Tanya Jawab Membongkar Rahasia Menulis Hingga Menerbitkan Buku

 


Alhamdulillah Jumat 8 Oktober 2021 saya mendapatkan kesempatan Kembali membersamai Bpk/ibu  guru hebat diseluruh Indonesia yang telah bergabung dalam Kelas Belajar Menulis PGRI yang diprakarsai oleh Om Jay Guru Blogger Indoenesia.

 

Ada 7 pertanyaan yang belum bisa saya jawab karena keterbatasan waktu tadi malam. Berikut daftar pertanyaan yang masuk, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga


Tanya-Jawab

P 1: Ass...terimakasih ilmunya,saya Umi A.F Kalsel izin bertanya. Saya sering tidak percaya diri untuk mempublikasikan hasil tulisan saya dan minder, bagaimana cara mengatasinya, terimakasih 🙏

 J. Walaikumsalam Bu Umi AF, untuk mengatasi minder ibu hanya perlu berlatih menulis dan sharing tulisan ibu ke dalam group BM. Komunitas ini akan mengapresisasi semua tulisan ibu. Yakinlah Ketika tulisan ibu dibaca dan dikomentari oleh para pembaca semua akan diluar prediksi ibu.

 

P.2 : Assalamualaikum warahmatullahi wabaraokatuh semoga sehat dan sukses iya ,sy p Rusmana ,ijin tanya Bu Rita 1 ,menulis antologi masalah royalinya

J. Walaikumsalam Pk Rusmana, untuk buku antologi tergantung dari kebijakan yang mengajak antologi Bpk. Sebelum Bpk mengikuti antologi ada baiknya ditanyakan masalah royalty.

 

P 3 "Assalammualaikum

Terimakasih sudah di berkesempatan bertanya , nama saya Murniasih sudah belajar menulis namun sering berhenti di tengah jalan ketika tulisan belum selesai karena kehil

J. Walaikumsalam Bu Murniasih, jika ibu kehilangan ide ada baiknya sebelum menulis ibu membuat daftar isi terlebih dahulu jika ingin menulis buku. Dan cobalah banyak membacaca apa saja baik itu membaca buku, blog walking, membaca alam dll. Insyaallah ide itu akan muncul

 

P. 4 Salam kenal bu Rita pak Dail yg keren hebat luar biasa

Saya Mafrudah MTsN 6 Bantul mohon penjelasan tiap fase dlm rahasia menulis  terutama mohon diberi contoh terkait TOC

Terima kasih 🙏

JUDUL BUKU

MANAGEMENT KNOWLEDGE:

(Managemen Kelas Online )

Prof Ekoji & Rita Wati

 

Bab 1. Pendahuluan / Prolog

Bab 2.  Pengertian

a.         Pengertian Knowledge management

b.         Pentingnya Managemen Knowledge

c.         Strategi managemen knowledge

d.         Menanamkan Knowledge yang Baik

e.         Digital Knowledge

f.          Managemen Kelas Online

 

Bab 3. Technology

a.         Social Network

b.         Groupware

c.         Content management

d.         Telepresence

e.         Semantic technology

Bab 4 Teleconference Kelas Online

a.         E-mail

b.         Whatsapp Group

c.         Webex

d.         Google meet

e.         Zoom

 

Bab 5. Tools Kelas Online

a.         Google Class Room

b.         Blog

c.         Facebook

d.         Team Office

Bab 6. Quiz Online

a.         Kahoot

b.         Mentimeter

c.         Whiteboardfi

d.         Google form

e.         Quizziz

Bab. 7. Integrating Digital Tools in Lesson Plan

Bab  8. Penutup/ Epilog

Daftar Pustaka

 

P5 "Bismillah, Perkenalkan bu rita saya anis dari pangkalpinang, masalah yg terjadi pada penulis pemula yg disampaikan ibu tadi ada pada diri saya hampir semuany terutama sedikitny kosataka yg dimiliki krn saya kurang senang membaca dan solusi yg ibu tawarkan cukup simple menulis saja dan membaca.persolanny ibu saya termasuk org lbh seneng mendengar dari byk membaca.bagaimna ya bu?terimakasi

Baik Terimakasih bu Anis, Ibu senang mendengar saja sudah memiliki modal. Karena dari mendengar berita, mendengar webinar, saya yakin akan banyak kosa kata baru yang kita temukan. Mendengar kisah orang bisa menjadi ide untuk menuliskan kisah kita sendiri.

