/> Stop One Man Show Agar Pembelajaran Daring Menyenangkan dan Efektif

Stop One Man Show Agar Pembelajaran Daring Menyenangkan dan Efektif


PEMBELAJARAN DARING DAN LURING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN



            Halo sobat online semuanya, tidak terasa kali ini kita bertemu kembali di AISEI Club Writing pertemuan ke-9 , tanggal 6 September 2020. Pada pertemuan kali ini kita kembali mendapatkan materi dari Bpk. Wijaya Kusumah yang akrab di sapa dengan Om Jay dengan tema PEMBELAJARAN DARING DAN LURING YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN
            Pembelajaran daring yang efektif salah satunya adalah komunikasi, jika kita belajar online tanpa komunikasi kita tidak akan pernah tau jika peserta didik kita serius menerima materi dari kita.
            Jika Bpk/ibu menggunakan aplikasi meeting seperti zoom, webex jangan sampai Bpk/ibu one man show. Karena siswa-siswa kita hanya fokus 15 menit pertama. Usahakan agar semua siswa mengaktifkan vidionya agar kita tahu jika siswa kita serius mengikuti pelajaran dari kita.
Selain itu bpk/ibu harus mengenal gaya belajar anak ada yang audio ada yang visual. Lakukan interaksi dengan siswa, ajak diskusi, beri games agar mereka senang dengan pembelajaran yang kita berikan.
Berikut ini beberapa trik agar pembelajaran daring  dan luring bisa  efektif dan menyenangkan yaitu :
1.     Gunakanlah Youtube, karena selain murah, otomatis tersimpan di server youtube bisa di putar berulang-ulang dan bisa menambah income jika banyak yang menonton tayangan yang kita buat.
2. Membuat konten pembelajaran yang menarik, Bpk ibu harus bisa menjadi sutradara yang baik, selain menjadi guru juga menjadi pemain dan penonton.
3.  Buatlah Rencana Pembelajaran daring yang sesuai dengan keadaan pandemi, sehingga ketika Bpk/ibu melakukan Belajar Dari Rumah (BDR) siswa bisa senang, guru tenang dan orang tua bahagia.
4.      Buat buku digital salah satu yang gampang adalah di blog.
5.   Peran orang tua, ajak diskusi orang tua, buat group orang tua dan anak. Beritahu orang tua jika anak tidak mengerjakan tugas.
6.   Menyiapkan bahan pembelajaran mandiri.
7.   Kolaborasi design pembelajaran, seperti konten, media agar lebih menarik.
8.  Berikan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari siswa secara mandiri.

     Demikianlah beberapa trik agar pembelajaran daring dan luring menjadi efektif dan menyenangkan.  Pembelajaran daring maupun luring agar dapat terlaksana dengan baik kuncinya adalah komunikasi. Komunikasi yang baik akan membuat permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. 

BACA JUGA 

8 Trik Jitu Pembelajaran Daring Efektif

Pembelajaran Kondisi Khusus

Pembelajaran Daring Era New Normal

Managing Learning From Home


           Berikut Materi  Pembelajaran Daring Efektif dan Menyenangkan Live Youtube. #http://wijayalabs.wordpress.com/  #https://www.aisei.id/  #  https://www.penerbitandi.com/
#AISEI#AISEIWRITING#OMJAY#PENERBITANDI#

Posting Komentar

0 Komentar