IndiHome You are My First Hero Menjadikan Aktivitasku Tanpa Batas




Hari ini saya benar-benar bingung,  gak punya ide mau ngapain. Tidak seperti hari biasanya yang selalu punya ide untuk menulis di blog ataupun membuat video untuk diupload di channel youtube. Hingga sore hari, berlalu tanpa berkarya, malahan menghabiskan waktu melihat Instagram dan Tiktok mengenai invasi  Rusia ke  Ukraina yang lagi viral. Untung saja pake IndiHome jika tidak berapa banyak pitih alias uang yang harus dikeluarkan. 


Bahas sedikit ya permasalahan Rusia dan Ukraina menurut sumber dari www.bbc.com Putin mengklaim tujuannya adalah melindungi orang yang menghadapi tekanan dan genosida dan ia bertujuan melakukan "demiliterisasi" dan "mematahkan Nazi" di Ukraina. Selain itu Putin juga mengeklaim Ukriana adalah boneka Barat dan tidak pernah menjadi sebuah negara yang layak dan mendesak Barat untuk memberi jaminan bahwa Ukraina tidak akan bergabung dengan NATO.


Pada sore hari sehabis Salat Asar pukul 16.30 WITA saya membuka WA Group para blogger, kebetulan saya menjadi salah satu admin di sana. Saat saya buka 2 orang teman menge-share blog mereka. Kebetulan lagi tertarik untuk Blog Walking  (BW) ternyata isinya tentang IndiHome  dan saya yakin  pasti ada lomba blog yang berkaitan dengan IndiHome dan langsung deh mencari sumber informasi di instagram. Benar saja ada lomba blog IndiHome Jatimbalinusra.


Awalnya saya ragu antara mau ikut lomba atau tidak. Karena waktu yang sangat mepet tapi karena pengalaman saya dengan IndiHome ibarat sendal dan kaki yang tidak terpisahkan  selalu bersama dengan gercep buka laptop menulis mengalir seperti air sungai.


IndiHome You are My First Hero 

Tahun 2010 saya Long Distance Relationship (LDR) dengan suami. Pada saat LDR, sebelum mengenal IndiHome kami jarang menggunakan internet karena cukup mahal. Biasanya hanya lewat pesan text. Lama LDR an sehingga sudah merasa bosan jauhan akhirnya 2014 suami mulai berani resign dari pekerjaannya dan ingin berkumpul bersama keluarga kecil kami.

Dari situlah suami mulai mencari usaha apa yang harus dikerjakan di tempat baru ini. Tahun 2015 mulailah suami memasang IndiHome dan membuka bisnis online.


Baca juga kisah kami pada saat LDR.


Nah dari tahun itulah kami mulai mengenal IndiHome dan merasakan manfaatnya sehingga usaha online suami berjalan dengan baik karena bisa di akses dengan cepat dan menjadikan Aktivitas Tanpa Batas terutama mengupload gambar barang yang akan dijual yang jumlahnya ribuan.

 

Menyarankan Sekolah Menggunakan IndiHome

 
Kegiatan Sekolah dengan menggunakan IndiHome/ Foto: Rita Wati

Sebagai guru Informatika yang merangkap menjadi Operator Sekolah (OPS), Kepala Lab Komputer dan Proktor Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) kebutuhan internet unlimited sangat saya perlukan demi kelancaran proses belajar-mengajar dan semua kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan sekolah. Sebelum pandemi kebutuhan internet sudah sangat diperlukan karena hampir semua laporan BOS, Dapodik dan lainnya  harus dikirim secara online.

 

Pada saat sekolah ingin memasang jaringan internet Kepala Sekolah menanyakan kepada saya untuk memberikan masukan akses internet apa yang dapat menunjang untuk kegiatan sekolah. Saat itu saya melakukan survey lewat google IndiHome adalah provider yang sangat banyak digunakan di Indonesia dan hampir sebagian besar para konsumen merasa puas pantas saja mendapat julukan Indihome Internetnya Indonesia. Akhirnya sekolah pun memasang IndiHome untuk kebutuhan internet sekolah.

 

Benar saja selama menggunakan IndiHome saya, rekan guru dan siswa merasakan sangat puas karena internet yang bersahabat, tidak terganggu sinyal dan ketika mengirim laporan dan proses belajar-mengajar online dan  sinkronisasi Dapodik juga berjalan cukup lancar.


Apa Itu IndiHome?

