Mr Bams Kisah Guru Ngeblog di Wordpress


“Bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi menjadi orang yang bermanfaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.” Mr.Bams

Malam hari kegiatan  setelah makan malam bersama keluarga. Kegiatan saya selanjutnya adalah mengikuti kelas tambahan Belajar Menulis untuk gelombang 1 s/d gelombang 12.  Jumat 12 Juni 2020 pertemuan ke-6 kelas diisi oleh seorang nara sumber yang aktif menulis di Wordpress. Sehingga tema yang diangkat adalah Kisah Guru Ngeblog di Wordpress bersama Bpk Bambang Purwanto yang akrab disapa Mr. Bams.
Bandung,  6 April 1974 Mr. Bams lahir bersama saudara kembarnya. Cita-cita nya menjadi seorang guru dilaluinya melalui proses panjang. Tahun 1992 lulus di SMA kemudian mendaftar di PGSD IKIP (saat ini) UPI akan tetapi nasib berkata lain, Mr.Bams gagal masuk. Akhirnya ia ikut kursus komputer di Bandung selama 3 bulan dan bekerja sebagai konsultan.
Berikut perjalanan karir Mr.Bams
1992 - 2000 : Konsultan
2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)
2004 - 2008 : Pendongeng Keliling
2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan
2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti
Untuk melihat profil Mr. Bam.s secara lengkap dapat dilihat melalui tautan dibawah ini.
Kapan Mulai buat Blog ?
Mengajar di SMP Taruna Bakti sejak  tahun 2008.  Tahun 2009  selain mengajar ia diminta untuk membimbing ekstra kulikuler. Saat itu ia membimbing ekstra kulikuler blog, tetapi menggunakan multiply.
Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi. Akhirnya ia berpindah hati ke wordpress. Kenapa tidak blogspot? Karena sudah jodoh dan terlanjur cinta.
Kenapa Ngeblog?
Mr.Bams senang dunia menulis. Karena sejak tahun 2003 ia adalah pendongeng. Sebagai pendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 Mr.Bams membuat Taman Baca di rumahnya sendiri. Sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, akhirnya ia dan keluarga pindah tidak jauh dari lokasi tersebut.
Pegiat Literasi
Label pegiat literasi nempel sejak tahun 2011. Mr Bams sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren.
Sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah. Membaca lima belas menit. Karena senang membaca. Setiap kegiatan yang berhubungan literasi disekolah, ia selalu mendapat jatah untuk terlibat. Prestasi tertinggi di sekolah : SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Kategori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit.
Saat itu Mr.Bams sebagai Ketua Tim Literasi. Selain sekolah, ia pun mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.
Tahun 2019 Mr.Bams mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, hanya saja masuk 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.
Berbagi Pengalaman Blog yang Dikelola
Tujuan Mr Bams Membuat Blog :
1.  Malu sebagai guru TIK ngak punya blog.
2.      Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog.
3.      Berbagi pengalaman.
4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat).
5.      Menghasilkan rupiah.
Apa saja isi dari blog :
1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi
2.  Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Saya sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA.
Wabah Covid-19 menuai berkah
Gara-gara Covid Mr.Bams memberanikan buka kelas blog. Siapa inspirasinya ? Om Jay dan Kang Encon. Beliau perhatikan polanya, dan perhatikan bagaimana mengelola kelas online di WA. Sehingga lahirlah
1.  Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni
2.  Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni
3.  Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)
Berikut link testimony kelas belajar menulis. https://penamrbams.id/testimoni-peserta-kelas-blog-bersama-mr-bams/
Apakah gratis ?
Memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet cukup jauh.
Karena berada di ruang kelas belajar menulis, maka kita semua harus menghasilkan karya sebuah buku, dan ia akan persembahkan buku untuk kita semua.
Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa.
Itulah pengalaman Mr.Bams ngeblog di wordpress. Semoga pengalaman yang ia sampaikan dapat menjadi pembelajaran bagi kita.

SESI TANYA JAWAB
Pertanyaan 1 Salut untuk Mr. Bam, Saya Mardiyanto dari SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah Gel 12. Saya lama punya beberapa blog, tetapi tiap saya membuka blog cinderung lebih suka mengeksplor tampilan blog daripada menulis, apalagi kalau pakai blogger templetnya bisa kita otak-atik bebas. Yang ingin saya tanyakan bagaimanakah kiat-kiatnya agar kita fokus menulis di blog daripada mengotak-atik tampilan blog?
