/> Cara Mengecek INFO GTK

Cara Mengecek INFO GTK


INFO GTK


A.    Apa itu info GTK?

 Info GTK  adalah data  informasi elektronik yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang  digunakan  untuk mengecek validasi data guru, Info GTK  ini fungsinya hanya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah, jika ada kesalahan data, proses , perbaikannya melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing.

 

B   Apakah Mengecek Info GTk itu penting?

 Mengecek Info GTK sangat penting bagi bapak/ibu yang telah tersertifikasi, karena dengan mengecek Info GTK Bapak/ ibu akan mengetahui data Bapak/Ibu yang ada didapodik sekolah yang telah terkirim diserver, jika data tidak sesuai atau belum valid Bapak/Ibu bisa langsung menghubungi Operator Sekolah untuk memperbaikinya.


C. Bagaimana Cara Mengecek Info GTK?

Ada 3 cara untuk mengecek info GTK yaitu:

  •      Pengecekan Info GTK yang bisa dilakukan oleh masing-masing guru
setiap guru bisa melakukan pengecekan di info GTK dengan membuka

a.        Silahkan Klik Info GTK disini setelah itu akan muncul tampilan login seperti gambar dibawah ini . Bapak/Ibu tinggal memasukan email dan password bapak ibu yang telah tervirifikasi  maka akan tampil Info GTK bapak /ibu, Jika Bapak/Ibu  lupa account dan password Bapak/Ibu bisa bertanya kepada OP Dapodik Sekolah.










b.      Setelah Bpk/ibu klik log in, maka secara otomatis halaman lembar info GTK terbaru akan terbuka. Setelah halaman lembar info GTK terbuka bapak/ibu  dapat mengecek kevalidan data untuk penerbitan SKTP. Tampilan seperti dibawah ini




c.      Bapak / Ibu bisa mencetak lembar Info GTK ataupun disimpan dalam format PDF dengan cara ini disarankan bapak ibu menggunakan browser google chrome klik tanda lingkar di pojok kanan – kemudian klik print-klik save as pdf jika ingin disimpan , klik print jika ingin dicetak.



  •      Pengecekan Info GTK melalui SIM PKB

Bapak/Ibu siapkan  username dan password sebelum Login ke SIM PKB. 
a.    Buka halaman https://app.simpkb.id/ dan masukkan email dan password seperti gambar dibawah ini :

b.      Setelah muncul halaman utama SIM PKB, scroll kebawah klik menu layanan Info GTK

c.    Setelah Bpk/Ibu klik tombol layanan Info GTK, maka secara otomatis halaman lembar info GTK terbaru akan terbuka. Setelah halaman lembar info GTK terbuka Bpk/Ibu bisa mengecek kevalidan data Bpk/ibu



d.     Bapak / Ibu bisa mencetak lembar Info GTK ataupun disimpan dalam format PDF disarankan bapak ibu menggunakan browser google chrome klik tanda lingkar di pojok kanan – kemudian klik print-klik save as pdf jika ingin disimpan , klik print jika ingin dicetak.


3.      Pengecekan Info GTK melalaui login dapodikdasmen , Pengecekan Info GTK melalui login dapodikdasmen ini disarankan untuk para Operator Sekolah , karena login dapodikdasmen ini yang mengeteahui user dan paswordnya adalah OPS. Nah bagaimana mengecek Info GTK melalui dapodikdasmen Bapak / ibu masuk ke
a.       alamat web https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/  kemudian akan tampil halaman  seperti di bawah ini



b.      Kemudian klik Login , lalu pilih Managemen Sekolah




c.       Nah kemudian menu login akan tampil silahkan masukan username dan password yang sama dengan dapodik sekolah kemudian klik kelola data sekolah

d.      Kemudian informasi akun akan tampil seperti gambar dibawah ini lalu klik Kelola Data Pokok

e.       Pilih menu Guru dan Tendik , Pilih salah satu guru klik icon gambar orang seperti gambar yang di garis kotak


f.       Data Guru akan tampil seperti gambar dibawah ini kemudin klik Info GTK



g.      maka tampilan info GTk akan tampil.




h.      Bapak / Ibu bisa mencetak lembar Info GTK ataupun disimpan dalam format PDF dengan cara ini disarankan bapak ibu menggunakan browser google chrome klik tanda lingkar di pojok kanan – kemudian klik print-klik save as pdf jika ingin disimpan , klik print jika ingin dicetak.




     By. rita_pinang


Posting Komentar

2 Komentar