Blog dan Youtube Mengantarkanku Menjadi Guru Inspiratif Terbaik Nasional.

 


Alhamdulillah tadi malam Jumat, 21 Januari 2022 saya kembali mendapat kesempatan untuk sharing pengalaman dalam kelas Belajar Menulis PGRI yang bekerjasama dengan KOGTIK yang diprakarsai oleh Bpk. Wijaya Kusumah (Guru Blogger Indonesia) dengan tema Blog dan Youtube Mengantarkanku Menjadi Guru Inspiratif Terbaik Nasional.

 

Pada hari ketiga ini peserta BM Gelombang 23 dan 24 sangat antusias sekali sehingga ada 29 peserta yang bertanya dimana sebagian peserta bertanya 3-4 pertanyaan.

 

Pada kegiatan tersebut saya hanya sekadar sharing untuk memotivasi peserta jika prestasi yang saya raih saat ini semua berawal mengikuti kelas BM PGRI. Banyaknya pertanyaan yang masuk sehingga tadi malam baru 15 penanya yang terjawab dan dalam blog ini akan saya lanjutkan pertanyaan yang belum dieksekusi.



Inti sari dalam sharing saya tadi malam yaitu:

1.     Banyak kejutan yang diraih jika kita aktif menulis.

2.     Selalu berusaha dan tidak mudah berputus asa.

3.     Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.

4.  Ikutilah tip dan trik yang diberi oleh narasumber karena semua itu telah mereka buktikan.


 

Berikut ini Q&A

Q1. Bismillah

Izin bertanya Bu, Rismaya dari Pangkalpinang.

Menurut ibu, bagaimana kriteria blog dan youtube yg inspiratif?

 

A1. Baik Terimakasih Bu kriteria blog dan youtube inspiratif itu tidak ada kriterianya ya. Hanya saja kemarin ketika even Guru inspiratif saya menggunakan blog dan youtube untuk mengatasi learning loss dari tulisan dan video yang saya share kemudian saya jadikan buku. Menurut saya blog dan youtube yang baik adalah selalu update konten

 

 

 

Q2.  Assalamualaikum

Saya Bu Siti Rohani

SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah

 

Dari pelatihan hari ke 2 terkendala sinyal

Pelatihan hari ke 2 mati lampu

Dan hari ini lebih buruk sinyalnya karena hujan

Boleh kah kalau saya tonton besok siang

 

Pertanyaan

1. Langkah-langkah Bu Rita menjadi guru berprestasi

2. Relevansi menulis dengan guru berprestasi

Dalam penilaian lomba guru berprestasi

3. Tulisan/jenis Tulisan yang bagaimana yang masuk dalam lomba berprestasi

4. Selain tulisan apa yang dinilai dalam lomba

 

A2. Walaikumussalam wr.wb. Bu Siti Rohani pertanyaan yang sangat menarik

1.     Langkah menjadi guru berprestasi. Awal saya tidak pernah berpikir untuk menjadi guru berprestasi. Saya hanya ingin berbagi lewat tulisan di blog dan video di youtube. Seiring berjalan waktu tulisan dan video saya sudah banyak. Sehingga ketiak ada event lomba saya bisa memanfaatkan blog dan youtube saya. Dan terbukti berhasil menjadi juara.

2.     Relevansi menulis dengan guru berprestasi . ketika kita ingin berpartisipasi untuk mengikuti event gupres maka syaratnya adalah menulis Best Practise dalam bentuk artikel populer ilmiah tergantung permintaan juri. Jika kita tidak memiliki modal menulis maka akan kesulitan untuk menuangkan ide kita. Dan saat ini Kemendikbud sedang menggeliatkan Literasi dan Numerasi ketika kita aktif menulis tentu saja akan memiliki point plus.

 

3.     Tergantung juknis kemarin Best Practice dalam bentuk artikel populer ilmiah

 

4.     Tulisan artikel dan video kegiatan Best practice

 

 

Q3

Assalamualaikum wr, wb. Selamat malam, Ibu Wati. Terima kasih sudah berbagi dengan kami. Luar biasa prestasinya. Ijin bertanya.

