Semangat Pembelajaran Tatap Muka Penuh



Setelah dua tahun bergelut dengan pandemi Covid-19 yang beraneka varian seperti ice cream membuat kegiatan belajar-mengajar pun mengalami banyak perubahan. Istilah Pebelajaran Jarak Jauh (PJJ), Belajar Dari Rumah (BDR). Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dan Pembelajaran Tatap Muka Penuh (PTMP) menghiasi jagat pendidikan di Indonesia.

 

Setelah melakukan uji coba PTMT sejak bulan September 2021 akhirnya Pemerintah  Kabupaten Jembrana berdasarkan SK Bupati Jembrana Nomor 559/ Dikpora/2021 dengan menimbangkan Keputusan SKB 4 menteri yaitu: Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/Menkes/6678/2021 dan Nomor 443-5847 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Maka Kabupaten Jembrana sejak 12 Januari 2022 melakukan pembelajaran penuh.

 

Sehari sebelum melaksanakan pembelajaran penuh sekolah telah melakukan sosialisasi kepada siswa dan orang tua agar tetap memperhatikan protokol kesehatan selama melakukan aktivitas pembelajaran.

  1. Hal-hal yang menjadi perhatian dan selalu diingatkan yaitu :
  2. Pengecekkan suhu badan sebelum masuk ke area sekolah.
  3. Penggunaan masker.
  4.  Jaga jarak.

4.     Selalu cuci tangan atau menggunakan handsanitizer setelah memegang alat yang digunakan secara bersama.

Selain hal perhatian untuk siswa sekolah juga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.     Penyediaan masker cadangan min 60% dari jumlah warga sekolah.

2.     Sekolah mendaftar barcode Peduli Lindungi dan ditempatkan di pintu utama.

3.     Jumlah wasthtafel yang harus dipenuhi 1 kelas 1 tempat cuci tangan.

4.     Memastikan seluruh warga sekolah telah divaksin dosis 1 dan 2.

 

Tentu saja pembelajaran penuh ini disambut SEMANGAT oleh seluruh warga sekolah. Tanpa terkecuali siswa-siswi yang akan mendapatkan pembelajaran Informatika.



Ekspresi kebahagiaan mereka terpancar terkhusus mata pelajaran yang banyak praktiknya seperti Mapel Informatika karena mereka akan belajar komputer dengan durasi yang lebih panjang. Dimana pada saat PTMT durasi hanya 30 menit kini menjadi 60 menit.

Harapan saya semoga pandemi segera berakhir. Sehingga aktivitas sekolah yang biasa dilakukan dapat terlaksana baik yang wajib maupun ekstrakurikuler.



Posting Komentar

5 Komentar

  1. Aamiin .. semangat sukses untuk pembrlajaran di semester dua ini semoga pembelajaran tatap muka sudah bisa 100%. Waah blog Bu Rita kereen .

    BalasHapus
  2. Yang paling susah di sekolahku adalah jaga jarak. mereka maunya ngumpul ngobrol. Semoga anak-anak di Bali gak kaya gitu ya,tetap sehat ya Bu

    BalasHapus
  3. Yang penting pakai masker, sudah bisa berkumpul dalam satu pembelajaran tatap muka.

    BalasHapus
  4. Semangat PTM 100%. Betapa senangnya, semoga sehat selalu.

    BalasHapus