/> Stop Panik

Stop Panik


Kegiatan bekerja dari rumah ini saya isi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dengan tujuan selain mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kenaikan pangkat hal yang paling penting adalah  untuk mengupdate ilmu  terutama ilmu menulis,  Sudah 12 kali pertemuan  kegiatan Belajar Menulis Gelombang 10 bersama omjay, setiap hari kami dilatih untuk menulis resume yang disampaikan oleh pemateri. Pekerjaan utama tidak boleh diabaikan selain sebagai guru saya mendapat tugas tambahan sebagai Operator Sekolah karena semua bekerja dari rumah saya juga mengerjakan e-rapor dan dapodik juga dari rumah, dengan menggunakan aplikasi team viewer, Alhamdulillah kami memiliki team yang solid jadi ada teman yang bertugas untuk menyalakan computer server setiap harinya , dan mengaktifkan team viwer agar bisa dikendalikan dari rumah.
Sudah memasuki minggu kedua kami menginput nilai melalui e-rapor secara online , setiap guru dapat menginput nilai dari rumah, bagi yang terkendala sinyal kami memberikan solusi dengan memberikan jadwal setiap harinya 10 orang untuk mengerjakan erapor di lab dan dibagi menjadi dua sesi, sedangkan penginputan nilai erapor online dimulai dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 21.00 WITA.
                Pagi ini tidak seperti biasanya, seorang teman yang bertugas menyalakan server dan mengaktifkan team viewer menyampaikan pesan jika erapor tidak bisa dibuka. Ketika membaca pesan gambar yang dikirim melalui WA kepanikan langsung segera muncul “waduh berarti harus diisntal ulang, jika diinul maka data yang telah terisi akan terhapus”. Memang dalam penginputan e-rapor semester genap ini kami masih menggunakan aplikasi e-rapor semester sebelum nya nyaitu 2.0, akan tetapi selang satu minggu setelah guru-guru memasukan nilai di e-rapor, saya mendapat info dari rekan-rekan Operator jika aplikasi e-rapor telah ada pembaharuan 2.1, merasa terlanjur sudah mengerjakan di versi 2.0 saya teruskan melanjutkan pekerjaan , saya berfikir toh tidak ada masalah.

                Masalah itu muncul tadi pagi pesan yang muncul “AKSES DITOLAK karena terdeteksi bahwa pengaturan versi database tidak sesuai dengan versi aplikasi, sehingga terjadi kesalahan system. Aplikasi tidak dapat dibuka, silahkan install ulang aplikasi untuk dapt menggunakan e-rapor kembali”. Jika melakukan install ulang maka data akan hilang, sedangkan kesalahan kami belum pernah melakukan backup data. Saya berusaha menjernihkan pikiran, seketika saya cari di youtube apakah ada yang memiliki permasalahan yang sama, akan tetapi tidak ditemukan video yang memiliki permasalahan yang sama, akan tetapi saya menemukan video cara merubah dari versi 2.0 ke versi 2.1, saya perhatikan video tersebut, versi terbaru bukanlah installer akan tetapi updater,  setelah memperhatikannya saya seperti menemukan solusi , saya langsung mencari link download updater e-rapor 2.1 kemudian menginstallnya, setelah berhasil di install saya klik aplikasi e-rapor ,akan tetapi pesan akses ditolak masih tetap  muncul, refresh berulang-ulang dan close aplikasi dan buka kembali sudah dillakukan akan tetapi pesan akses ditolak masih tetap muncul. Hampir putus asa, saya mengira solusi terakhir adalah install ulang aplikasi, semua guru terpaksa melakukan penginputan ulang, jika berita itu disampaikan rasanya akan banyak yang merasa kecewa. Akan tetapi saya merasa itulah satu-satunya jalan agar bisa masuk kembali ke aplikasi e-rapor. Sebelum melakukan penginstallan ulang saya kefikiran untuk merestart computer terlebih dahulu, siapa tau aplikasi ini bisa berubah, akhirnya saya restart computer server dari rumah dan rekan saya yang berada di sekolah menghidupkan kembali computer server dan team viwernya, saya buka aplikasi dapodik terlebih dahulu , kemudian e-rapornya Alhamdulillah tampilan e-rapor kembali normal, kemudian saya mencoba untuk login dan melakukan pengecekan data , semua data yang telah diinput  masih ada dan tidak ada yang hilang, semua kembali normal
Kadang kita terlalu cepat panik dalam menghadapi suatu masalah,  jika kepanikan yang kita kedepankan maka hasilnya akan berantakan, bisa jadi semua guru akan kembali mengulang input nilai dari nol akan tetapi jika kita mencari solusinya terlebih dahulu dengan kepala dingin, InsyaAllah masalah yang sulit akan terasa mudah diatasi. Mulai sekarang Stop panic dalam setiap masalah akan tetapi carilah solusi.

Posting Komentar

1 Komentar