Maria_Jakarta_Pertanyaan

1.                 Apa saja strategi untuk men-judge diri sendiri  supaya ide yang mandek kembali mengalir dalam tulisan dan memiliki rasa percaya diri

2.                 Apakah pada saat coba-coba tulisan ibu selesai dan apa genrenya?

3.                 Bagaimana cara membuat resume yang menarik tidak hanya copy?

4.                 Metode yang mudah dalam mensosialisasikan “Lost learning” , menjadi  ulasan yang keren

 

Terima kasih, Ibu Wati. Saya akan mencoba belajar dari konten, Ibu secara khusus ulasan malam ini. Narasumber di grup ini “Dahsyat”

 

A3.Walaikum Salam wr.wb. Bu Maria terima kasih atas apresiasinya

1.                 Selalu berada di dalam Komunitas Menulis jika ingin Pede karena semua tulisan kita akan diapresiasi dan Blog Walking, baca alam, baca buku dll jika ide mandek.

2.                 Saat coba-coba saya hanya menulis cerpen dan selesai tapi tidak dipublikasikan. Tapi saat ini semua tulisan saya saya publikasikan di blog

3.                 Gunakan opening dan closing yang menarik yang dikembangkan dengan Bahasa sendiri

4.                 Terimakasih

 

Q4. Assalamualaikum Bu Rita, Perkenalkan, nama saya Afiatur Rizkiyah, dari SDN Pandian V Sumenep. Saya ingin bertanya, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri dan merasa kita mampu melakukan hal yang awalnya kita anggap tidak bisa kita lakukan? Terima kasih. Salam literasi

 

A.4 Waalaikumussalam Pak Afiatur. Seperti yang saya jawab Pak tetap berada di dalam Komunitas Menulis karena tulisan kita akan diapresiasikan dari situ lama-kelamaan akan tumbuh rasa percaya diri.

 

Q.5 Perkenalkan saya Rina Harwati dari MTsN 6 Bantul DIY

 

Saya membaca sudah banyak playlist pada channel youtube Ibu. Dari sekian banyaknya konten yang dibuat, menurut Ibu aplikasi apa yang termudah tapi tampilannya menarik untuk digunakan?

 

1.                 Saya sebenarnya menyukai video, tetapi yg tdk menjadikan sy tidak telaten adalah ketika mengolahnya sehingga layak diyoutubekan.

 

2.                 Saya baca pada paparan tadi, Ibu sudah menghasilkan novel pada awal penulisan buku solo. Mohon dapat diceritakan ide dan prosesnya secara garis besar.

 

Terima kasih.

 

A5. Salam kenal Bu Rina Harwati dari MTsN 6 Bantul DIY

1.                 Aplikasi mudah dan tampilan menarik tergantung selera ya Bu, saya Cuma menggunakan Bandicam sebagai record di laptop dan untuk mengedit di filmora. Jika ingin buat lebih menarik saya menggunakan canva.

 

2.                 Saat awal saya hanya mencoba membuat novel tapi saya tidak pede saat itu sehingga tidak pernah diterbitkan. Ide saya juga buntu akhirnya ide di novel itu saya penggal-penggal menjadi beberapa cerpen salah satunya ada di dalam buku saya Tiara dan Merajut Asa Sejak Belia.

 

 

Q6. Excellent bu Rita πŸ†

Suka sekali dengan cerita ibu tentang perjalanan menjadi seorang penulis, blogger dan youtuber. Membaca di blog tentunya tidak sama dg saat membaca buku, berkaitan dg kesehatan mata 😊

Menurut ibu sebaiknya berapa kata yang harus kita tulis di blog agar tdk terlalu membosankan untuk dibaca, dan bagaimana agar tulisan yg ada di blog diminati orang lain untuk dibaca

 

Terima kasih

Zunnurin Isnaini, Pasuruan

 

A6. Terimakasih Bu Zunnurin

http://www.ritapinang.my.id/2021/08/belum-seribu-subscriber-dan-4000-jam.html

Terimakasih Bu Isnaini cb ibu baca cerpen saya di atas

sebaiknya menulis di blog itu 4-10 kalimat harus paragraf baru. Bahkan saya terkadang 3 kalimat sudah paragraf baru, menyesuaikan saja bu

 

Q7. 

