/> Menembus Penerbit Nasional

Menembus Penerbit Nasional


Memasuki hari ke-4 dalam pelatihan Belajar Menulis Gelombang 10 , hari terakhir dan tanggal yang sangat tua di bulan April ini, akan tetapi  semangat peserta masih membara, sebanyak 255 anggota group yang bergabung di dalam group Belajar Menulis Gelombang 10 ini, data anggota bisa saja terus bertambah atau berkurang karena setiap hari ada yang masuk dan ada yang keluar. Materi kali ini cukup menarik , admin Omjay hanya menyiarkan tayangan dari youtube dari seseorang yang berlatar belakang mandor kemudian menjadi seorang trainer dan menjadi seorang penulis buku motivasi yang best seller siapa lagi kalau bukan Bpk.Amir Faisal .
Pelatihan diawali dengan link youtube yang di share oleh admin Omjay yang merupakan kata pengantar dari Pak Amir Faisal yang memberikan sub tema menembus penerbit nasional yaitu untuk membuat personal branding agar dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, caranya adalah dengan menulis dan diterbitkan oleh penerbit nasional, mengapa harus diterbitkan dipenerbit nasional karena jika diterbitkan di penerbit nasional seperti gramedia maka buku anda akan bisa bertahan selama 6 bulan, jika laku dipasaran maka akan bertahan lagi selama 6 bulan kedepannya, berbeda jika buku anda hanya diterbitkan oleh penerbit biasa , buku anda hanya bertahan  hanya selama 2 minggu.
            Cukup menarik latar belakang dari pak Amir Faisal ini beliau bukanlah seorang profesioanl didunia pendidikan beliau awalnya hanya seorang mandor akan tetapi beliau mampu melihat peluang yaitu dengan menulis. Ide menulis dari Bpk Amir ini adalah bermula dari mentraining anak sekolah dan mahasiswa akan tetapi pada akhirnya beliau memberanikan diri untuk mentraining guru yang awalnya  dianggap ide gila oleh Pak Amir yang tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu pendidikan, beliau belajar dari buku-buku pendidikan mutakhir dari BobbiDePorter, Barbara Prashnig,  buku-buku psikologi dr Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan ikut Trainingnya pak Munib Khatib, sekolahnya manusia. Beliau mengembalikan kepada peserta pelatihan yang berlatar belakang pendidik, memang seharusnya guru harus lebih mampu untuk menulis , beliau yang hanya belajar dari otodidak saja mampu menulis buku motivasi yang best seller.
Inti dari pemaparan dari Pak Amir Faisal ini adalah  jika seseorang ingin menjadi penulis yang bisa menembus peneribt nasional seperti Gramedia maka yang diperlukan adalah :
  1. Tentukan dulu visi / dream Anda, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani
  2. Tentutkan pasion / genre anda, anda senangnya menulis apa, missal novel, buku motivasi, komik dll
  3.   Setelah menentukan genre anda harus melakukan research missal genre anda adalah di novel , anda harus mencari tau novel apa yang disuka pasar. Banyak cara untuk melakukan research menurut pak arif missal dengan cara memberikan kuisoner yang diberikan oleh pengunjung di toko buku atau dengan cara mengamati novel apa yang laris dipasaran.

        Hasil dari research dilapangan menurut Pak Amir buku yang paling laris adalah :
  1. Novel
  2. Buku tentang travelling , jika novel dikombinasi dengan travelling maka akan menjadi perpaduan yang sangat luar biasa
  3.   Komik jika anda membuat novel anda harus mencari partner yang bisa menggambar sehingga bisa berkolaborasi karena ketertarikan orang antara text dan gambar sehingga buku anda bisa laris
  4. Buku tentang motivasi

  Berikut ini adalah salah satu Buku Bpk. Amir Arif yaitu “Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara”  buku  tersebut  terinspirasi dari
  1. Ketika beliau memberikan motivasi pada anak-anak sekolah, beliau merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya motivator anak-anak ya gurunya sendiri.
  2.   Beliau membandingkan kedua anaknya,  yang kebetulan  satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up
     Berikut adalah daftar buku best seller  yang ditulis oleh Bpk. Amir Faisal
  •      Waking Hypnosis
  •         Destined To Be A Leader
  •     Think Like A Milionare
  •      Menang Melawan Diri Sendir
  •       Semut Mengalahkan Gajah

Untuk mengetahui info lebih detail tentang Pak Amir Arif bisa klik ditautan ini https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/  

Berikut ini adalah video Kiat Menembus Penerbit Nasional



BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan ke 4           : Kamis 30 April 2020,
Waktu                         : 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri                     : Amir Faisal
Topik                          : Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi & Kepemimpinan
Peresume                    : Rita Wati, S.Kom (ritapinang08@gmail.com)

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wah luar biasa tulisan nya...komunikatif dan sangat mendidik...
    Mohon mampir juga di blog saya
    https://dwimulyantiskaneka.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Keren... tulisannya bagus untuk menambah wawasan..

    BalasHapus