Jawaban 1
Pak Mardiyanto yang saya hormati. Ya, orang memang selalu tergoda dengan penampilan, sehingga seringnya otak-atik.
Sarannya :
Beradamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Semiggu sekali kah ? Dua hari sekali kah ? Atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya.
Pertanyaan 2 Assalamu'alaikum wr wb. Salam kenal mr. Bams... Luar biasa kisah yang disampaikan oleh bpk.. Saya Titin Sumartini dari Suban.Izin bertanya..
1.      Biasa brp hari/bln seseorang mulai mahir dlm ngeblog(membutuhkan brp hari jika pelatihan)?
2.      Dari ngeblog bisa mmjd nilai rupaiah, blog yg seperti apa yg bisa mmjd nilai rupiah?
3.      Kendala kami malas ngeblog salahsatunya blm begitu mahir menguasai IT, adakah solusi dr mr. Bams?
Jawaban 2
Bu Titin yang sedang bahagia
1. Di kelas saya ada yang satu hari sudah bisa. Bila hanya dasar (a) membuat blog, (b) belajar posting 2 hari juga bisa.
2. Ini memang tergantung rejeki kalau menurut saya, berdasarkan pengalaman blognya penamrbams.id lahir senang membahagikan yang lain. JIka kita melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan. Buat saya yang real adalah saat bisa mengajar blog, maka blog saya menghasilkan
3. Malas ngeblog ganti kalimatnya Saya sedang berjuang membuat blog, maka saya akan lakukan. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih.
Terimakasih🙏🙏
Pertanyaan 3 Assalamu'alaikum Mr Bam's.
Maaf saya mau bertanya kaitanya dengan menulis .Jika saya sdh punya blog apakah perlu jg mbuat wordpres?.Apakah perbedaan menulis di blog dan wordpres? Jk kt mliliki.keduanya.bgmna kita mengelola keduanya? Terimakasih.. Sumarjiyati-GK.Gelombang 8
Jawaban 3
Waalaikumsalam w.w Ibu Sumarjiyati yang saya hormati
Menulis di blog bisa dimana saja, ada blogspot ada wordpress, ada juga yang di web. Menulis dimana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh punya dua asal bisa dikelola dengan baik. Punya dua kalau yang satu ngak terkelola saya. Saya ada blogspot tetapi belum optimal, punya supaya bisa komentar diblog tersebut. Mengelola dua blog dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun. Bila latihan pasti bisa. Memang saya juga belum mencoba. Tetapi kalau mau dicoba dengan latihan yang keras pasti bisa.
Pertanyaan 4 perkenalkan saya supyanto kota bekasi gelombang 8. Apa yang membedakan antara blogspot dan wordpress, dilihat dari kelebihan dan kekurangannya?
Jawaban 4
Pak supyanto yang saya hormati. Pertanyaan ini saya akan jawab diplomatis, dua-duanya bagus. Fokuslah di satu blog, kemudian berbahagialah dengan blog yang dikelola. Pasti jawabannya tidak memuaskan. Tetapi kalau saya lihat jawaban ini di internet sudah cukup banyak. Jadi sekali lagi kita kembalikan kepada penggunanya.
Pertanyaan 5 Mohon tanya,, salam kenal saya Pak Nengah Suradnya dari Klungkung Bali, slmt berjumpa Bapak Bambang Purwanto nara sumber hebat, trimakasih yang selalu memfasilitasi dan memotivasi pd kegiatan ini..pertanyaan saya@Hal-hal positif apa sajakah yang bapak peroleh baik dalam menulis juga selaku trainer dan kendala-kendala apa saja yang bapak hadapi dalam proses ngeblog maupun diwordpress...?
Jawaban 5
Pak Nengah yang berbahagia
Hal yang postif adalah hidup merasa tertantang untu bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target.