Assalamualaikum  Bu, Saya Ibu Chandra Arnida  dari Pangkalpinang.

Bagaimana mengatasi kendala waktu untuk menulis di sela sela kesibukan mengajar dan dengan tugas tambahan lainnya dan bagaimana cara memupuk rasa keinginan untuk menulis tersebut?

Terima kasih πŸ™

 

Walaikumussalam wr.wb Ibu Chandra

1.                 Pertanyaan kendala waktu hanya bisa dijawab oleh ibu sendiri. Karena kita lah yang tahu kapan waktu terbaik dan siap untuk menulis. Saya Guru Informatika mengajar 12 kelas, Kepala Labkom, Operator Dapodik, Narsum Nasional, Moderator dan mengisi konten. Pointnya manajemen waktu dan dukungan keluarga.

 

2.                 Memupuk rasa keinginan ibu sudah ikut kelas BM sudah hari ketiga ya ibu lihat teman-teman mengumpul resume bagaimana perasaan ibu. Apakah ada keinginan untuk menulis? Jika ada maka tulis…tulis..dan tulis Waalaikumsalam wr.wb Ibu Chandra

 

 

Q.8. Bismillah

Bu Rita,

saya Nurlina dari Tarakan Kalimantan Utara izin bertanya

1.                 1.saat awal menulis apakah langsung menulis apa yang ada dipikiran hari itu atau saat itu

2.                 Untuk tulisan yg sudah pernah dibuat dan akan dijadikan buku solo apakah ada kriterianya, maksudnya ini buku fiksi dan non fiksi.

3.                 Untuk blog saya sejak 2006/2007 sdh punya namun tidak aktif memposting mudahan Tahun ini langkah awal melanjutkan kembali, namun sering sudah diposting setelahnya dihapus karena merasa kurang bagus n tidak PD

Terimakasih

 

A.8 Salam kenal Bu Nurlina

1.                 Iya bu pada saat mengikuti BM, apa yang ada dipikiran langsung saya eksekusi maklum masih menggebu-gebu. Tapi sekarang ini cenderung menulis ide dan gagasannya dulu serta gambar pendukung di foto jika melihat suatu kejadian atau lainnya. Kemudian dieksekusi ketika ada waktu.

2.                 Jika ibu memiliki tulisan telah banyak tinggal ibu pilah-pilah saja sesuai tema kemudian dikumpulkan menjadi buku.

3.                 Sepertinya pengalaman kita tidak jauh beda bu. Mulai saat ini selesaikan tulisannya yak arena tidak ada tulisan yang jelek. Tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai.

http://www.ritapinang.my.id/2020/04/my-blog-sudah-bersih-dari-sarang-laba.html

ini buat dibaca-baca bu pengalaman kita sama mengenal blog tahun segitu :)

 

Q.9 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Widuri Permata dari Lombok Barat.

1. Bagaimana supaya tampilan blog kita meskipun sederhana tapi menarik.

2. Tadi bu Rita menyampaikan bahwa setelah resume diolah dengan kata-kata sendiri, resume ibu di share oleh Omjay.

Resume yg baik itu bagaimana?

 

A.9 Walaikumussalam wr.wb. salam kenal Bu Widuri

1.  https://www.youtube.com/watch?v=XaqpkqtRtic

2. http://www.ritapinang.my.id/2021/07/review-blog-walking-hasil-kelas-belajar.html

 

 

Q10. Assalamu'alaikum wrwb

Bagaimana  menjadi guru   yang canggih IT, inovasi dan menginspirasi?

