Motivasi Untuk Menjaga Konsistensi Ngeblog


“Menulislah Dengan Lepas Tanpa Beban”
Raimundus Brian Prasetyawan

Kuliah belajar menulis malam ini  tanggal 15 Juni 2020 diisi oleh seorang Blogger yang aktif sejak tahun 2009 yang telah menulis puluhan artikel yang dimuat dimedia cetak. Terlahir dengan nama Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd, Jakarta , 30 Juni 1992 pendidikan S1 PGSD , pekerjaan Guru SD.

Buku Perdana Raimundus Brian
Malam ini ia akan membahasa tentang blog. dan sedikit kisah menerbitkan buku.  Merasa karena perlu belajar menulis maka ia bergabung di group Belajar Menulis Omjay. Berawal dari peserta saja, kemudian ia tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan ia sudah memulai hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit ia bisa membantu Bpk/ibu.
Keinginannya membantu Bpk/ibu didalam membuat blog adalah ia ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Mr Brian ingin Bpk/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan karena ia khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, Bpk/ibu akan meninggalkan blog.
Sebelum bergabung dengan grup Belajar Menulis ini ia merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Beliau bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Maka ia  berharap grup ini nantinya tetap eksis. Berikut ini tautan blog Mr Brian.
Dari tulisan di blog tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Disebutkan motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. 
Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. Jadi perlu kita luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.
Blogger vs Wordpress Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Menurut Mr. Brian tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut saya, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus, begitu juga sebaliknya.
Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten. Teknis penggunaan blogger seperti yang ia katakan di atas, ada Bpk/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. ia sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri . Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga ia sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.
Berikut link blog Mr. Brian, ia telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan
SESI TANYA JAWAB
Assalamu'alaikum wr wb
Sungguh luar biasa bahasan materi yg bp sampaikan hari ini, dunia IT ..
Izin bertanya pa Saya bu. Titin Sumartini dari Subang
1.Mengapa kita harus pilih salahsatu blogspot atau wordpress, mengapa tidak boleh keduanya?
2.Karena saya baru jg di dunia blogger, yg di maksud tampilan lama dan baru itu seperti apa?
3.Menjadi seorang blogger yg sukses butuh brp lama, hingga dpt menghasilkan rupiah
Terimakasih🙏
1. Oh tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya. Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu
2. tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah
3. tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapaynya
jujur saja saya sendiri tidak terlalu memperdalam ilmu cara menghasilkan uang dari memasang iklan di blog
*dapat
Dari Aidil Fitriani Tenggarong Kutai Kartanegara
Ass wr wb
Selamat Malam Pak Brian ..untuk pemula yang masih belajar ..apakah harus untuk menentukan sebuah tema dalam penerbitan buku ?
Terimakasih
karena jika tidak dilandasi tema, pembaca akan bingung. Apa yang ingin disampaikan dari buku tersebut
Assalamualaikum ijin bertanya pak.saya Eti Haryati dari Bogor
Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus,tetapi apadaya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa.berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai.mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog.karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan
Terimakasih
Menurut saya perlu tema/topik utama dalam sebuah buku karena itu yang akan menjadi pedoman menyusun buku. Jika ada kesulitan teknis seperti itu silakan japri saya bu. Saya ingin peserta grup ini tidak terhambat dalam menulis di blog.
tips dari saya: setidaknya ibu memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu karena tulisan yang sudah dipublish, bisa di edit lagi
Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin Gel. 12
Bagaimana cara yg cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?
nah pertanyaan bagus
ada beberapa tips:
1. buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2. Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google Di lain waktu saya akan membuat videonya                                             
Selamat malam pak Brian
Perkenalkan Saya Santi dari Jayapura
Saya salut dengan cara Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis
Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani.
Yg saya mau tanyakan 1.Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblok dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay, apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa? Mohon dimaafkan jika pertanyaannya tidak berkenan. Karena dalam group Om Jay ini anggota nya buanyaaaak sekali pakar pakar dalam dunia tulis menulis.
Saya jadi minder
2. Bagaiman bapak mengelolan kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?
Terimakasih. Pak Guru Brian sang Guru Penggerak masa kini.
Sukses untuk Pak Guru Brian.