 

P. 6 :Assalamu'alaikum wr wb.  Nama : Rohaina Yusman.

Asal : Jambi Pertanyaan: Sebagai pemula dalam dunia penulisan tapi saya sangat tertarik, saya sering bingung bagaimana mulai menulis, apakah menulis buku antalogi dulu, baru buku solo Dan bagaimana cara nya ?terima kasih.

Walaikumsalam bu Rohaina, keputusan ada ditangan ibu. Kalau saya akan menulis buku antologi terlebih dahulu selain cepat terbit, buku antologi akan membangkitkan percaya diri untuk menerbitkan buku solo.

 

P; 7 "  Assalamualaikum

Saya Widya dari Malang

Bunda Rita yang hebat saya mau bertanya.

Saat kita menulis suatu karya, secara tidak sengaja kita mungkin terpengaruh oleh tulisan dari buku seseorang yang telah kita baca.  Mungkin saja beberapa kalimat statemen kita ada yang sama dari karya buku seseorang.

Entah judul, atau apa yang kita tidak mengetahuinya dan memang tak bermaksud plagiasi.

Bagaimana cara menghindari plagiasi. Apakah ada aplikasi untuk menilai tulisan kita ada karya kita yang plagiat.  Apakah aplikasinya untuk menilai plagiasi?  Maturnuwun.

Walaikumsalam bu widya

Manusiawi ketika kita membaca buku atau tulisan muncul ide untuk menulis hal yang sama. Tapi ibu jangan khawatir selama ibu menulis dengan gaya bahasa ibu sendiri, ibu akan bebas dari plagiat.

Untuk aplikasi ibu bisa cek di google salah satunya

https://www.grammarly.com

 

P 8.Assalamu'alaikum ww

Ijin bertanya, saya bu suyatinah sudah menulis 3 buku, kolaborasi bareng dosen, berupa 1 kumpulan puisi dan 2 kumpulan artikel, tujuan semula hanya punya karya yg publish, syukur2 bisa untuk naik pangkat. Untuk syarat naik pangkat, apakah mencantuman urutan penulis menentukan dinilai atau tidaknya buku kita?

Walaikumsalam Ibu Suyatinah alhamdulillah ibu sudah aktif menulis dan sudah menerbitkan buku. Untuk kenaikan pangkat akan dijelaskan lebih detail oleh narsum berikutnya. Jika ibu berkolaborasi penulisnya ibu dan rekan. Jika nama ibu berada di urutan pertama ibu akan mendapat point 60%. Untuk kumpulan puisi min 10 puisi dan cerpen 5. Mohon maaf jika keliru

 

P. 9 : Assalamualaikum.wr.wb..

Bu Rita.. Sy Maryani dr Mempawah Kalbar

Yg ingin sy tanyakan adalah apakah bakat juga berperan membuat seseorang itu menjadi penulis handal, karena sering mendengar kata2 "pantas dia bisa krn sudah ada bakatnya" ..

Terima kasih. 🙏

Walaikumsalam Bu Maryani

Menulis itu bukan bakat ibu tapi keterampilan. Jadi semakin seseorang sering menulis maka akan semakin terampil. Sedangkan jika seseorang berbakat menulis tapi tidak sering menulis juga tidak akan terampil.

Penulis handal itu karena memang sering mengasah keterampilan menulisnya dengan menulis.

 

P.10  Assalamu'alaikum. Saya Tuti Umyati dari SMPN 1 Ciseeng. Bagaimana cara menyiasati waktu menulis di sela-sela kesibukan mengajar dan ibu rumah tangga?