 

A10..Walaikumussalam wr.wb. Jadila guru long life learner. Belajar sepanjang hayat

Q.11.Bismillah

Saya Menik Dwi Astuti, Palangka Raya Kalteng Aplikasi apa sebaiknya digunakan untuk membuat video pembelajaran yg menyenangkan dgn keterbatasan kemampuan IT yg dimiliki guru, karena pengalaman beberapa video pembelajaran yg saya buat dan di youtubkan masih begitu2 saja tidak menarik. Dan trik agar anak2 siswa tertarik dgn blog sebagai media pembelajaran... Terimakasih ibu Rita, ibu guru muda yg penuh kesederhanaan dan berprestasi.

 

A11. Salam kenal Bu Menik aplikasi untuk membuat video pembelajaran untuk guru saya kembalikan lagi kepada ibu ada yang menggunakan kinemaster, videoshow, filmora dlll ibu bisa search di youtube dan mempelajarinya.

 

Memang ini menjadi PR besar bu ya terlebih PJJ agar siswa tertarik dengan video dan blog yang ada di materi kita. Kalau saya membuat materi dalam 2 versi blog dan youtube tapi video saya embed juga kedalam blog. http://www.ritapinang.my.id/2020/04/hardware.html

 

 

Q.12 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin bertanya Bu Rita.  Satrianah dari curup Bengkulu. Saya guru SD di daerah 3t yang sangat gaptek (gagap teknologi) saya kenal medsos baru tahun 2019 itupun hanya sebatas facebook dan wa. Saya belum pernah menulis di blog. Saya malu dan takut salah. Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjadi seorang penulis.

 

A.12. Waalaikumussalam wr.wb Bu Strianah alhamdulillah ibu sudah bergabung dalam group BM itu sudah sangat Luar Biasa Pelan-pelan bu belajarnya yang harus ibu lakukan menulis-menulis jika tidak bisa di blog tulis saja di dalam laptop Insyaallah akan banyak teman yang akan membantu ibu untuk mempelajari blog. Menumbuhkan rasa percaya diri coba ibu nulis pengalaman ibu yang mengajar di daerah 3T. yakinlah tulisan ibu akan mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa.

 

 

Q13.. Selamat malam, Bu Wati. Saya Robertus Priyo dari SMKN 2 Pangkalpinang ingin bertanya:

1. Apa manfaat yang Ibu rasakan sebagai seorang YouTuber?

2. Apa saja kendala yang mungkin akan dihadapi oleh seseorang untuk menjadi YouTuber?

Terima kasih.

 

A13. Selamat malam Bp Robertus wah temannya Bu Ros ya

1.                 Manfaat yang saya rasakan ada kepuasan batin ketika ada komentar dari netizen yang mengucapkan ribuan terima kasih dan mendoakan saya ketika melihat youtube saya  beliau solusi terselesaikan.

2.                 Kendalanya ide, waktu dan mengedit konten.

 

Q.14. Assalamu alaikum.

Perkenalkan saya akhmad Syafii, dari kabupaten probolinggo, SMK Negeri 1 Kraksaan.

Bagaimana trik menjadi blogger sekaligus menjadi youtuber.?

Bagaimana dengan mengatur waktu, kapan menulis dan kapan harus membuat video, apakah nanti konsentrasi kita menjadi terbelah antara menulis dan buat video.?

Terima Kasih..πŸ™

 

A.14. Walaikumussalam Pak Akhmad Trik menjadi blogger dan youtuber tidak ada trik khusus semua berawal hanya ingin berbagi terkhusus materi. kebetulan saya menjadi Operator Dapodik dan Guru Informatika selalu ada hubungan ketikan saya menulis di blog dan membuat video. Misal saya menjelaskan tentang Hardware maka video yang saya buat tentang hardware dan tulisan yang saya buat di blog juga tentang hardware.