Sebagian masyarakat awam pasti masih ada yang bingung, apa itu IndiHome? IndiHome adalah Layanan digital yang menyediakan Internet Rumah, Telepon Rumah dan TV Interaktif (IndiHome TV) dengan beragam pilihan paket. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik bagi masyarakat. (sumber: https://www.indihome.co.id/)

 

Mengapa kita harus menggunakan IndiHome? Menurut saya ada 5 alasan mengapa IndiHome menjadi pilihan utama sebagai provider internet yaitu:

 

1. Akses Cepat, Harga Terjangkau

Pilihan Paket IndiHome-sumber: https://www.indihome.co.id/

Pada saat pandemi semua kegiatan pembelajaran dilakukan dari jarak jauh dengan kegiatan Daring (Dalam Jaringan). Selama Daring akses internet IndiHome masih bersahabat sehingga  kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan lancar terutama pada saat zoom meeting,  meng-upload video pembelajaran di Youtube, maupun video-vedeo lomba dapat terkirim dengan cepat. Dengan biaya kurang dari satu juta dengan memilih akses kecepatan 100 Mbps yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah tentu saja dapat mengirit pengeluaran internet sekolah. 

Begitu juga dengan IndiHome Mbois yang memberikan banyak kenyamanan seperti internet cepat, harga terjangkau, fasilitas hiburan tambahan, sinyal lebih kuat dan perlindungan ekstra yang membuat IndiHome semakin menjadi idaman.

 
2.  Tidak Ragu Melaksanakan ANBK dengan IndiHome


Dokumentasi Kegiatan ANBK di SMPN 2 Mendoyo


Tahun 2021 kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan di sekolah dengan memilih full online. Pada saat itu ada sedikit kekhawatiran takut siswa tidak maksimal melaksanakan ANBK karena gangguan internet.  Akhirnya saya melakukan survei ke beberapa sekolah, hampir sebagian sekolah menggunakan internet yang pengeluarannya jauh dari IndiHome. Akan tetapi dengan keyakinan karena sudah merasakan internet sehari-hari tidak ada masalah dengan IndiHome sehingga sekolah tetap memutuskan menggunakan IndiHome pada saat pelaksanaan ANBK dan terbukti tidak ada masalah dan berjalan cukup lancar pada saat pelaksanaan ANBK tahun 2021 kemarin baik secara mandiri maupun ditumpangi oleh sekolah SD.


  3.  Respon Cepat Ketika Ada Gangguan Internet.

Saat ini keperluan internet dimanapun terutama di lingkungan sekolah sangat-sangat dibutuhkan. Sehingga apabila terjadi kendala atau gangguan internet sebentar saja akan mempengaruhi pekerjaan. Gangguan internet seperti gangguan alam yang menyebabkan internet mati, kabel putus dan lainnya ketika itu hal itu terjadi kita tinggal melakukan pengaduan gangguan ke nomor 147 tidak berapa lama petugas lapangan IndiHome langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan.

 

4.  Daring Tidak Garing Bersama IndiHome

Kebayang gak sih ketika daring lewat zoom suara putus-putus dan apesnya sampai terlempar dari zoom jika kita sebagai guru ataupun narasumber pada saat zoom meet gimana respon partisipannya? Tentu saja tidak nyaman dan membuat siswa ataupun peserta zoom menjadi kurang antusias bahkan tidak tertarik untuk mengikuti pelajaran ataupun webinar kita. Pengalaman ini juga saya rasakan karena sinyal yang putus-putus sehingga siswa tidak mengerti apa yang telah saya jelaskan. IndiHome saat ini sangat mendukung sekali pekerjaan saya sebagai seorang guru yang merangkap Operator dan sejak pandemi sering juga diundang sebagai narasumber.


Kegiatan belajar daring dan webinar


5. IndiHome Tersedia Hingga Pelosok Negeri

Setiap pulang ke kampung permasalahan utama kami adalah masalah sinyal internet yang tidak bersahabat. Tapi sekarang ini saya benar-benar tidak menyangka, ketika pulang kampung di Ngawi mengunjungi mertua yang tinggal di lereng Gunung Lawu ada tetangga yang sudah memasang IndiHome dan bahkan melakukan bisnis online. Melihat kondisi tersebut saat ini saya dan suami juga mulai tidak ragu lagi untuk pulang kampung lebih lama pada saat liburan karena suami tetap bisa melakukan bisnis online dan saya juga bisa melakukan pekerjaan sekolah secara Daring.