Menu penamrbams.id
Pagi >>> Berita
Siang >>> bebas, kadang posting kadang tidak (mulai besok ada tampilan baru, tunggu aja)
Malam >>> Tulisan Sebelum Tidur
Kendala saat ngeblog
1. Jaringan sedang tidak bersahabat, padalah kita mau posting
2. Habis ide, kadang mengalami. Solusinya dengan membaca ke taman baca atau perpus pribadi
Pertanyaan 6 Assalamualaikum, maaf izin bertanya Nama: Siti Nurlatifah
Dari SDN Hegarmanah Kab. Subang. Sebelumnya trimkasih banyak atas ilmunya hari ini pak, krn sangat luar biasa.Maaf yg saya tanyakan, bagaimanakah cara memblog kita menjadi ramai pengunjung dan bisa di lirik oleh pembaca. Yg akhirnya bs menjadi seorang bloger. Karena saya pribadi belum begitu faham ttg manfaat blog itu sendiri. Yang saya tahu hanya sebatas tempat menggoreskan pena pengganti kertas kemudian dipublish.😊. Mohon penjelasannya, supaya kami lebih semangat. Trimakasih🙏
Jawaban 6
Ibu Siti yang berbahagia. Cara blog ramai dikunjungi
1. Tergabung dengan komunitas (seperti grup menulis ini, ada 12 grup)
2. Sering memperkenalkan blog kita kepada yang lain, bisa di WA, FB, IG
3. Rajin berkunjung ke blog yang lain
4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain
Manfaatnya
1. Sederhananya blog bisa menyimpan tulisan kita, tetapi bisa dibaca oleh banyak orang. Beda kalau tulisan disimpan di laptop, komputer bahkan buku.
2. Melatih menulis, jadi terbiasa menulis.
3. Membangun kepercayaan diri melalui tulisan
Pertanyaan 7 Assalamualaikum saya edi Syahputra.H dari Aceh, ingin menanyakan kepada narasumber :
1. Apa apa saja kisah guru Ngeblog di WordPress.
2. Bagaimana cara untuk menjadi guru blogger
Jawaban 7
Waalaikumsalam w.w. Bapak Edi yang luar biasa
1. Kisah guru Ngeblog di Wordpress, adalah pengalaman-pengalalam selalam membuat blog. Pengalaman bagaimana mengajarkan peserta kelas blog, membutuhakan kesabaran luar biasa. Membalah chat japri saat membuka kelas blog itu membuat keringat dingin, rasanya lega apabila bisa terselesaikan semua. Saat blog digunakan oleh sekolah saat pandemi covid. daringsmptarunabakti.worpdess.com
2. Menjadi guru blogger, buatlah blogger dari sekarang. kemudian belajar menulis. bapak posting dan saat itu bapak sudah menjadi guru blogger (maksudya guru yang menggunakan dan memanfaatkan blog).
Pertanyaan 8 Nama           : sri budiarti
Dari               : kota bantul, jogja
Gel                : 12
Pertanyaan  :  Mr. bisa dijelaskan secara singkat bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan rupiah?  😁
Jawaban 8
Ibu Sri yang bijaksana
Blog menghasilkan rupiah
Yang termudah ibu misalnya punya keahliah atau punya barang.
Ibu promosikan di blog tersebut, kemudian alamat blog tersebut ibu sebarluaskan. Di blog itu kalau ibu jual makanan. Ada gambar makanannya, ada harganya, ada cara pesannya.
Bila punya keahlian mengajarkan tari, ibu posting tentang tari ada videonya. Kemudian promosikanlah. Selamat mencoba, semoga berhasil.
Pertanyaan 9 Assalamualaikum
Om Bams yg luar biasa. Slmt bukunya sgr terbit Kisah Guru Ngeblok...
Pertanyaan saya apa boleh satu artikel kita
bisa sekaligus di-posting di 3 bog. Umpama di blogspot, wordpress satunya di gurusiana. Mhn penjelasan. Mksih.
Jawaban 9
Posting di 3 blog ?
Saya lebih senang, tentukan posting yang utama dimana. Misalnya di blogpost. Nah saat di posting di wordpress maka diakhir halaman bisa dijelaskan dengan tambahan kalimat :
Tulisan ini pertama posting di ........blogpost.com
Pertanyaan 10 Assalamualaikum, Saya siti Nurbaya Az, SE Karimun, Kepri.
Pak, saya dengar ada blog berbayar dan ada blog gratis. Apa bedanya? Gelombang 12. Wassalam.
Jawaban 10
Waalaikumsalam
Ibu Siti Nurbaya yang berbahagia
Blog berbayar ada, biasanya lebih ke fasilitasnya berbeda.
Pilihan blog berbayar karena ingin terlihat penampilannya berbeda, ya ngak gratisan. Tapi bagi kita guru, optimalkan saja yang ada, tidak harus pilih berbayar. Kecuali memang ingin menaikan kelas,dulu saya di wordpress namanya. bepenamrbams.wordpress.com (namanya panjang) saat saya pakai web maka nama bisa yang kita inginkan penamrbams.id (bedakan) tetapi saya masih menggunakan wordpress saat untuk mengelola penamrbams.id.
