bentuk word atau pdf saja.Hal ini tentu saja bisa membuat siswa semakin jenuh.
4.Gunakan media yang simplicity dan userfreindly dan usahakan selama sebulan jangan ganti media agar siswa terbiasa dahulu dengan media yang kita beri. Jangan bebankan siswa dengan media yang sulit atau setiap minggu menggunakan media baru  hal ini akan menambah beban mereka selain belajar materi dipaksa belajar media bayangkan jika hal itu dilakukan oleh semua guru mata pelajaran.
5.Terangkanlah materi dalam bentuk video, guru bisa membuat video pembelajaran sendiri ataupun menggunakan link youtube orang lain jika materinya sama.  Jika tidak, lakukan dengan tatap muka menggunakan zoom atau aplikasi lain yang bisa memperlihatkan guru menerangkan secara audio visual yang bisa di lihat oleh siswa. Karena tipe belajar siswa ada yang bersifat audio, visual ataupun gabungan keduanya.
6.   Buatlah kesepakatan diawal , mengenai aturan selama pembelajaran daring, apa saja yang mereka boleh lakukan  dan yang tidak boleh dilakukan. Sampaikan materi secara sistematis beri arahan kepada siswa dan sampaikan batas pengumpulan tugasnya.
7. Beri feedback terhadap tugas yang telah dikerjakan siswa, karena feedback ini memberikan dampak psikologis terhadap siswa. Jika guru memberi feedback mereka yakin jika tugas yang mereka kerjakan benar-benar telah diperiksa oleh guru. Materi berikutnya mereka akan lebih hati-hati dan serius mengerjakan tugas yang diberikan guru.
8.    Pastikan internet stabil dan lancar, tidak dipungkiri pembelajaran daring tidak akan efektif jika internet tidak stabil atau paket habis.

Itulah 8 trik jitu agar pembelajaran dalam jaringan menjadi menyenangkan dan efektif. Like or dislike guru harus meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik terutama dalam bidang teknologi. Banyak media pembelajaran online yang bisa Bapak/Ibu guru gunakan selama masa pandemi. Seperti contoh Whatsapp Group, Google Clasroom, Office Teams 365, Youtube, Blog, Mentimeters, Kahoot , Zoom dan lain sebagainya.

Dalam melakukan pembelajaran secara daring hal yang perlu diperhatikan adalah persiapan. Seorang guru harus melakukan persiapan secara matang sebelum pembelajaran daring dimulai. Persiapan RPP dan materi pembelajaran terkhusus media pembelajaran yang digunakan. Jika Bapak/ibu guru menggunakan media online pilihlah media yang simplicity dan userfriendly  agar siswa kita tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang digunakan, jika perlu hanya dengan sekali klik saja mereka sudah bisa menerima materi yang kita sampaikan.


.

.



Posting Komentar

22 Komentar

  1. terima aksih, peserta lomba blog nomor 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga Omjay yang telah memfasilitasi lomba menulis ini

      Hapus
  2. Mntapp bu Rita.@siipp..ingin sll berkolborasi krn sm2 suka berbagiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pk Nengah sudah bersedia berkunjung

      Hapus
  3. Triknya boleh saya coba bu. He.. he.. persoalannya sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu Noor terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Tipsnya menginspirasi

    http://maseko1275.blogspot.com/2020/08/pembelajaranjarak-jauh-berbasis-life.html?m=1

    BalasHapus
  5. Mantap terus berkreasi guru hebat

    BalasHapus
  6. Hebat dan mantap anak apak

    BalasHapus