Pembelajaran Daring Bersama Siswa Baru

 Pembelajaran Daring Bersama Siswa Baru


Bahagia itu sudah di pelupuk mata. Ketika bulan Mei lalu sekolah kami melaksanakan PTM terbatas, walaupun hanya 2 minggu itupun menjelang Penilaian Akhir Semester (PAT). Raut wajah begitu bahagia terpancar dari siswa-siswi. Setelah setahun menjadi siswa baru, mereka baru merasakan belajar di sekolahnya sendiri.


Bagaimana mereka sangat antusias ketika pembelajaran di ruangan Lab Komputer. Ada yang baru pertama kali memegang mouse. Yang pasti pada saat itu pengalaman berharga mereka dapatkan walau hanya 40 menit.


PTM mulai digembor-gemborkan. Survei kesiapan belajar pun telah diisi dengan kesiapan mengikuti PTM terbatas. Perlengkapan seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker dll yang berkaitan dengan protokol covid telah dipersiapkan.


Akan tetapi, setelah libur panjang berakhir kita dikejutkan jika Indonesia darurat Covid. PPKM pun diberlakukan. Kembali lagi dunia pendidikan yang berada pada zona PPKM melaksanakan Belajar Dari Rumah dan Guru juga melaksanakan WFH hanya 25 % saja yang hadir di sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan.


Berkenalan Dengan Siswa Baru.

Banyak wadah pembelajaran daring yang telah tersedia dalam internet. Pelatihan Microsoft teams, Google Workspace dan pelatihan yang sejenisnya bermunculan selama pandemi ini.


Memang kita akui semua fasilitas yang disediakan sangat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran daring ini. Akan tetapi lagi dan lagi tidak semua siswa mampu mengikuti pembelajaran dengan fasilitas yang telah tersedia di internet.


Masalah paket dan fasilitas masih menjadi kendala. Hanya 30-40 % siswa saja yang bisa mengikuti pembelajaran daring dengan baik.


Melihat dari permasalahan di atas akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan fasilitas WA group sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran dengan siswa.



Menyapa siswa melalui WA group, mereka dapat merespon dengan cepat karena hampir semua HP telah terinstal aplikasi WA.

 
Blog dan Youtube Masih Tren Dalam BDR

Sebelum kegiatan pembelajaran daring dimulai. Saya membuat rekaman materi yang saya share melalui chanel youtube. Bersyukur siswa cukup aktif dan 60% telah mengisi daftar hadir.


Masih ada siswa yang belum mengisi daftar hadir. Saya pun memakluminya yang terpenting bagi saya, jika tidak bisa mengisi absen pada hari pembelajaran, absen bisa menyusul selama belum memasuki pembelajaran pertemuan berikutnya.


Berikut Materi Perangkat Keras Komputer (Hardware) 

Materi Hardware





Inovasi terus saya upayakan, sambil melihat kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Jika siswa tidak memiliki paket untuk membuka materi di youtube saya berikan materi yang telah saya posting ke dalam blog.

 

Blog adalah salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh guru dengan tidak banyak mengeluarkan paket data ketika membukanya.


Sedangkan bagi siswa yang tidak bisa membuka materi di blog atau di youtube karena hanya memiliki paket WA saja, saya akan mengeshare materi di WA Group.


 Silabus Kondisi Khusus  Mapel Informatika SMP


 


RPP Daring Hardware



Demikianlah pertemuan perdana saya dengan siswa baru kelas 7. Untuk pertemuan berikutnya, saya akan mencoba beberapa aplikasi online menariknya menyesuaikan dengan keadaan dan kemampuan siswa dalam mengaksesnya. 


Posting Komentar

4 Komentar