Pertanyaan 11 Ass pak Bambang. Saya Hengki Rumere dari Mukomuko,Bengkulu.Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena saya bisa membuat blog mengikuti petunjuk Mr.Bram. apa motivasi utama Mr.Bram nalam menulis diblog,,kemudian apa yg dapat kita lakukan agar pembaca tertarik mengunjungi blog kita,,terima kasih.
Jabawan 11
Waalaikumsalam w.w.
Pak Hengki yang saya hormati
Motivasi menulis di blog
Motivasi utama adalah melatih kebiasaan menulis dan membuat blog yang kita kelola bermanfaat untuk yang lain. Menarik Pembaca. Membangun blog memang tidak mudah. Yang kita lakukan sudah benar, yaitu adanya komunitas. Makanya di penamrbams.id sengaja ada kumpulan link blog (blogspot, wordpress, web blog), tujuannya agar bisa saling berkunjung. Maka silatiurahim terus dibangun.
Bila kita seorang guru, buatlah materi dan tugas di blog kita, maka pasti banyak pengunjung ke blog kita. Kemudian tulislah tidak hanya materi dan tugas. Akan tetapi yang lainnya kita tuliskan, agar menjaring pembaca. Tetap semangat, tapi saranya saya adalah menulislah untuk membahagiakan yang lain, maka kebahagiaan akan datang tak tertahankan.
Pertanyaan 12 Assalamualaikum, saya ENDANG RIMA WIDYANINGSIH guru SD TERPENCIL BUKIT INDAH SINGURA Provinsi Sulawesi Tengah ingin bertanya/mohon saran : Jika kita punya 1 blog, kemudian ingin menulis didalamnya, apa kita wajib menentukan tema tulisan, misalnya mau menulis tentang pendidikan saja kah, tentang pengalaman memasak kah atau hanya sekedar "curhat" bagaikan menulis diary manual.
Jawaban 12
Ibu Endang yang saya hormati
Untuk awal silahkan tuliskan apa yang kita sukai, bila diawal kita sudah bingung biasanya ngak jadi. Kemudian seiring waktu, mana yang lebih konsisten tulisan-tulisan kita. Sediakan saja menu, atau tag untuk tulisan-tulisan kita. Hati-hati dengan Curhat jangan sampai kelepasan, ingat blog konsumsi publik. Pintar-pintarlah memposting tulisan.
Pertanyaan 13 Assalamualaikum.. Luar biasa pengalaman Mr.  Bams ini Saya Noorlanyati,  dr Semarang,  peserta gel 11. Sy mau tanya,  1. bgmn Mr.  Bams membangun ide/cerita supaya setiap kl mendongeng ada sesuatu yg baru yg bisa diceritakan
2. Bgmn mengelola taman bacaan,  buku2nya dr mana,  apakah dr pribadi/bantuan, lalu apakah yg berkunjung jg dikenakan biaya?  Terima kasih
Jawaban 13
Ibu Noor yang sedang berbahagia, selamat ulang tahun. Sehat selalu dan semakin sukses
1. Rajin baca buku, sering memperhatikan yang lagi ramai dibicarakan apa saja
2. Mengelola Taman Baca adalah hobi kami sekeluarga kepada buku, meskipun awalnya isteri tidak begitu setuju. Ada pekerjaan tambahan di rumah. Tapi lama-lama senang juga. Apalagi isteri sekarang sudah 4 tahun tidak bekerja dan mengelola Taman baca, ketemua anak-anak setiap hari. TK-SD-SMP-SMA.Buku dari teman, sahabat, jejaring di komuinitas, dll
Semua fasilias taman bacaan kami, TBM AS Lebakwangi, Gratis
Pertanyaan 14 assalamualaikum mr Bams. saya sudah mengikuti kelas ini di gel 9. inginnya dari tulisan ini bissa dijadikan buku , tetapi tidak tahu caranya. apakah hanya kita mengirimkan resume ke email Om Jay atau ada tahapan2 lainnya? Eti Haryati Bogor🙏
Jawaban 14
Waalaikumsalam
Ibu Eti yang baik hati
Paling gampang berkenalanlah dengan penerbit, biasaya penerbit akan memberikan arahan. Konsultasi lebih jelas dengan Omjay silahkan. Memang harus bersabar, yang penting selalu ada ikhtiar. Bila sudah waktunya pasti bukunya terbit.
