/> Travelling To Besakih Temple

Travelling To Besakih Temple

 Travelling To Besakih Temple

            Berbicara tentang Bali, pasti tidak ada habisnya. Keelokan alam dan kaya dengan budaya membuat Bali sudah terkenal sejak dulu hingga ke manca negara. Begitu juga denganku, setiap mendengar nama Bali dan melihat para artis ibu kota berlibur ke Bali membuatku semakin penasaran bagaimana keindahan Bali. Ingin sekali  berlibur dan berwisata di sana.

Impianku berlibur ke Pulau Dewata ini sudah terbesit sejak belia, yaitu ketika Maribeth penyanyi asal Thailand yang menyanyikan lagu Denpasar Moon dan di rilis ulang dengan lagu berbahasa Indonesia oleh Merry Andani membuat hayalanku semakin menari-nari di pikiranku ingin mengunjungi Bali saat itu, padahal ketika itu aku baru duduk  di kelas 5 SD.

Perjalanan hidup tidak ada yang tahu 15 tahun dari mimpiku sekarang menjadi kenyataan tidak hanya sekedar berlibur tapi Allah memberi lebih dengan menetap di sana.Tidak menyia-nyiakan kesempatan karena sudah berada di pulau seribu pura ini Aku pun melakukan tour di pulau ini. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal hingga sampai ke manca negara dan salah satu rangkaian acara Miss World tahun 2013  semua kontestan melakukan kunjungan ke Pura Besakih.



Pura Agung Besakih yaitu merupakan pura terbesar yang ada di Indonesia sangking besarnya pura ini mendapat sebutan sebagai ibunya dari pura di Bali, Pura Besakih terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Pura Besakih Bali terdiri dari 1 pusat Pura yang diberi nama Pura Penataran Agung Besakih dan terdapat 18 Pura pendamping yang berada di sekeliling dari Pura Penataran Agung Besakih. 1 buah Pura Basukian dan 17 pura lainnya.

Lokasi Pura Besakih ini berada di lereng Gunung Agung yang merupakan gunung berapi tipe stratovolcano  yaitu suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

Aku mendapat kesempatan berkunjung ke pura ini  pada tahun 2018 dimana sebelumnya pada Juli 2017 hingga awal tahun 2018 gunung ini sempat meletus hingga ribuan mengungsi akan tetapi alhamdulillah tidak terjadi letusan yang hebat.

Bisa mengunjungi salah satu tempat ibadah umat Hindu yang terbesar ini adalah pengalaman yang tak terlupakan. Hal yang perlu di perhatikan bagi pengunjung baik itu wisatawan domestik atau manca negara adalah kita harus mematuhi tata tertib ketika berada di sana salah satunya menggunakan kamen dan kain yang diikat di pinggang bagi wanita dan untuk pria menggunakan kamen dan udeng.

Selain itu kita harus mematuhi informasi yang tertera di papan yang di pasang di sekitar  anak tangga. Ada beberapa tempat yang kita sebagai wisatawan tidak di izinkan masuk karena di khususkan untuk umat Hindu saja yang melakukan persembahyangan. Karena sejatinya kita sedang berkunjung ke tempat ibadah saudara kita yang beragama Hindu sehingga terkhusus bagi wisatawan kita harus menjaga tata tertib untuk mejaga hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 100katabercerita #30hariAISEIbercerita #AISEIWritingChallenge #warisanAISEI #pendidikbercerita #Day5AISEIWritingChallenge

 

 

Posting Komentar

29 Komentar

  1. Hebat Bu Rita..saya mah masih bermimpi pingin kesana...he he semoga mimpi saya juga bisa jadi nyata ya Bu...

    BalasHapus
  2. Mantul ibu.. Jadi tau pura besakih meskipun hanya cerita.. Menambah ilmu.. Mantap

    BalasHapus
  3. Saya kesana tahun 1984 saat masih kuliah di S1 yang saya ingat ada orang jual salak bali tapi timbangannya kacau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tahun itu bisa dibayangkan masih sangat asti banget

      Hapus
  4. Klo ada yg kesana...
    Boleh lah sy diajak, biar bisa bkn tulisan ttg Bali... Hr... He... He...

    BalasHapus
  5. Ayok setelah pandemi main ksna lagi

    BalasHapus
  6. Saya jadi ingin ke Bali lagi baca postingan Ibu yang ini. Salam dari Tangerang ya Ibu.. .

    BalasHapus
  7. Joss..bu rita...sambil promosi wisata di indonesia...nambah wawasan...pengethuan akn pura besakih...

    BalasHapus
  8. Mntapp Ibu Rita udh jdii warga Bali, eehhh..pinter ibunya,..so good. Saya bertrimkasih pd ibu sbg warga Bali, yg tlh mmoublikasikn Bali dlm goresan.ibu..yg cetarrrr.

    BalasHapus
  9. Mantap Bunda Rita...
    Ayo Cop Dar. Di Bali..
    Hatur Nuhun Bunda

    BalasHapus
  10. Mantap,saya belum pernah ke Bali,kapan ya? Kepingin sih.

    BalasHapus
  11. Mantap Bu. Februari kmrn sy ke Bali tetapi tdk ke besakih

    BalasHapus
  12. Hebat Mba Rita sudah sampe sanaaa... smg aku jg bisa mampir sanaa nihh

    BalasHapus