Digital Tools for Summative Assesment

 

Hari ini kita kembali lagi bertemu di webinar hari Sabtu, 26 September 2020 Digital Tools for Interactive Learning dengan sub pembahasan Digital Tools for Summative Assesment bersama Pak Dadan Founder Kelas Kreatif



Banyak sekali digital tools  untuk penilaian Summative Assessment berikut beberapa tools yang bisa kita gunakan. Ada 3 Kriteria Penilaian yaitu ujian berbasis teks, ujian berbasis video dan ujian berbasis suara.

Ujian berbasis Teks

  •    Pear Deck

Pear Deck adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan aplikasi berbasis web untuk sekolah dan guru K-12. Pear Deck didirikan pada 2014 di Iowa City, Iowa. Pada Desember 2014, Pear Deck mengumpulkan $ 500.000 dalam pendanaan awal. Wikipedia (Inggris)

Peer Deck bisa membuat soal essay, pilihan ganda, video, salah benar.

Cara menggunakannya tinggal membuka https://app.peardeck.com/

 


  •       Mentimeter

Mentimeter merupakan salah satu aplikasi presentasi online yang menyenangkan dan interaktif. Mentimeter  juga berfokus pada kolaborasi online untuk sektor pendidikan yang memungkinkan siswa atau anggota masyarakat untuk menjawab pertanyaan secara anonim https://www.mentimeter.com/

  •  Google Forms

Google Forms adalah alat yang memungkinkan mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survei ataupun kuis yang dipersonalisasi. Informasi tersebut kemudian dikumpulkan dan secara otomatis terhubung ke spreadsheet. Spreadsheet diisi dengan survei dan respons kuis.

https://www.google.com/forms/about/


  • Ujian berbasi Video

4.      Edpuzzle  adalah aplikasi video sumatif

Edpuzzle memungkinkan siswa tidak dapat mempercepat video atau melewati bagian-bagian tertentu dan juga meningkatkan interaksi guru.

https://edpuzzle.com/

  •   Ujian berbasis Audio

1.       Vocaroo

2.      Speakpipe

3.      Google Drive

Diantara ketiga ini yang paling unggul adalah Vocaroo dan akan tersimpan di cloud sehingga tidak memberatkan memory HP bapak/ibu. Untuk lebih lengkap silahkan klik https://www.vocaroo.com/



 Ujian sumatif berbasis presentasi Flipgrid https://info.flipgrid.com/

Ujian sumatif berbasis games



Quizizz adalah media pembelajaran online yang digunakan untuk permainan kuis interaktif. Guru dapat membuat atau mencari kuis didalam website ini. 

Quizziz  https://quizizz.com/

Ujian sumatif untuk membaca

ClassMarker https://www.classmarker.com/

Ujian sumatif menulis

Docs

 Demikian beberapa tools sumatif yang bisa kita gunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Bapak/ ibu bisa menggunakan tools yang ada untuk tes sumatif kita agar tes sumatif yang kita berikan  bervariasi. 

Jadilah guru pembelajar, mari kita terus meningkatkan kualitan pembelajaran jarak jauh kita sehingga kualitas mengajar kita pada saat online sama berkualitasnya saat kita belajar secara tatap muka.

Materi Lengkap dapat dilihat siaran langsung melalui Youtube pada link di bawah ini




 

 

Posting Komentar

2 Komentar