Menyalurkan Hobi di Platform Digital

 


Senin. 15 November 2021 saya mendapatkan kehormatan  dari Panitia (Guru Motivator Literasi Digital) GMLD  yang telah mengundang untuk menjadi narasumber. Sebenarnya saya mendapatkan jadwal tanggal 8 Desember 2021 akan tetapi karena narasumber berhalangan akhirnya saya yang menggantikan.


 Apa itu GMLD?

GMLD adalah Gerakan Motivator Guru Literasi yaitu suatu program yang bertujuan memotivasi guru agar aktif berliterasi.


Jumlah guru yang mendaftar dalam program GMLD sekitar 1.500 guru dari Sabang hingga Merauke wow amazing kan. Dalam group GMLD ini sebagian kecil sudah ada yang saya kenal memang sudah aktif dalam berliterasi bahkan karya-karyanya sudah banyak tapi masih ingin belajar saya angkat topi untuk Bpk/ibu yang selalu bersemangat belajar walaupun ilmunya sudah mumpuni.


 Warming Up

Kegiatan pendahuluan saya berikan warming up dengan memberikan pertanyaan What is your hobby? dengan menjawab melalui tautan https://www.menti.com/n5k43b66dn


Hobinya sangat menarik semua ada yang menulis, membaca, bernyanyi, kuliner, traveling dll. Jika hobi ini disalurkan melalui Platform Digital tentu akan sangat bermanfaat.


Manfaatkan Platform Digital Dengan Maximal

Yang hobi menulis bisa posting lewat blog, yang hobi membuat konten video bisa melalui youtube, Jika hobi membuat quote bisa di salurkan melalui medsos.



Tentu saja jika hobi kita salurkan dengan tepat dalam media digital hasilnya akan di luar dugaan contoh saja para youtuber yang berpenghasilan fantastis.


Apalagi kita sebagai guru jika banyak konten materi pelajaran yang kita buat tentu saja akan jauh lebih bermanfaat dan tentu saja menjadi ladang amal bagi kita yaitu ilmu yang bermanfaat.


Hasilnya pun akan diluar ekspetasi kita, begitulah yang saya alami mulai diundang menjadi  moderator nasional, narasumber nasional salah satunya  karena aktif membuat konten di blog dan youtube.


Kegiatan berlangsung selama 2 jam walaupun kegiatan hanya melalaui WA Group akan tetapi peserta cukup antusias terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk.


Sesi Tanya Jawab

P1. Nama : musyafa'

Alamat : Muntilan

Apakah perlu menulis di banyak blog? Bagaimana cara supaya produktif dan  mengatasi masalah membagi waktu dengan pekerjaan sementara menulis sendiri belum menjadi hobi?

Salut buat narasumber memperkaya literasi digital semua berawal dari hobi...

 

Terimakasih Pak Musyafa’,

1.       menulis tidak perlu di berbagai blog. Hanya saja Ketika kita sudah aktif menulis kita ingin mencoba suasana baru dengan membuat blog baru di platfom yang berbeda.

2.      Untuk masalah waktu hanya kita yang bisa mengaturnya, Semua tergantung pada niat saya yakin semua Bpk/ibu guru adalah orang-orang sibuk begitu juga dengan saya yang merangkap guru, operator Dapodik, ANBK, Kepala Lab dan sekarang mulai diundang sebagai narsum dan moderator.

3.      Perlahan-lahan Pak, mulailah menulis dari yang disenangi.

 

P.2 Sumintarsih dari Purwokerto

Assalamu'alaikum, izin bertanya.

1. Bagaimana Ibu Rita bisa menjalankan semua hobinya itu dalam keseharian dengan tetap menjalankan pekerjaan utamanya?

2. Di antara hobi Ibu, mana yg paling praktis prosesnya, tetapi  terlihat hasilnya juga bagus secara manfaat dan finansial

😊😊🙏

Terima kasih.

 

Walaikumussalam wr wb Bu Sumintarsih dari Purwokerto

1.       Awal saya menekuni hobi ini seperti kurang terkontrol waktu saya Bu, lebih banyak menghabiskan berjam-jam di depan laptop. Tapi makin ke sini saya ikuti suasana hati dan mood jika ingin menulis artikel saya tulis artikel, jika malas menulis Panjang saya menulis quote.

2.      Saya jalani semua tanpa memikirkan finansial sebelumnya bu. Karena kalau kita memikirkan finansial hasilnya akan beda. Untuk saat ini saya menikmati proses alhamdulillah perlahan-lahan buku saya sudah diterbirkan di penerbit mayor dan penerbit indie juga ada yang berminat.

3.      Yang paling praktis tergantung mood jika mood lagi senang buat konten youtube terlihat praktis.

 

P.3 Assalamu'alaikum Bu

Saya Mugiarni,SDN Daru lll, Kec.Jambe Kab.Tangerang izin bertanya Bu, saya suka uploud Vidio k YouTube...sering, tapi apakah Vidio yg sy buat itu akan bisa mjd bumerang buat diri sy sendiri? Mohon penjelasan. Sy kirim youtubenya y Bu..🙏

 

Walaikumussalam wr.wb Bu Mugiarni.

Tergantung konten yang kita buat bu. Jika materi pelajaran atau tutorial pembelajaran tentu saja banyak manfaatnya. Jika sekadar sharing pengalaman it’s fine urusan ada yang suka dan tidak wajar bu ya manusiawi. Nah yang jadi boomerang jika konten yang alay atau gak bermanfaat bu.