J Walaikumsalam Bu Tuti Cara mensiasati menulis dalam kesibukan memang kita harus meluangkan waktu untuk menulis. Kebetulan saya disekolah mengajar 19 kelas, selain itu juga OPS, Proktor ANBK, Kepala Lab, belum tugas di rumah tangga dan saat ini sering diminta menjadi moderator dan Narsum.

Semua akan menjadi beban jika kita tidak meluangkan waktu. Jadi ibu harus meluangkan waktu khusus untuk menulis dan hanya ibu yang bisa mengaturnya.

Jika saya terlalu sibuk saya hanya menulis quote

 

P 11 : Assalamualaikum...Bu Rita.

Saya, Susi dari Kayuagung, Sumatera Selatan. Ketika menulis menjadi dunia baru dengan tujuan tulisan kita ingin dibaca dan dihargai orang lain. Bagaimana menjaga konsistensi mood dan motivasi kita dalam menulis. Sebab kadang kedua hal ini seperti roda pedati, naik turun tanpa kita tahu sebab pastinya. Terimakasih.

J. Walaikumsalam Bu Susi.

Memang tidak dipungkiri menulis itu tergantung mood ya bu. Untuk menjaga konsisten ibu harus memiliki motivasi. Selain itu tetaplah berada dalam group atau komunitas menulis. Melihat rekan kita yang selalu memposting tulisan, hal tersebut bisa membangkitkan semangat kita untuk tetap menulis. Terlebih jika ada yang mengeshare cover buku terbarunya.

 

P. 12 ; Assalamualaikum sy Hasima ijin bertanya bagaimana caranya melatih konsentrasi agar bisa tetap fokus dan konsekuen dalam membaca dan menulis 🙏

Walaikumsalam bu Hasima saya berharap jawaban bisa ibu temukan sendiri. Karena masing-masing individu berbeda-beda untuk melatih konsentrasinya.

Jika saya sudah jenuh membaca sebuah buku, maka saya akan membaca status, berita, sosial media dan hal tsb bisa menemukan ide. jika jenuh sudah hilang bisa saya lanjutkan membacanya kembali

 

P13.  BU Sipi/ Bali  :  Bu Rita bagaimana supaya bisa lahirkan ide cemerlang?

Baik Untuk Bu Sipi melahirkan ide cemerlang pointnya membaca terutama buku-buku yang berkualitas.

 

P14  Assalamualaikum.wr.wb.saya Lusi dari Pangkalpinang..izin bertanya ibu..tp pertanyaan yang ini belum selesai ibu jawab yaitu tentang mengapa BM dalam PGRI ini harus menulis lewat blog?

Terimakasih atas jawabannya.. 🙏

 


 

P. 15 : Bismillah, Bu Rita..muda yg luar biasa hebat,

Saya Bu Jaitun asal Kal-Teng, ijin bertanya. Ingin membuat tulisan mengambil dari kisah nyata yg terjadi di sekolah, kemudian kita ingin kembangkan dan kaitkan dengan teori2 yang ada, cuman terkendala buku sbgai bahan acuannya, bagaimana solusi terhadap hal tersebut? Trimaksh

Terimakasih Bu Jaitun saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada ibu kisah nyata ini ingin ibu jadikan buku tentang apa? Kisah inspirasi, artikel ilmiah atau bagaimana?

Jika Kisah inspirasi bisa baca-baca cerpen sehingga bisa menuangkan ide kisah nyata dalam bentuk cerpen.


P. 16  Sudjatmiko. Salah satu kunci buku diterima oleh penerbit adalah salah satunya memunculkan gagasan baru. Apakah gagasan baru itu selalu trkait dengan sesuatu yang sedang viral saat ini! Bolehkah  kita gagasan baru itu semacam kontroversi dengan sebagian pendapat Orang. terima kasih

J. Kunci buku diterima dipenerbit tidak hanya buku yang memiliki ide baru akan tetapi yang sedang populer. Contoh saat ini tentang seleksi PPPK guru, jika Bpk bisa menulis buku Bedah soal PPPK pasti penerbit akan melirik.

 

P. 17. Bismillahirrohmannirrohim.                                                                           

Assalamu'alaikum.  Perkenalkan saya Iksan dari Kebumen.

