Kolaborasi Mengajar Tatap Maya

 


Kamis, 30 September 2021 kembali lagi tanpa planning menjadi moderator dalam kegiatan Jembrana Mengajar. Akhir-akhir ini permintaan menjadi moderator semakin meningkat, tidak hanya tatap maya juga dalam kegiatan tatap muka, sperti pengajian.

 

Entahlah suatu hal yang tidak saya senangi sering sekali bertolak belakang menjadi suatu yang harus saya kerjakan. Berawal mengikuti kegiatan hanya sekadar belajar menjadi mengajar dan berkolaborasi.

 

Tadi siang, salah satu rekan guru Bahasa Inggris mendapat jadwal untuk tampil dalam kegiatan Program Jembrana Mengajar . Dalam program ini petugas pelaksana seperti host, pemateri dan moderator diserahkan kepada sekolang yang bertugas.

 

MGMP Bahasa Inggris di sekolah telah menentukan moderator. Akan tetapi sebelum acara berlangsung moderator yang dijadwalkan berhalangan hadir karena sakit.

 

Berbagai alternatif telah dilakukan agar moderator dan pemateri sesama MGMP dengan harapan apa yang pemateri ajarkan bisa nyambung dengan moderator.

 

Awalnya saya ditugaskan menjadi host, karena terjadi kekosongan pada moderator terpaksa saya mengambil alih tugas moderator dengam mencari peran pengganti saya untuk host.

 

Dua  jam sebelum acara berlangsung saya memberi pelatihan singkat kepada rekan guru sesame mapel Informatika untuk mempelajari bagaimana caranya menjadi host di Streamyard. Begitu juga dengan pemateri saya beri pelatihan singkat cara menggunakan aplikasi streamyard agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancer.

 

Tepat pukul 12.00 WITA kegiatan Program Jembrana Mengajar berlangsung dan saya sangat bersyukur dapat berjalan lancar. Walaupun terdapat beberapa kendala seperti suara yang memantul hal tersebut hanya kendala teknis speaker narsum, admin lupa dikecilkan.

 


Tepatlah apa yang dikatakan oleh pepatah “Ala bisa karena terbiasa.” Andai saya tidak terbiasa menjadi moderator, bisa jadi akan banyak kendala yang terjadi di dalam pelaksanaan tadi.

 

Walaupun ini pengalaman pertama bagi rekan saya baik itu sebagai pemateri dan host, berkat kolaborasi yang apik kegiatan mengajar tatap maya dapat berjalan lancar.

 

 

 

 

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mantap Bu. Ini contoh nyata kolaborasi dalam mengajar

    BalasHapus
  2. Bu Moderator sudah mempraktikkan kolaborasi dengan baik.

    BalasHapus
  3. Bagus, enak dibaca, tidak terlalu banyak isinya dalam satu paragraf.

    BalasHapus
  4. Ala biasa karena biasa.Sukses selalu Bu Rita

    BalasHapus
  5. Luar biasa ibu... sukses selalu ibu...

    BalasHapus