 

P.4 Nama : M.Chaerudin, S.Pd

Alamat : Parungpanjang Bogor

1. Bagaimana cara ibu mengatur waktu utk bisa menulis di falatform digital?

2. Apa saja yg dipersiapkan sebelum menulis

3. Bagaimana cara ibu mendapatkan ide utk menulis?

Terima kasih🙏

 

Terimakasih M.Chaerudin, S.Pd

1.       Cara saya mengatur waktu utamakan pekerjaan yang mendesak, Ketika pekerjaan utama sudah selesai di sela-sela waktu kosong saya manfaatkan untuk blog walking sehingga memiliki ide untuk menulis.

2.      Tidak ada persiapan khusus jika mau nulis Ketika ide dating langsung saya tuangkan sampai selesai tanpa editing. Setelah selesai baru saya edit.

3.      Cara mendapatkan ide banyak membaca tidak mesti membaca terkadang membaca status teman kita saja bisa dijadikan ide menulis.

 

P 5

naman: Miswan

asal Dki  Jakarta

Grup . GMLD4

Pernyataan.

Bgmn kiat agar HOBI kita terus bertambah dan berkembang dan tidk pernah surut.

2. bgmn asal muadsal ibu. bisa menjadi pemenang blog. dan  bisa menjdi pemenag blog tingkat nasonal

3 Apa program atau rencana ibu kedepan yg akan dilakukan tuk ke maslahatan insan indonesia.

4. Bgmn cara menemukan hobi pribadi yg belum ditemukan sampai saat iniquities

terima bu. semoga ibu ttp dalam kebaikan dan dalam lindunganNya. amiin yra

 

Terimakasih Pak Miswan

1.       Kiat agar hobi kita terus bertamnbah dan berkembang adalah tetaplah berada dalam komunitas yang memiliki hobi yang sama.

2.      Menjadi pemenang lomba blog sebuah proses tidak instan asal mau belajar dan belajar dari kegagalan.

3.      Saya tidak memiliki rencana yang muluk saat ini saya berada di banyak group menulis , blog dll saya akan berupaya mengisi materi jika ada yang memerlukan.

4.      Cara menemukan hobi pribadi saya berharap Bpk sendiri yang bisa menjawabnya. (Tanyakan dalam hati Bpk, What is my hobby??)

5.      Aamiin YRA

 

P 6

Asaalmualaikum

 Nama=  Sri  Wulandari, gmld2

Pertanyaan =    Bagaimana menyalurkan hobi kita yang beragam begitu bunda.

Contoh akun youtube"kan kita harus pilih nich 1 tema...kalo buat hobi yng lain2 yng kita punya lagi  bGaimana itu bunda Rita, perlukah punya akun ganda, apa dicampur saja  mohon solusinya.

Trimakasih

 

 

Walaikumussalam wr.wb Bu Sri  Wulandari

Untuk pemula memang biasanya idenya masih beragam bun. Memang lebih baik satu tema missal kuliner khusus kuliner. Jika ibu mau membuat lebih dari 1 akun bisa saja kembali kepada si pembuat konten.

 

P 7

Assalamu'alaikum

Sy Anita dari Bekasi.

Saya orang yg suka belajar. Ada pelatihan ini itu maunya diikuti. Menulis, TIK, membuat kreasi,  channel youtube pun ada. apa saja mau diikuti. Menurut ibu apakah semua harus saya ikuti atau harus ada yg jadi prioritas mengingat tugas utama mengajar. Supaya hasilnya maksimal.

Terima kasih 🙏🏻

 

Walaikumussalam wr wb Bu Anita

Alhamdulillah jika ibu tipe long life learner. Pertanyaan ini hanya Bu Anita yang bisa menjawab. Jika saya akan memilih prioritas yang saya senangi dengan begitu tidak menjadi beban Ketika menjalani. Contoh saya hoby menulis di blog saya memiliki komunitas sekitar 20 an. Ketika ada tantangan menulis dari masing-masing komunitas saya akan laksanakan karena sudah sesuai dengan hobi saya jadi tidak merasa terbebani.

 

*Fokus akan membuahkan hasil yang maksimal*

 

P 8

Frans Fernandez Praya Lombok Tengah bertanya:

1. Kira-kira apa saja tantangan dan hambatan yang ibu alami saat mulai menulis dan apa solusi yang ibu lakukan dan tawarkan kepada kami.

Contohnya saya, ketika semangat mau menulis, terasa kurang perhatian ke keluarga.

Dapat mood tapi ada aktivitas lainnya. 

2. Bagi pemula seperti saya, ingin aktif di blog dan YouTube namun kendalanya belum bis membuat yang menarik.  Saran ibu?

 

Terimakasih atas pertanyaan menarik Pak Frans Fernandez Praya Lombok Tengah

1.       Tantangan saat menulis adalah ide (jadi perbanyak baca buku, baca alam, blog walking)

Harus ada dukungan keluarga Ketika ide itu dating tuangkanlah bisa dalam catatan di hp, buku atau langsung menulis di laptop.

2.      Semua berproses, nikmati prosesnya Pak. Jika konsisten pasti akan banyak perubahan baik secara kualias tulisan, tampilan, layout dll

 

 

 

 

 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Terimakasih Bu Rita untuk sharingnya. Alhamdulikah aku bisa gabung.

    BalasHapus
  2. Terima kasih, Bu guru hebat atas materi yang luar biasa keren ini. Bersyukur mendapat kesempatan mendampingi Ibu dalam menyampaikan materi. Berharap keciprat harumnya minyak wangi.

    BalasHapus
  3. Terimakasih ilmunya Bu Rita
    Sehat selalu Bu

    BalasHapus