Belum Seribu Subscriber dan 4000 Jam Tayang Kok Ada Iklan

 
Belum Seribu Subscriber dan 4000 Jam Tayang Kok Ada Iklan di Youtube



Sudah dua hari ini saya sebenarnya sudah agak kaget ketika membuka chanel youtube, Loh kok ada iklan? Awalnya saya mengira paling salah klik link orang lain. Kemudian saya abaikan.

 

Hari ini karena kebetulan pembelajaran saya coba live streaming di youtube. Ketika sore hari saya ingin melihat tayangan di chanel saya kembali lagi kaget Loh kok ada iklan? Untuk meyakinkan itu saya kirim link siaran saya ke suami, anak dan teman-teman sekolah. Ternyata memang ada iklan.




 

Saya mulai senang, tapi juga berpikir. Ini gak mungkin subscriber saya baru saja 500 an orang belum memenuhi untuk tayangan iklan. Untuk jumlah tayang alhamdulillah sudah terpenuhi jika 4000 tapi kan salah satu syarat tidak terpenuhi seharusnya belum bisa ada iklan.

 

Ini yang membuat saya ragu di satu sisi sudah 4000 tayang lebih hanya saja belum 1000 subscriber dan satu lagi saya pernah klik monetize Cuma itu saja yang lainnya gak. Ditambah lagi tidak ada pemberitahuan dari adsense. Saya pun mulai menelusuri.




 

Penelusuran ditemukan ternyata Google sekarang memiliki hak untuk menayangkan iklan walaupun belum memenuhi persyaratan. Selain itu penyebab lain adalah jika kita menggunakan backsound dari lagu dari para penyanyi terkenal ataupun coveran maka iklan bisa muncul di chanel kita akan tetapi bayaran tersebut masuk kedalam hak yang memiliki lagu.

 

Saya mulai menelaah video chanel saya. Memang saya pernah mendownload 2 video yang menggunakan backsound  someday Michael Learn to Rock dan Cinta coveran lagu dari penyanyi Vina Pandu Winata.

 

Wah seketika saya langsung delete saja tayangan tersebut dari chanel saya. Jika hanya 2 video tersebut yang menyebabkan iklan muncul di chanel saya alangkah sangat disayangkannya uangnya masuk kedalam pemilik akun yang memiliki lagu tersebut.

 

Wah harus hati-hati juga ya karena berkaitan dengan hak cipta. Semoga ini jadi pelajaran jika ada kasus teman-teman yang belum memenuhi syarat akan tetapi ada iklan didalamnya jawabannya hanya 3, kita menggunakan backsound milik orang lain ataupun memang benar-benar wewenangnya Google ataupun karena memang sudah memenuhi syarat sudah 4000 tayang.


Harapan saya sih semoga karena alasan ketiga karena sudah terpenuhi jam tayang, hehehe pengennya gitu. Akan tetapi apapun itu tetap semangat untuk berbagi. Masalah adanya iklan karena terpenuhi jumlah subsrcriber dan jumlah jam tayang anggap saja bonus.

 

 

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Wah, nambah ilmu. Makasih Bun infonya

    BalasHapus
  2. Jika hanya 2 video tersebut yang menyebabkan iklan muncul di chanel saya alangkah sangat disayangkannya uangnya masuk kedalam pemilik akun yang memiliki lagu tersebut.

    Sebenarnya bukan sayang, 'kan memang haknya mereka. Ha ha ha ....

    BalasHapus
  3. Saya belum paham masalah ini. Cukup menyimak informasi yang keren ini.

    BalasHapus
  4. Benar juga sih, lebih bagus kita pakai produksi sendiri atau membuat backsound sendiri.

    BalasHapus
  5. Jadi pelajaran. Hehe. Keren juga masuk iklan, Bu. Meskipun..hehe...lha saya belum ada iklannya

    BalasHapus
  6. Wah dapat informasi yang baru. Terima kasih kadang tidak ngeh dengan hal-hal seperti ini.

    BalasHapus