Pertanyaan 15 ijin bertanya
krn sy pemula dlm blog, apakah ada kejahatan terselubung yg bs menuju blog kita? atau singkat kata, amankah tulisan2/data2  kita di blog?
Jawaban 15
Ibu Ika yang saya hormati
Bila tulisan kita sudah ada di blog, ikhlaskanlah. Karena bila sudah dipublish, tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi kita sebagi blogger yang baik, bila mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link/URL nya disebutkan juga, sebagai penghargaan kepada pemiliknya, atau penulisnya. Menabung yang baik adalah dengan memberi.
Pertanyaan 16 Selamat malam, saya Isnawati dari Kuala Kapuas Kalteng 🙏
Mr. Bams bagaimana cerita awal mula Mr. Bams bisa tertarik untuk menjadi seorang pendongeng? Hingga menjadi pendongeng tetap di Dinas Arsip dan perpustakaan Kabupaten Bandung?
Jawaban 16
Sejarah Menjadi Pendongeng
Saya sangat senang dengan anak-anak. Saya masih ingat saat isteri sedang mengandung, saya sangat senang mengajak bicara saat Salwa didalam kandungan. Nah karena senang anak, saya pertama kali mendongeng itu tahun 2003 bulan April 2003. Salwa lahir bulan Maret 2003. Makanya nama pendogeng saya adalah Ayah Salwa. Ngak pakai kakak, biarkan saja nama anak yang beken.
Menjadi pendongeng tetap di Dinas karena ada hubungan dengan TBM juga, sudah dilakukan sejak 2013 mendongeng di Kabupaten Bandung, hingga kini masih.
Pertanyaan 17 Sy M.H. Pahdi Banjarmasin gel. 12
Melihat perkembangan medso s skarang. Bagaimana rivalitas antara Blog Vs Vlog? Klo dulu memang blog sempat mengalami kejayaan. Tp Saat ini vlog/youtube yg dominan. Anak2 bhkn ada yg punya cita2 youtuber. Hampir gak pernah dgr cita2 jg blogger? Mohon tanggapan. Makasih Mr. Bam's
Jawaban 17
Ya pergeserannya memang luar biasa. Vlog lebih ramai. Akan tetapi karena kita guru, ada pesan yang harus tetap tersampaikan kepada generasi selanjutnya. Bahwa menulis tak akan tergantikan. Semua dari menulis.Vlog tentunya ada kreatornya, dan ada skenario yang ditulis.
Tanggapannya jalan saja, kalau memang kita berminat menjadi vlogger di youtube itu juga silahkan. Omjay sudah memulai di youtube.
Pertanyaan 18 Selamat malam Pak
Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12
 Saya membuat blog baru ketika di kelompok belajar menulis ini... apa saja yang harus saya lakukan agar bisa mampu membuat blog enak dibaca dan dilihat?
Terima kasih
Jawaban 18
Ibu Aning yang bening hatinya.Bagaimana blog kita
Enak dibaca.....
Enak dilihat.....
menulis adalah keterampilan, jadi bisa dilatih. Berlatih teruslah menulis dengan penuh kesabaran
Enak dilihat, belajar tentang mengatur tampilan. Bisa saja bertanya kepada yang tampilannya bagus, bagaimana caranya, lama-lama enak dilihat. Selamat mencoba 😁👍
Pertanyaan 19 Assalamualaikum
Mr Bams
1.Sejak kapan Mr Mendongeng?
2. Dari mana Mr belajar hingga pinter Mendongeng?
3. Di rumah Mr ada Tan bacaan, siapa saja yg berkunjung ke sana dan bagaiman waktunya?
Apakah membaca di san gratis?
Terimakasih
Santi Jayapura
Jawaban 19
Ibu Santi yang jauh disana tapi dekat dihati kita semua
1. 2003
2. Belajar sendiri, terus berlatih ke Kak Agus DS, Kak Andi Yudha, Kak Eka Wardhana
3. Yang berkunjung warga setempat, sekolah disekeliling, bahkan ada yang beda kecamatan datang. Ada juga anak yang berjalan kaki butuh waktu 2 jam pulang pergi, saking ingin membaca buku dan meminjam buku (walau kadang tak kembalgi 🤣🤣🤣)

  
Kesimpulan
  1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
  2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.
  3.  Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
  4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.
Salam Peserta Belajar Menulis Gelombang 10
Peresume : Rita Wati, S.Kom



Posting Komentar

4 Komentar