/> Hardware

Hardware

Komponen Komputer




Perangkat Keras Komputer (Hardware)


Perangkat keras (hardware) merupakan suatu komponen yang bersifat fisik. Komponen ini merupakan suatu komponen yang dapat dilihat dan disentuh. Beberapa macam perangkat keras komputer di antaranya adalah CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perngkat-perangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, misalnya sebagai alat input, alat proses, media penyimpanan data, atau alat output.

1.      Alat Input (Input)

Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage (penyimpanan). Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon.


A.    Keyboard

Keyboard merupakan perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Oleh karena itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik.















Contoh gambar keyboard :


B.     Mouse


Mouse adalah salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse dapat digunakan sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.
Contoh gambar mouse :















C.    Gamepad
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau controlpad, merupakan tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
Contoh gambar gamepad :


D.    Joystick
Joystick adalah alat input pada komputer berupa tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Contoh gambar joystick :



E.     Scanner
Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Oleh karena itu, scanner merupakan alat input data berupa gambar atau dokumen.
Contoh gambar scanner :



F.     Touchpad
Touchpad adalah pad kecil yang dibuat dari bahan yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) karena memiliki bagian sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).
Contoh gambar touchpad :



   
2.      Alat Ouput
A.    Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan visualisasi hasil dari semua operasi yang terjadi di dalam CPU. Hasil keluaran atau output yang ditampilkan oleh monitor dapat berupa tulisan, gambar diam, maupun gambar bergerak atau animasi. Untuk saat ini, monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah monitor CRT (tabung), monitor LCD, dan monitor plasma.
Contoh gambar :


B.     Speaker
Speaker berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran berupa suara. Speaker mampu mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Contoh gambar :




C.     Printer
Printer adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang telah dibuat. Dokumen-dokumen tersebut dapat berupa surat, buku, gambar, laporan, dan lain sebagainya. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu tray (baki) sebagai tempat menaruh kertas, picker sebagai alat mengambil kertas dari tray, dan tinta atau toner sebagai alat pencetak sesungguhnya. Selain itu, ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB sebagai penghubung ke komputer.
Contoh gambar :




D.    Infocus
Infocus juga dapat disebut sebagai alat ouput, yang biasanya digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
Contoh gambar :



Untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang perangkat keras komputer silahkan Klik disini


Untuk materi lengkap bisa dilihat melalui tayangan berikut ini




Silakan klik daftar hadir di sini



Posting Komentar

16 Komentar

  1. ibu utuk mapel TIK nya tugas hari ini merangkum tentang Hardware ?

    BalasHapus
  2. Enaknya ada Bu Guru TIK. Salam Literasi Bu Rita

    BalasHapus
  3. mhn izin share utk tambahan referensi peserta didik sy ya bu... trimakasih

    BalasHapus
  4. Belajar TIk..harus lebih dulu mengenal perangkatnya... Sakam Bu Rita Sukses selalu.. . Ilmu makin berjah beti manfaat u semua.. Aamiin

    BalasHapus
  5. Ijin share ya Bu Rita, makasih, postingannya sangat informatif.

    BalasHapus
  6. Banyak yang belum mengerti bagian dari komputer. Terima kasih Bu Rita informasinya.

    BalasHapus
  7. Keren... Bunda, trimks share ilmunya. Emak... Hanya tahu beberapa saja ttg handware, maklum gaptek 🙏👍👍👍👍👍😱

    BalasHapus
  8. Seru banget mengajar Informatika....
    Saya jadi ingat masa-masa awal dikampus dulu, dapat materi seperti ini....

    Sehat selalu Bu Rita

    BalasHapus
  9. tahu gambarnya , kadang gak tahu namanya dan gak paham cara kerjanya. Makasih informasinya. jadi tahunya bertambah sekarang

    BalasHapus
  10. Bermanfaat sekali ibu... hatur nuhun... saya juga suka pake aplikasi videosparkol bu...

    BalasHapus