/> Cara Menggunakan Mailmerge pada Ms Word

Cara Menggunakan Mailmerge pada Ms Word

 

CARA MENGGUNAKAN MAIL MERGE PADA MS.WORD 

           


            Mail merge adalah suatu cara untuk menggabungkan surat, amplop, dan naskah lainnya. Mail merge juga sering di sebut dengan surat masal yaitu satu surat tapi ditujukan untuk banyak orang.

            Misalkan kita ingin membuat surat undangan atau sertifikat yang di tujukan kebanyak siswa/orang agar surat tersebut tidak di buat satu per satu maka kita bisa menggunakan menu Mail merge pada Ms.Word.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

·         Kita bisa menyediakan naskah terlebih dahulu/atau membuat mail merge terlebih dahulu. Di sini saya menyediakan naskahnya terlebih dahulu.

·         Kemudian kita pilih menu Mailings – Start Mail Merge-Step by step mail merge wizard.

·   Maka menu mail merge akan tampil pada posisi kanan naskah pilih Letters-Next-pilih option Use the current document-next-type a new list – Create.

·    Pilih Customize Columns – Untuk menambah nama data kita tinggal klik add atau rename dengan data yang ada di sesuaikan dengan keperluan merge kita.

·      Klik new entry untuk memasukan sejumlah data pendukung kita misalkan nama, kelas.

·   Setelah selesai klik OK maka kita akan di arahkan untuk menyimpan database kita.

·         Setelah tersimpan kita kembali ke naskah utama yang telah kita sediakan.

·   Posisikan kursor pada tempat yang sesuai kemudian kita klik insert merge field klik data nama pada kursor di nama, lakukan hal yang sama dengan data lainnya.

·         Untuk melihat hasilya klik Preview Result.

·    Maka hasil akan terlihat untuk menuju ke data berikutnya tinggal klik next dan data sebelumnya tinggal klik preview.

 

 

 

 Demikianlah cara menggunakan mail merge untuk memudahkan kita dalam membuat surat dalam jumlah yang banyak dengan nama yang berbeda. Selamat mencoba!

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tayanga youtube di bawah ini!


#Day2NovAISEIWritingChallenge

Posting Komentar

16 Komentar