 

kadang juga tidak ada hubungannya, Di blog saya menulis tentang artikel bebas dan di youtube saya membuat konten tentang Dapodik. tergantung ide yang muncul saja

 

 

Q.15. Parni, Wonosari, Gunungkidul

P. Apa hambatan terbesar Ibu untuk mewujudkan cita- cita / berprestasi, bagaimana menentukan solusi/ mengatasinya?

 

A15. Terimakasih Pak/Bu Parni mohon maaf. Hambatan terbesar mewujudkan cita-cita/ prestasi yaitu munculnya rasa tidak percaya diri, pesimis, mudah putus asa. Jika itu diganti dengan semangat, optimis dan selalu berusaha maka cita-cita akan terwujud

 

Q16. Ibnu Muslim SMA PGRI Bantimurung Saya sering menulis,tetapi hanya di word dan akun belajar .id . Menulis di blog belum lancar, apalagi bikin youtube . Apa yang perlu saya lakukan   agar tulisan saya dibaca banyak orang ? Trim atas jawabannya bu Rita.

 

A16. Salam kenal Pak Muslim Alhamdulillah jika Bpk sudah aktif menulis, tinggal Bpk posting saja ke blog agar banyak yang membaca. Semua berproses Pak lama-lama akan terbiasa dengan blog.Salam semangat. Jika bingung tentang blog bias bertanya di group.

 

 

Q17. Assalaamu 'alaikum.

Saya Astuty HAR, NTT.

Izin bertanyaπŸ™πŸ»

Bu Rita, materi pelajaran yang Bu Rita tuliskan di blog berupa materi dari sumber tertentu, atau ditambah penjelasan dari Bu Rita ataukah memang semacam modul yang Bu Rita buat sendiri?

Terima kasih, BuπŸ™πŸ»

 

A17. Wa'alaikumussalam wr.wb Sebagian besar materi yang saya buat berdasarkan ide saya sendiri cara menyampaikan dalam tulisan maupun video. Akan tetapi ada juga materi yang saya kembangkan berdasarkan observasi dari buku, internet ataupun blog orang lain.

 

 

Q.18.

Assalamualaikum bu.. Masya Allah sangat menginspirasi sekali bu dan ilmu nya sangat bermanfaat.

Saya yandri novita sari,  asal dari padang.

 

Izin bertanya bu, saat kita menulis di blog, yang menjadikan tulisan kita unik dan bernilai itu apa ya bu, tips dan kiat apa sehingga menjadikan tulisan kita itu unik dan bernilai?

 

A.18. Walaikumussalam Bu Yandri salam kenal urang awak

Tips dan kiat apa sehingga menjadikan tulisan kita itu unik dan bernilai?

1.     Menulis dengan gaya sendiri.

2.     Tidak plagiat

3.     Menulis artikel, materi pelajaran, cerpen, puisi dll yang ketika orang membaca tulisan kita mendapatkan manfaat/ pemelajaran di sana.

 

 

 

Q.19

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Perkenalkan Ibu, saya Iksan dari Kebumen.

 

"Saya pernah mengikuti kelas belajar ini di gelombang 22, namun saat itu bersamaan dengan ibu saya yang sedang sakit keras, gawai yang saya gunakan juga harus pinjam ke teman dulu kalau malamnya mau ada kelas online ini, dan di beberapa pertemuan akhir, Ibu saya telah berpulang menghadap Sang Illahi Robbi, sehingga saya tidak bisa Lulus di Gelombang 22.

 

Alhamdulillah sekarang bisa bergabung di Gelombang 23.

 

Saya bukanlah peraih IP tinggi, bahkan tidak sampai 3,00, bukan pula dari Universitas Terkemuka". namun ijinkan saya untuk bertanya untuk bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan pelatihan ini. Yang saya tanyakan adalah:

 

1. mungkinkah saya bisa menjadi penulis handal ? Dengan segala keterbatasan yang ada dalam diri?

2. Rahasia apa yang menjadikan Ibu Rita konsisten dan bertekad kuat sehingga bisa Berprestasi seperti sekarang ini?

3. Apa saja yang dilakukan Ibu saat konsentrasi menulis atau membuat konten terganggu oleh rutinitas padat setiap harinya?

