/> Tips Ketika Bukumu di Tolak di Penerbit Mayor Ala Omjay

Tips Ketika Bukumu di Tolak di Penerbit Mayor Ala Omjay




     Nara sumber hari ini Jumat 15 Mei 2020 seharusnya  diiisi oleh Pak Edi Arham , karena berhalangan hadir ada rapat mendadak, maka siang ini omjay admin group WA Belajar Menulis ini yang langsung menjadi nara sumbernya, dengan tema Ketika Bukumu diTolak Penerbit Mayor. Apa yang anda rasakan jika buku yang anda tawarkan ke penerbit ditolak? sudah pasti sedih bukan , Omjay guru bloger Indonesia ini juga pernah merasakannya. Ibarat pepatah “makan tak kenyang, tidurpun tak nyenyak”, “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati”, kata omjay, akan tetapi apakah beliau menyerah sampai disitu, jawabannya tentu tidak karena jika beliau menyerah pada saat itu maka , kita tidak akan pernah mengenal siapa itu Omjay. Hingga saat ini beliau telah menerbitkan puluhan buku , baik itu buku pelajaran, motivasi menulis dll.
Rasa kecewa, sakit hati, tidak percaya diri ketika tulisan kita ditolak oleh penerbit itu wajar , pertanyaan-pertanyaan muncul dikepala kita, apakah tulisan kita jelek, tidak berkualitas dan sebagainya, nah untuk mengatasi itu semua kali ini omjay berbagi tips  tentang “jika tulisanmu ditolak dipenerbit mayor” apa yang kamu lakukan.
1.   Pantang menyerah , ketika buku kita ditolak para penerbit mayor jangan sekali-kali berputus asa, terimalah dengan lapang dada, dengan senyuman walaupun pahit, ibarat obat terasa pahit diawal akan tetapi bisa menyembuhkan.
2.     Lekas bangkit dan cari akal, jangan sekali-kali ketika buku kita ditolak, kita merasa bahwa menulis itu bukan bakat kita, atau kita tidak layak menjadi penulis, akan tetapi carilah akal bagaimana caranya agar tulisan kita bisa diterima, dengan cara berlatih dan terus berlatih menulis, minta masukan dari teman-teman yang membacanya, sehingga masukan-masukan itu bisa berguna untuk memperbaiki tulisan kita.
3.      Jangan mengeluh, jadilah guru yang tangguh dan berhati cahaya
4.  Gembirakan dirimu dengan terus belajar kepada orang-orang yang telah sukses menerbitkan bukunya.
 Dari tips diatas yang omjay lakukan hasilnya buku beliau menjadi lebih baik dari sebelumnya dan lebih enak untuk dibaca. Sakit hatinya terobati omjay mengibarat seorang mahasiswa S1 yang skripsinya dipermak habis sama dosen pembimbingnya. Ibarat mahasiswa S2 yang tesisnya ditolak promotornya dan ibarat mahasiswa S3 yang ditolak proposal desertasinya. Omjay pergi ke toko buku dan membaca buku-buku best seller. Dari sanalah ia akhirnya tahu rahasia buku mereka laris dibaca pembaca. Saat itu omjay semakin menggebu-gebu semangatnya,  Ibarat perahu yang sudah berlayar tentu pantang untuk kembali ke pelabuhan. Jalan terus sampai tujuan walaupun akan banyak ombak besar menghadang.
Tidak ada nahkoda ulung yang tidak melalui lautan yang berombak ganas. Justru disitulah keahliannya teruji. Ketika bukumu ditolak penerbit, teruslah menulis dan jangan berhenti menulis. Ketika engkau terus menulis, maka tulisanmu akan semakin tajam dan nendang. Pasti tulisanmu akan layak jual. Pasti tulisanmu akan banyak dibaca orang. Kuncinya satu mau belajar dan pantang menyerah perbaiki dan terus perbaiki sehingga penerbit mayor mau menerbitkan bukumu tanpa kamu keluar uang satu senpun. Kamupun tersenyum ketika royalti bukumu mencapai angka yang fantastis. Puluhan bahkan ratusan juta rupiah kamu dapatkan bila bukumu laku keras. Seperti royalty buku yang ia terima saat ini.
Akhirnya omjay sangat berterima kasih kepada para penerbit yang sudah menolak bukunya, dengan begitu buku yang ia susun menjadi layak jual. Coba kalau seandainya naskah bukunya langsung diterima, pasti banyak yang tidak laku karena isinya kurang menarik hati pembaca. Kata kunci teruslah menulis dan jangan mudah berputus asa.



BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan ke 15         : Jumat 15 Mei 2020,
Waktu                         : 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri                     : Wijaya Kusumah
Topik                          : Ketika Bukumu di Tolak di Penerbit Mayor
Peresume                    : Rita Wati, S.Kom (ritapinang08@gmail.com)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Balasan
    1. Buku best sellee berawal dr penolakan ya dek, klw ditolak brarti bakalan laku keras ya 🤭 berwal dr mghyal.com

      Hapus