  

7 Kelebihan IndiHome-Inffografis oleh Rita Wati

Kebutuhan internet tentu saja tidak hanya dibutuhkan di lingkungan sekolah, saat ini semua orang memerlukan akses internet. Masa pandemi kebutuhan internet jauh melesat meningkat selain pembelajaran Daring , lomba-lomba Daring dan tentu saja, UMKM bisnis-bisnis online, ojek online dan semua lini memerlukan internet.

 

Selain di sekolah di rumah juga saya menggunakan IndiHome untuk keperluan bisnis suami, sekolah anak dan tentu saja saya sebagai guru. Dampak dari pandemi membuat guru lebih kreatif dalam mengajar terutama membuat media pembelajaran yang bisa dilihat secara online sehingga selama pandemi ini hampir 100 video yang berkaitan dengan tutorial, Dapodik dan kepenulisan yang saya upload di youtube semua itu berkat jasa menggunakan IndiHome

Dan tidak kalah menarik dapat meraih prestasi Guru Inspiratif Kemendikbud 2021 berkat aktif menulis materi pelajaran lewat blog dan youtube dan tentu saja semua itu berkat IndiHome internet yang bersahabat.

Baca juga kumpulan materi pelajaran Informatika


Materi Informatika Mailmerge yang di upload ke Youtube

Tutorial Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar

Berikut kumpulan video tutorial yang berkaitan dengan pendidikan.


Emak Milenial Cari Menu di Youtube dan sosmed berkat IndiHome Mbois

Hasil explore menu di sosmed dan youtube - foto: Rita Wati


Ayo! ngaku siapa yang cari menu di sosmed dan youtube. Selain sebagai guru, juga profesi yang sangat melekat bagi wanita yaitu pekerjaan rumah tangga salah satunya memasak. Nah sebagai emak-emak milenial kalau masak tanpa lihat youtube dan sosmed kurang sreg ya karena pengen mengeksplore menu baru. Alhamdulillah bersyukur sekali di rumah menggunakan IndiHome jadi tinggal klik saja menu apa saja sudah bisa dilihat dari bahan hingga proses memasaknya.


Terimakasih buat IndiHome semoga terus meningkatkan pelayanan sehingga pelanggan tidak berpindah ke lain hati. 



Penulis :Rita Wati

Referensi :

IndiHome.co.id, Apa Itu Indihome? di akses pada tanggal 28 Pebruari 2022.

bbc.com, Mengapa Rusia menyerbu Ukraina dan apa yang diinginkan Putin dengan meluncurkan 'operasi militer khusus'? di akses pada tanggal 28 Pebruari 2022.

*)Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba IndiHome JBN Periode Pebruari 2022



Posting Komentar

14 Komentar

  1. Bingung saja busa memberikan info yang luar biasa..saya.mengamininya. Alhamdulillah berka6 indiehome pekerjaan lancar

    BalasHapus
  2. Saya aeh pwenah pakai indihome karena lamabta saya pindah ke profider lain yg lebih cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa tambah kecepatan Mbpsnya Om

      Hapus
  3. Informasi yang luar biasa , informasi ini menambah wawasan saya tentang Indihome.
    Saya sangat bersyukur dirumah sudah menggunakan Indihome sehingga dalam pembelajaran daring saat ini tetap dapat berjalan lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mela, memang IndiHome cukup membantu pekerjaan kita yang memerlukan akses internet

      Hapus
  4. "Indihome You Are My Firs Hero" dri judul saja sudah trgambarkan penjelasan di dalamnya
    Pasti sangat menarik. Ya begitulah si Hebat guru Inspiratif ini
    Saking hebatnya menulis bisa menyambungkan dri Topik Indihome ke LDRan
    Dengan suami tercinta, bahkan mengaitkan dengan pembritaan yang sedang
    Hangat2nya diperbincangkan saat ini. Saya stuju dengan bbrapa tulisan ibu d artikel
    Ini memang benar Menggunakan internet yang bersahabat seperti Indihome dapat
    Mempermudah kegiatann kita.

    BalasHapus
  5. benar bu saya merasakan kalau tidak pakai indihome pasti pengeluaran beli paket membengkak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, semangat belajar walau dari rumah ya

      Hapus
  6. Seru dan lancar ya Bu kegiatan kalau internet lancar. dan IndiHome terpercaya sebagai Internetnya Indonesia....

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali Pak sudah hampir 7 tahun mengggunakan IndiHome

      Hapus
  7. Makasi buk informasi nya memang benar Indihome jaringannya ebih kuat dan pastinya hemat dan bisa di pakai banyak orang

    BalasHapus