Meriahkan Idul Adha 1442H di Masa Pandemi

Meriahkan Idul Adha 1442H di Masa Pandemi  dengan Puasa Arafah dan 25 Twibbon Menarik



Hari Arafah

Hari Arafah adalah hari yang sangat istimewa. Pada hari ini jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di arafah mulai dari terbenamnya matahari tanggal 9 Dzulhijjah sampai fajar terbit 10 Dzulhijjah.

 

Idul Adha sudah di depan mata. Pada hari ini Selasa, 19 Juli 2021 merupakan tanggal 9 Dzulhijjah, hari yang sangat dianjurkan untuk puasa sunah Arafah bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji.

 

Keutamaan Puasa Arafah

Seperti yang kita ketahui puasa Arafah memiliki keutamaan antara lain yaitu:

  • Pahala puasa sunah Arafah sungguh luar biasa dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. (HR.Muslim no.1162).
  • Sebaik-baik do’a adalah do’a hari Arafah -9 Dzulhijjah-.  

Dari ‘Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

Ł…َŲ§ Ł…ِŁ†ْ ŁŠَŁˆْŁ…ٍ Ų£َŁƒْŲ«َŲ±َ Ł…ِŁ†ْ Ų£َŁ†ْ ŁŠُŲ¹ْŲŖِŁ‚َ Ų§Ł„Ł„َّŁ‡ُ ŁِŁŠŁ‡ِ Ų¹َŲØْŲÆًŲ§ Ł…ِŁ†َ Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų±ِ Ł…ِŁ†ْ ŁŠَŁˆْŁ…ِ Ų¹َŲ±َŁَŲ©َ ŁˆَŲ„ِŁ†َّŁ‡ُ Ł„َŁŠَŲÆْŁ†ُŁˆ Ų«ُŁ…َّ ŁŠُŲØَŲ§Ł‡ِŁ‰ ŲØِŁ‡ِŁ…ُ Ų§Ł„ْŁ…َŁ„Ų§َŲ¦ِŁƒَŲ©َ ŁَŁŠَŁ‚ُŁˆŁ„ُ Ł…َŲ§ Ų£َŲ±َŲ§ŲÆَ Ł‡َŲ¤ُŁ„Ų§َŲ”ِ

 

Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348).

 

Akan tetapi tahun ini umat Islam kembali lagi bersedih, karena keberangkatan jamaah haji kembali ditiadakan. Padahal antrian terus bertambah. Bisa kita lihat pada tabel di bawah ini masa tunggu pemberangkatan 10-30 tahun. Untuk Provinsi Bali masa tunggu keberangkatan haji sekitar 25 tahun.




Bila dihitung secara kalkulasi jika baru mendaftar di usia 30 tahun saja untuk Provinsi Bali, maka akan berangkat pada usia 55 tahun.  Apalagi jika baru mendaftar pada usia 50 tahun.


Akan tetapi, manusia hanya bisa berencana, Allah lah yang menentukan.  Yang penting setiap niat yang baik telah dicatat sebagai amal kebaikan pula.

 

Ketentuan Idul Adha di Masa Pandemi

Berikut ini ketentuan Iduladha 1442H di Masa Pandemi

  


 
  Panduan Berkurban di Masa Pandemi



Itulah ketentuan tentang pelaksanaan Idudadha 1442 di Masa Pandemi.  Bagi umat muslim di manapun berada mari kita patuhi peraturan yang telah dibuat demi kemaslahatan bersama. 


 Twibbon Idul Adha 1442h

Bagi teman-teman  yang ingin ingin memeriahkan perayan Idul Adha 1442h berikut  link 25 twibbon menarik  yang dapat netizen gunakan.


Twibbon Idul Adha 1

Twibbon Idul Adha 2

Twibbon Idul Adha 3

Twibbon Idul Adha 4

Twibbon Idul Adha 5

Twibbon Idul Adha 6

Twibbon Idul Adha 7

Twibbon Idul Adha 8

Twibbon Idul Adha 9

Twibbon Idul Adha 10

Twibbon Idul Adha 11

Twibbon Idul Adha 12

Twibbon Idul Adha 13

Twibbon Idul Adha 14

Twibbon Idul Adha 15

Twibbon Idul Adha 16

Twibbon Idul Adha 17

Twibbon Idul Adha 18

Twibbon Idul Adha 19

Twibbon Idul Adha 20

Twibbon Idul Adha 21

Twibbon Idul Adha 22

Twibbon Idul Adha 23

Twibbon Idul Adha 24

Twibbon Idul Adha 25

 

Selamat hari raya Idul Adha 1442H, mohon maaf lahir batin semoga Allah memasukkan kita bersama golongan orang beriman dan bertakwa dan dapat mencontohi Nabi Ibrahim,as terhadap perintah Allah hingga rela mengorbankan putra yang sangat dicintainya. Begitu juga contoh teladan yang dapat kita contoh dari Nabi Ismail,as seorang anak yang soleh, patuh dan taat terhadap perintah Allah serta orang tuanya. 

 

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Makasih Bund Tuisan yang luar biasa mantab.Semoga kita bisa meneladani kesabaran Nabi Ibrahim As.

    BalasHapus
  2. Sedih sekali, semoga pandemi segera berlalu aamiin

    BalasHapus
  3. Tulisan yang amat berbobot. Terimakasih Bu....ada info haji...tatacara berkurban di tengah pandemi dan tak jslah menarik oleh-oleh apk. Twibbon idul adha. Salam Literasi

    BalasHapus
  4. Tulisan sarat gizi, paket komplit, salut Bu Rita.

    BalasHapus
  5. Tulisan yg informatif, berbobot. Mantuul Bu Rita..

    BalasHapus
  6. Lengkap sekali panduan idul Adha. Mulai dari sunah idul adha hingga twibbonnya.

    Untuk masa tunggu haji, emang sangat lama ya Bu. Mungkin banyak yang dua atau tiga kali haji juga sehingga membuat daftar tunggu semakin lama.

    BalasHapus
  7. Selamat hari Raya Idul Adha Bu Rita.

    Saya terlambat berkunjung,
    Ternyata banyak sekali twibone nya...

    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  8. Tulisan yang sangat bermanfaat, Bu. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  9. sedih bu... karena pandemi lebih lama lagi ya daftar tunggu keberangkatan haji... Ya Alloh mudah-mudahan diberi kesempatan untuk bisa menunaikan haji.. aamiin..

    BalasHapus