/> Mengenalkan Komputer Pada Anak Usia Dini

Mengenalkan Komputer Pada Anak Usia Dini

Dear Bunda 
Apakah mengenalkan komputer/laptop/notebook pada anak usia dini khususnya BALITA membahayakan atau menambah kejeniusan?? Pertanyaan ini muncul pada diri saya sendiri yang awalnya masih ragu-ragu untuk memperkenal komputer atau laptop pada sikecil. Tetapi karena ketertarikan sikecil pada komputer semakin tidak terbendung sehingga saya memberanikan diri untuk memperkenalkanya. 

Pada awalnya sikecil hanya tertarik dengan menekan tombol power ataupun tombol pada keyboard tetapi pada akhirnya aku berinisiatif untuk memperkenal warna pada ms paint. Dari sinilah aku mulai memperkenalkan warna dengan cara mendesain sebuah gambar seperti bangunan rumah dengan atap berwana warni. 
Ternyata kegiatan ini membuat sikecilku semakin tertarik sehingga dia mampu menggunakan mouse untuk memilih bentuk-bentuk (shapes) yang ada di ms paint sambil memberi warna warna yang ia sukai. Beberapa Minggu kemudian karena mousnya rusak , lalu aku memperkenalkanya dengan Laptop yang menggunakan sentuhan awalnya sikecil merasa kesulitan untuk menggerakan dengan sentuhan tetapi beberapa hari kemudian sikecil semakin mahir menggunakan laptop.
  Hari demi hari sikecil sering bermain laptop, sikecil mulai jenuh dengan membuat karya dipaint, kemudian aku memperkenalkannya beberapa games ringan kepadanya. Sampai saat ini sikecil sudah mengenal beberapa aplikasi software ex: Ms.Pain,Ms Word,Ms.Powerpoint dan Adobephotoshop

Aku tidak pernah memaksakannya untuk belajar komputer diusia dini, tetapi aku hanya memberi arahan dan mendampingi sikecil ketika didepan komputer dan saat ini sikecil sudah mulai jarang menggunakan komputer. Tetapi sesekali sikecil seperti meriview apa yang pernah ia buat dengan menggunakan aplikasi yang pernah dia pelajari.








Posting Komentar

0 Komentar