 

Terimakasih.

Wassalamu'alaikum wr. Wb.

 

A19. Walaikum Salam wr.wb. Sebelumnya saya turut berduka cita atas kepergian ibunda Bp.Iksan semoga Ibunda Bp. Ditempatkan di tempat yang terindah di sisi Allah Swt.

 

1.     Seperti closing statement yang saya tulis tidak ada yang mustahil di dunia ini. Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan hasilnya.

2.     Rahasia saya bisa konsisten hanya ingin berbagi ilmu yang bermanfaat,tidak berharap lebih. Ternyata Allah yang membuka jalan dan memudahkan saya untuk berprestasi.

3.     Skala prioritas. Ketika ide muncul dan saya bias pending pekerjaan lain saya tulis akan tetapi ketika ide muncul akan tetapi ada pekerjaan lain yang lebih mendesak saya hanya mencatat point-pointnya saja dan dieksekusi jika sudah memiliki waktu menulis.

 

Q.20 P 20

Assalamualaikum wr wb. Bu dosen, saya arfan. Komunitas pendidik Nusa bogor. Mau tanya, lebih kuat mana pengaruh bagi diri  nulis di blog atau di medsos

 

Waaikumussalam wr.wb

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan

Jika di medsos tulisan bisa langsung dibaca dan dibagikan di medsos akan tetapi yang bisa membaca tulisan kita hanya yang berteman selain itu tampilan di medsos monoton untuk foto dan video selain jika tulisan terlalu panjang di medsos akan kurang menarik. Selain itu untuk menemukan kembali tulisan lama kita agak lama.

 

Jika di blog

Tulisan sepanjang apapun bisa diatur dan menarik,bisa meng embed video, foto dan link.Tampilan lebih rapi dan pembaca unlimited

 

 

Q21.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sy, Arlina, dr kab. Maros. Ijin bertanya,..

1. Seberapa lama ibu aktif menulis di blog dan membuat video di YouTube shg bisa mengantarkan menjadi guru inspiratif?

2. Apa kiat kiat ibu sehingga kami juga bisa mengikuti jejak ibu?

 

Waaikumussalam wr.wb

1 Saya mulai aktif menulis sejak pandemic 2020 bulan April,  lalu sedangkan youtube  bulan Oktober 2020 karena saya ingin menerbitkan buku 25 Tutorial pembelajaran Daring dan Luring. Setahun kemudian 24 November 2021 terpilih menjadi guru inspiratif.

 

2. Kiat untuk Bapak/ibu keep writing and sharing.

 

Q22.

Assalamualaikum bu Rita sy sri maryani dr majalengka

 Banyak sekali prestasi yg ibu toreh sy salut pd ibu yg tadinya hanya mencoba tp bs melejit berprestasi

Yg mau sy tanyakan bgaimana kiat mengajak teman/ guru atau orang lain untuk mau menulis seperti yg sdh ibu lakukan sampai di undang kemendikbudristek Dan insyaallah Buku Antologi Bunga Rampai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang diundang khusus  oleh Kemendikbudristek melalui Dirjen GTK Dikdas, 23 peserta dari Guru dan Kepala Sekolah Inspiratif tahun 2021 akan segera release.

* Yg dimaksud nulis di blog harusnya 4-6 kalimat, itu gimana ya? Dalam 1 paragraf atau gimana?

Terima kasihπŸ™

 

A22. Waaikumussaam wr.wb.

Saya kembalikan lagi kepada orangnya mau menulis atau tidak. Jika mau menulis dan menerbitkan buku maka tinggal menunggu waktu saja untuk mendapatkan kejutan atas keaktifan menulisnya.

Menulis di blog 4- 5 kalimat dalam 1 paragraf agar pembaca tidak jenuh membaca tuisan kita. Jadi sebaiknya dalam satu paragraph 4-5 kalimat saja untuk blog. Atau menyesuaikan bacaannya.

 

Q 23

Assalamualaikum Bu Rita

Saya, Susi Rita Sahara, dari Kayu Agung, OKI.