1. Saya ikut grup menulis ini karena memang saya masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Saya menulis berdasarkan yang ada dipikiran saya saja. Saya perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi saya pencerahan.
2. iya tentu saja siswa saya belajar lewat blog yang saya buat. alamatnya: www.bahastematiksd.blogspot.com Jangan minder bu. Yang penting tetap menulis
Assalamualaikum bapak ibu narasumber saya atas nama Edi Syahputra.H dari Aceh, sudah menerbitkan buku dua buah, tapi penerbit nya penerbit indie. Apakah bisa kita menerbitkan buku setahun dua buku atau lebih.
Iya tentu saja bisa pak menerbitkan sejumlah buku dalam setahun. JIka memang sudah memiliki naskah yang siap diterbitkan. Yang tidak boleh adalah mengirim satu naskah yang sama ke dua penerbit yang berbeda
Selamat malam pak brian..terimakasih ilmunya.saya sumarjiyati dr GK.
Saya mengenal blog baru setelah mngikuti pekatihan menulis ini.dan isi blog saya nadih campur aduk.mulai dari resume kgiatan kuliah menulis,tentang mkaban ttng kejadian2 yang saya alami selama ini. Yg mau saya tanyakan. Bgmna cara memasukan/mengisi blog kita dengan administrasi pembelajaran agar temen2 dpt mengakses administrasi di blog kita misal rpp dll.slma ini blm pernh mncoba mngisi dg file yg berbentuk kolom2.misal kisi2 soal.atau pngolahan nilai.
Terimakasih.
intinya upload dulu file administrasi ke google drive. Lalu pasang file di google drive ke blog
Nama : Sri Budiarti
Dari bantul,  jogjakarta
Gelombang : 12
Pertanyaan  :  Mengapa Pak Brian lebih memilih ngeblog di blogger,  apa yang membuat Bp betah ngeblog di blogger. com dari sejak tahun 2009 hingga sekarang
Nah kebetulan memang pertama kali saya diperkenalkan teman saya dengan blog blogger.
Yang membuat betah itu karena saya sudah terbiasa menggunakan fitur di blogger. Memang ada orang yang awalnya pakai blogger lalu pindah pakai wordpress. Tapi saya masih kaku memahami dan menggunakan fitur yang ada di wordpress
Assalamualaikum
Sy Noorlanyati,  dr Semarang, gel 11.
Terima kasih ilmunya pak.  Sy mau tanya,
1. Bagaimana memotivasi diri agar bisa menulis setiap hari.  Td dikatakan, sdh siap di dpn laptop tp ide gak muncul.  Padahal keinginan untuk menulis ada, tp gak tahu apa yg mau ditulis.
2. Misal kita punya tulisan di blog yg tdk ada nichenya, lalu kita mau membukukan. Apakah harus  1 buku 1 niche? Bolehkah 1 buku isinya bbrp niche? 
Terima kasih🙏
1. Kalau saya motivasinya dilandasi target yang harus dipenuhi. Targetnya adalah blog harus update. Jika target sudah terpenuhi maka kita akan puas/senang. Dan kembali semangat untuk ngeblog lagi di kemudian hari. Terkait ide, tadi saya sudah jelaskan
2. boleh 1 buku beberapa niche, tapi niche2 tersebut masih memiliki kesamaan
misalnya niche best practice, opini pendidikan, aktivitasi sekolah, itu semua masih memiliki persamaan yaitu pendidikan
Assalamualaikum, ijin bertanya  Bapa
Saya Kartini dari SLBN Bekasi Jaya
Apakah sebuah blog itu ada masa berlakunya? Maksudnya jika kita tidak membukanya atau menuliskan sesuatu disana dalam kurun waktu yg lama apakah akan hilang atau tetap masih bisa digunakan?
blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google.
Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai
Selamat malam, terimakasih pak Brian atas motivasi dan inspirasi nya,, perkenalkan saya Sahat Serasi Naibaho dari Sumatera Utara mau menanyakan ttg:
1. Penjelasan lebih jauh tentang Google adsense pak karena saya masih baru mendengar nya
2. Bagaimana supaya blog kita banyak dikunjungi orang pak,
Terimakasih pak
1. oke saya sharing hal seputar google adsense yang saya tahu. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000) hehe
2. agar blog dikunjungi banyak orang:
- share link blog ke medsos
- bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger
- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang\ Dan pencairannya menunggu sampai kita dapat 100 dollar.
Bgm cara pak brian mengatasi kesulitan kesulitan dalam menulis?
Saya memiliki kesulitan tersendiri yaitu menyelesaikan tulisan yang sudah saya mulai. Banyak postingan blog saya yang masih numpuk di draft blog.
Kalau saya mengatasinya dengan menentukan waktu menulis yang nyaman. Saya tentukan bahwa sabtu pagi adalah waktu yang paling pas untuk saya fokus menulis

Kesimpulan
Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung, Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak. Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah.
Demikianlah materi yang sangat luar biasa dari Mr. Brian bagaimana beliau telah konsisten selama 11 tahun dengan berbagi tulisannya melalui media blog. Sehingga puluhan artikel telah yang hasilkan dan menerbitkan buku dari hasil ngeblognya. Semoga apa yang disampikan oleh Mr.Brian dapat menginspirasi bagi kita semua terutama bagi blogger pemula.
Salam semangat ngeblog
Peserta Belajar Menulis Gelomba 10
Peresume Rita Wati, S.Kom

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Wah bagus template blognya. Udah lumayan lama ngeblog ya Bu ?

    Mantap Bu resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pk Brian sdh berkunjung . Lumayan lama ngeblog tp tidk konsisten menulis, sjk berabung dgn Belajar Menulis termotivasi untuk beljr konsisten

      Hapus
  2. Mantul....motivasi harus kuat ya untuk terus menulis

    BalasHapus