Setiap memasuki tahun
pelajaran baru di sekolah kami selain menyediakan Panitia Penerima Peserta
Didik Baru masuk dari SD ke SMP juga menyediakan Panitia Penerima Peserta Didik
Baru keluar dari SMP ke SMA.
Tiga tahun belakangan
ini saya menangani PPDB keluar dari SMP ke SMA. Hal tersebut karena sistem
penerimaan siswa telah berubah dari offline ke online yang ditangani oleh
Provinsi.
Tahun Pelajaran 2021/2022 sisten PPDB keluar untuk Provinsi Bali melalui web https://bali.siap-ppdb.com/
Sistem Pendaftaran
dibagi menjadi 3 tahap yaitu :
- Jalur afirmasi, inklusi, prestasi dan tugas orang tua (14 Juni s/d 16 Juni 2021)
- Jalur Zonasi (21 Juni s/d 23 Juni 2021)
- Jalur nilai rapor (28 Juni s/d 30 Juni 2021)
Tutorial Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi Jenjang SMA Provinsi Bali Tahun 2021
Tutorial Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi Jenjang SMA Provinsi Bali Tahun 2021
Tutorial Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi Jenjang SMA Provinsi Bali Tahun 2021
Tutorial Pendaftaran PPDB Jalur Nilai Rapor Jenjang SMA Provinsi Bali Tahun 2021
Hari ini adalah
pendaftaran melalui jalur zonasi. Untuk hari ini ada sekitar 30 siswa yang
meminta bantuan sekolah dan masih terus berlanjut hingga hari Rabu tanggal 23
Juni lusa.
Hal ini menunjukkan hampir sebagian besar siswa kami yang telah lulus tahun 2021 sudah mampu mendaftar secara mandiri.
Tersedianya
Panitia PDDB dari SMP ke SMA sangat membantu siswa terkhusus siswa yang sulit
dengan sinyal maupun yang masih bingung dengan cara mendaftar.
Untuk kedepan sekolah akan terus meningkatkan pelayanan bagi siswa agar siswa dapat melanjutkan ke sekolah hingga diharapkan tidak ada lagi siswa yang tidak melanjutkan pendidikan hingga ke SMA, karena Pemerintah telah menyediakan beberapa alternatif jalur pendaftaran siswa mulai dari afirmasi, prestasi, perpindahan orang tua maupun zonasi.
Setelah berhasil mendaftar siswa sebaiknya sering mengecek halaman web PPDB untuk mengetahui apakah pendaftaran yang dilakukan telah diverifikasi atau ditolak.
Jika ditolak siswa tidak perlu bersedih hati karena penolakan dari panitia biasanya terkait dengan berkas yang tidak sesuai ataupun berkas seperti akta, KK dll diminta scan yang asli bukan scan fotocopy.
Untuk mengecek apakah siswa diterima atau tidak bisa dicek dengan cara berikut:
CARA 1.
1. Buka
situs web bali.siap-ppdb.com
2.
Pilih jenjang sekolah yg ingin dilihat hasilnya
3.
Pilih jalur yang ingin dilihat hasilnya
4.
Pilih menu seleksi
5.
Pilih Sekolah
6.
Pilih data lengkap untuk melihat hasil seleksi lengkap
7.
Untuk jenjang SMK silahkan pilih kompetensi dimana melakukan pendaftaran
CARA 2.
1. Buka
situs web bali.siap-ppdb.com
2. Klik
tombol Cari di bagian sudut kanan atas laman web.
3.
Masukkan nomor pendaftaran/NISN
4.
Pilih tombol Lihat Detail Pendaftaran pada bagian Nomor Pendaftaran.
5.
Silahkan cek status pendaftaran
2 Komentar
Imformatif sekali, mantuul.
BalasHapusMantap Bu. Di madrasah kami masih mandiri masing-masing.
BalasHapus