/> Mengenal Webex Meeting Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Mengenal Webex Meeting Untuk Pembelajaran Jarak Jauh


Senin tanggal 11 Mei 2020, masih dalam suasana Belajar Menulis Gelombang 10, materi pelatihan dilaksanakan melalui aplikasi webex dengan pemateri Eka Septian Singgih dan moderator Kartika Paramita . Aplikasi webex adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara secara online.
Kelebihan webex adalah Kualitas video HD, User Frendly bisa digunakan di Sistem Operasi apasaja bisa melalui desktop ataupu HP, bisa menampung hingga 1000 orang untuk mengadakan pertemuan, selain berbayar webex juga menyediakan layanan gratis jadi jika kita tidak mempunyai uang yang banyak kita masih bisa menggunakan layanan webex secara gratisan.
Ada beberapa istilah didalam webex meeting yaitu :
1.      Presenter adalah Orang yang bertugas menyampaikan presentasinya atau istilah lainya pemateri/ nara sumber.
2.      Moderator yaitu orang yang bertindak sebagai moderator / pembawa acara yang bertugas menghandle acara seperti memperkenalkan presenter, mempersilahkan peserta untuk bertanya dan dan juga bisa melakukan recording selama acara.
3.      Host ini bertugas sebagai tuan rumahnya karena hostlah yang bisa merubah peserta meeting menjadi presenter ataupun moderator, selain itu host juga bertindak untuk mematikan audio dari peserta , jika peserta meeting lupa mematikannya. Host bisa digantikan dengan yang lain jika host berhalangan.
4.      Participant adalah peserta meeting semua yang ada di room meeting bisa kita lihat dengan mengklik icon orang di pojok kanan. Kita bisa melihat jumlah peserta yang sedang bergabung di room meeting.

5.      Chat kita bisa melakukan obrolan selain suara bisa melalui chat , kolom chat ini berfungsi jika ada peserta yang ingin bertanya , agar lebih tertib dan teratur bisa menyampaikan terlebih dahulu di kolom chat, sehingga moderator bisa lebih mudah untuk membacakan pertanyaan ataupun mempersilahkan peserta secara langsung.
6.      Raise Hand, nah symbol ini digunakan untuk peserta jika ingin bertanya bisa menggunakan tombol raise hand ini agar moderator dan presenter bisa merespon peserta tsb.
  
Baiklah agar kita lebih mengetahui cara menggunakan webex meeting ini berikut ini saya mencoba untuk mempraktekan cara menginstall dan menggunakan aplikasi webex meeting ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:  
1.    Buka browser klik https://www.webex.com/downloads.html/
2.    Pilih webex meetings klik download for windows

3.    Setelah download silahkan install aplikasinya
4.    Setelah diinstal kembali ke  webex. Com untuk melakukan pendaftaran
5.    Klik sign up masukan alamat email yang di gmail,ketik nama depan kemudian nama belakang lalu klik continue/ lanjutkan.
6.    Buka email kita untuk membuat password, perlu diperhatikan  dalam membuat password min 8 karakter gabungan huruf besar dan angka.

7.    Setelah selesai membuat password dilanjutkan ke sign in
8.    Nah kita sudah berada didalam rumah sisco webex kita, silahkan dilakukan pengaturan jadwal meeting kita , atur tanggal, jam dan durasi.
   
9.    Setelah selesai, maka alamat meeting kita akan tampil seperti contoh dibawah ini , selain kita bisa undang lewat meeting number dan password kita juga bisa share link meeting seperti dibawah ini , jika di klik maka otomatis peserta meeting akan dibawa ke room meeting berikut contoh link 
10.  Demikianlah cara menginstall dan menggunakan webex meeting.

Posting Komentar

2 Komentar