Peserta gel 24.

Izin bertanya. Sensasi apa yang sekarang Ibu rasakan di awal perjalanan Ibu merasa tidak mau, tidak bisa,  tetapi seberjalanannya  waktu justru apa yang telah Ibu lakukan telah mengantarkan Ibu di situasi seperti sekarang. Dulu Ibu berada di luar arena melihat orang-orang hebat dan sekarang justru Ibu berada di dalam arena dan gantian...kami,khususnya saya melihat Ibu dengan decak kagum...terimakasih.wassalamualaikum.

 

A.23.

Walaikumussaam wr.wb. Salam kenal Bu Susi

Saat menerima penghargaan serasa tidak percaya bias sampai di tahap itu. Setelah itu kembali seperti biasa karena rutinitas seperti biasa dilakukan.Akan tetapi ketika undangan dari Kemendikbud hadir dalam penyusunan Buku membuat saya menjadi terharu. Ketika kita berprestasi maka ada apresiasi yang mengikuti.

 

 

Q 24

Assalamu'alaikum wr wb bu saya syamsurizal

Dari smkn 3 padang, bagaimanakah caranya share video inspiratif di youtube dengan memasukkan iklan di youtube.

Makasih ya bu

 

A24. Wa'alaikumussalam wr.wb Pak Syamsurizal salam kenal

Awalnya syarat memasukkan iklan jika kita sudah memiliki min 1000 subscriber dan 4000 jam tayang baru kita bisa mendaftar di adsense. Akan tetapi sejak 2021 aturan baru dari youtube memasukan iklan di konten siapa saja walaupun belum memenuhi persyaratan.Tapi kita kurang beruntung karena tidak dibayar jika belum memenuhi syarat minimal. Agar lebih jelas bias klik tautan ini  http://www.ritapinang.my.id/2021/08/belum-seribu-subscriber-dan-4000-jam.html

 

Q.25

Nama Siska dari Nagekeo NTT , mohon maaf ingin bertanya bagaimana  cara membuat You tube, selama ini segala kegiatan di sekolah melalui video  di HP saja πŸ™

 

A.25. Ibu bisa mendaftar di youtube dengan akun google caranya mudah tinggal daftar saja kurang lebih sama  seperti daftar sosmed. Untuk lebih lanjut ibu bisa klik link berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=amimbp-WyvY

 

Q.26

Saya Zaenani dari MTs N 6 Bantul.

Sebelumnya izinkan saya untuk bilang *WOW KEREN*untuk ibu Rita Wati, sangat menginspirasi.

saya punya angan2 untuk membuat buku Solo Mata Pelajaran yang saya ampu dalam bentuk/media yg menarik bagi anak2.

 

Setelah membaca paparan dari ibu yg sungguh WOW banget, jadi muncul keinginan untuk mengajar anak2 via Blog sblm nantinya bisa dibukukan.

 

Bagaimanakah sebaiknya menulis materi bahan ajar di blog yg menarik agar anak2 bisa menyukai dan menumbuhkan minat mereka akan mapel yg sy ajarkan yaitu Sejarah Islam.

Terimakasih

 

A.2 Salam kenal Pak Zainal terimakasih atas apresiasinya.

Silakan langsung Bpk/eksekusi secara perlahan masukan tulisan di blog yang disertai dengan gambar dan video yang mendukung.

 

Q.27

Lilis ernawati garut. Assalamualaikum wr.wb. bagaimana cara membuat video pembelajaran di youtube, pakai program apa?

 

A.27 Walaikumussalam wr.wb salam kenal Bu Lilis cara membuat video pembelajaran banyak cara dan aplikasi yang bisa dipakai bu. Kalau saya karena Mapel Informatika berkaitan dengan komputer saya banyak merekam layar pakai bandicam. Jika perlu diedit saya pakai fim mora. Akan tetapi jika ibu hanya merekam lewat HP juga tidak masalah langsung di Upload di youtube sambil belajar sambil jalan. Atau ibu juga bisa menggunakan powerpoint kemudian bisa direkam berikut caranya.

