/> Menulis Buku Lewat Hasil Ngeblog

Menulis Buku Lewat Hasil Ngeblog

Banyak orang berfikiran menulis buku adalah kegiatan yang memerlukan waktu  lama. Hampir setiap orang ingin memiliki buku hasil tulisan sendiri, akan tetapi sering terbentur dengan masalah waktu, ide dan cara menulisnya. Hari ini Senin tanggal 2 Juni tahun 2020, kita akan mendapatkan kuliah dari seorang bloger ternama yaitu Bpk Wijaya Kusumah dengan materi Membuat Buku Lewat Hasil Ngeblog.

Menulis adalah kegiatan seseorang menungkan ide, gagasan , curhat pemikiran dalam bentuk huruf dan angka . Kegiatan tersebut dapat dituangkan dalam buku catatan, blog , Fb, IG dan lain sebagainya. Diantara media tersebut, media yang paling efektif dan tepat menurut Om Jay adalah media blog.

Dari ngeblog setiap hari itulah ide untuk menerbitkan buku itu muncul dan Alhamdulillah buku yang berjudul Menulislah Setiap hari adalah buku pertama kali yang Om Jay terbitkan di penerbit mayor. Dalam menerbitkan buku ini Omjay memerlukan waktu 3 tahun karena masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab sering sekali ditolak oleh penerbit mayor.

Dari hasil ngeblog selama 6 bulan  Omjay bisa menerbitkan buku yang berjudul Catatan Harian Seorang Guru Blogger editor Pak Sukarno yang belum pernah dijumpai oleh Om Jay . Tulisan ini diambil dari kisah nyata Om Jay yang ditulis di blog http://kompasiana.com/wijayalabs.

Menulis di blog itu ibarat menulis diary online, setiap orang dapat menulis apa saja yang ia rasakan dan  ia alami. Buku Blogger ternama adalah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata Om Jay menulis di blog dan menjadi blogger ternama.

Lewat buku ini omjay mengajak kawan kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet.

Blogger ternama ditulis dari kisah kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa.Bahkan berkat rajin menulis di blog Om Jay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di istana negara bersama presiden Jokowi.

Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan Om Jay menjadi blogger ternama. Bahkan Omjay dan istri bisa bulan madu gratis ke Singapura gara gara menulis di blog. Hal itulah yang ingin omjay tularkan dalm buku ini.Bukan menularkan virus corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

Selanjutnya buku melejitkan keterampilan menulis siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil penelitian tindakan kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat PTK ini Om Jay mendapatkan laptop baru dan uang jutaan rupiah. Bisa ke bali gratis naik pesawat garuda indonesia dan menginap di hotel bintang 5.

Awalnya Om Jay tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber ISBN. Setelah belajar sama pak Lukman di jawa timur lewat online, Om Jay menjadi tahu ilmunya. 

Ibu Hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja omjay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.

Berkat membuat laporan PTK yang baik Om Jay dapat hadiah kuliah singkat ke China University of Mining Technology atau cumt. Om Jay belajar steam di sana dan pulang bawa uang 21 juta. Bukan hanya uang tapi juga segudang pengetahuan baru yang akan omjay terbitkan dalam buku baru. Sekarang sedang dikerjakan prosesnya di penerbit camp pustaka Yogyakarta.

Dapat kita tarik kesimpulan keempat buku Om Jay yang telah terbit adalah berkat keaktifannya menulis di blog. Kini Om Jay bisa menikmati hasil dari tulisannya yang berawal dari rajin menulis setiap hari di Blog. Dikenal dengan sebutan Guru Blogger Indonesia kini Om Jay membagikan virus rajin menulisnya di blog kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

Salam semangat ngeblog

Peresume : Rita Wati, S.Kom

 


Posting Komentar

6 Komentar

  1. Benar mbak, kuncinya konsisten menulis setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar nulis dan konsisten semoga bisa menyusul pendahulu yg sdh terbitkan buku

      Hapus
  2. Di pikiran ada oeinginan mau nulis ttg suatu masalah, akan tetapi nguraikan/ merangkai kata2nya menjadibkalimat bingung, bgm solisinya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya menulis aja dulu apa yg ada difikiran. Setelah itu ulangi baca hingga menemukan kalimat yang pas. Semoga bermanfaat 🙏

      Hapus