 

https://www.youtube.com/watch?v=_buseh30ePk

P 28

Fransisco Xaverius Fernandez dari SMPN 1 Praya Lombok Tengah

Grup 23 bertanya:

 

Setelah saya baca sedikit sharing Ibu Narsum, sebagian dari kami juga berawal dari hal yang sama.

 

Hal mendasar adalah takut dan malu. Ragu atas kemampuan diri.

Salah satu adalah hal yang belum bisa saya atasi adalah malas menulis. Menunda. Sampai batal mengirimkan naskah padahal sudah semangat.

 

Pertanyaan:

1. Bagaimana mengatasi hal negatif itu berdasarkan pengalaman ibu. Dan bagaimana mengelola nya sampai berhasil menjadi inspirator.

 

2. Jujur dalam hal teknologi , saya mengalami kesulitan sehingga mau membuat video pembelajaran menarik menjadi tertunda sampai sekarang. Mau membuat penyajian materi menjadi hilang.

 

Bukannya tidak mau, tapi mau belajar kok sepertinya waktunya sulit dikejar deadline tugas.

 

Terimakasih Bu...

 

Terima Kasih Pa Francisco salam kenal

1.     Hal pertama yang Bpk lakukan buang jauh terlebih dahulu pikiran negatif seperti takut, malu, ragu dan malas. Kemudian punya tekad dan niat untuk meraih impian misalkan memiliki buku solo. Setelah itu tuangkan ide tulisan tanpa menunda-nunda.

2.     Perlahan-lahan Bp.semua berproses saat ini Bpk focus dalam tulisan di blog untuk video sambil jalan jika memiliki waktu luang baru belajar dan bertanya jika mengalami kesulitan dan kendala.

 

Q. 29

Assalamualaikum ibu️.

Saat ibu membuat sebuah karya baik di youtube, di blogger, maupun membuat buku, apa kunci utama sekali yang ibu gunakan agar karya tersebut berhasil?

 

A29 Waalaikumussalam no name

Ketika saya membuat tulisan ,video maupun buku saya tidak memikirkan apapun. Apakah akan banyak yang nonton, banyak yang baca ataupun banyak yang akan beli. Saya hanya fokus pada ide yang muncul dan dieksekusi segera sebelum ide itu pergi begitu saja.

 

 

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Yerima kasih, Bu Rita Wati yang luar biasa. Semoga ilmunya berkah.

    BalasHapus
  2. Luar biasa... Terimakasih bu... Dari bu Widuri segera diterapkan ilmunya.

    BalasHapus
  3. Bunda Rita.. seneng bisa bertemu bunfa kembali....
    Mohon bimbingannya bunda

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu rita, luat biasa

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu atas jawabannya... Saya sekedar merekam bisa namun menjadi rumit ketika mau di setor ke YouTube.

    BalasHapus
  6. Terima kasih bunda ilmunya....smg Alloh membalas dg beribu2 kebaikanπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  7. Tanggung jawab yang luar biasa dari Bu Rita.
    Semua pertanyaan dijawab dengan renyah.
    Sukses untuk Bu Rita dan sehat selalu

    BalasHapus
  8. Jika tidak dikomentasikan, biasanya hanya menguap saja. Sehat selalu.

    BalasHapus
  9. oke kakak, sukses selalu untukmu....

    BalasHapus
  10. Luar biasa, antusiasme peserta karena narasumber yg luar biasa pula. Sgt menginspirasi.

    BalasHapus
  11. Keren Bu Rita. Terus menularkan virus literasinya..

    BalasHapus
  12. Sukses untuk Bu Rita . Selalu berbagi dan meng inspirasi.

    BalasHapus
  13. Luar biasa. Prestasinya keren. Catatannya juga lengkap. Hehe...

    BalasHapus
  14. Wow, luar biasa bu Rita...menginspirasi dan memotivasi

    BalasHapus