Ibu bertanya adakah cara super ampuh agar kita berbeda dengan penulis lain selain dari menjadi diri sendiri? Dan haruskah kita berbeda, jika kita ingin menjadi penulis yang handal kelak dimasa depan?

Terimakasih.  Wassalamu'aliaikum wr. W

J. Walaikumsalam Pak Iksan salam kenal Kembali. Cara ampuh agar kita berbeda dari penulis lain adalah jadilah diri sendiri. Jika kita menjadi diri sendiri otomatis kita memiliki karakter tulisan yang tidak dimiliki oleh orang lain dan sudah pasti akan berbeda. Untuk menjadi penulis handal Pak Iksan tinggal terus menulis, tuangkan ide jika Bpk melakukan secara continue maka tidak diragukan tahun-tahun berikutnya Bpk menjadi salah satu penulis hebat.

 

P. 18 . Saya ibu Jahara dr Makassar.

Masih awam, apa itu buku antologi dan apa itu A4,A5..

J. Terimakasih Bu Jahara salam kenal. Buku antologi adalah buku yang ditulis banyak orang. Biasanya penulis buku antologi dalam satu buku bisa 20 penulis, 30, 40 bahkan lebih. Untuk A4, A5 itu ukuran kertas. Untuk buku biasanya menggunakan A5. Jika ibu menulis dengan format A4 misal ada 50 halaman. Jika dijadikan A5 bisa lebih jumlah halamannya.

 

P 19. Assalamualaikum..

Saya Sudarwoto dari Tangerang .Ibu Rita..saya mau bertanya, bagaimana pemilihan kata pada tulisan, apakah harus baku atau bagaimana? Trus apakah tulisan kita nanti diedit oleh penerbit?

Terimakasih Pak Sudarwoto. Pemilihan kata untuk tulisan bisa Bapak sesuaikan dengan jenis tulisan yang sedang bapak tulis. Misal untuk menulis cerpen bisa menggunakan gaya selingkung (tidak mengikuti aturan baku) sedangkan untuk penulisan ilmiah, artikel wajib menggunakan kata baku.

J.Biasanya Ketika kita ingin menerbitkan sebuah buku penerbit menyediakan jasa editor.

 

P.20 “

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Selamat malam bu Rita hebat. Salam kenal. Saya Hidmi Gramatolina dari Lombok NTB. Luar biasa sekali pengalaman dan karya karya ibu. Bagaimana tips dan trik agar bisa menulis dalam waktu singkat dan cepat? Saya masih sering terkendala  waktu. Berjam jam depan laptop hanya dapat 1_2 lembar..😊begitu dilepas, idenya belum bisa lanjut.

Terima kasih atas jawabannya.

 J.Walaikumsalam wr.wb. Malam Pak Hidmi terimakasih atas apresiasinya. Tips dan trik agar menulis dalam waktu singkat adalah KOMITMEN. Jika Bapak sudah memiliki target untuk menyelesaikan buku dalam 1 bulan Bpk harus komit dan konsisten menulis hingga selesai dan menjadi sebuah buku. Bapak hanya terkendala dengan ide. Sebaiknya Bpk membuat dulu peta konsep atau daftar isi apa yang ingin bpk tulis. Sehingga akan lebih mudah menyelesaikan tulisan.

 

P.21 Bu Rita..

Mohon jelaskan sejelas-jelasnya langkah2 membuat blog berdomain my.id seperti https//www.ritapinang.my.id

KangAsep USA

Thanx and Jazaakillah khoiron

Terimakasih Kang Asep pertanyaan yang menarik. Untuk pertanyaan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang domain dan hosting sedikit. Domain itu berbayar jika kita ingin memiliki nama sendiri tanpa embel-embel nama perusahaan penyerta. Contoh

www.sparepartlaptopmurah.com

www.ritapianng.my.id

http://www.pantiasuhanyatimpiatu.or.id/

(Com. My.id, or.id, net dll itu domain berbayar)

Sedangkan hosting adalah seperti media penyimpanan data kita.

Jika Bpk ingin membuat web baru untuk wordpress yang ingin menggunakan domain berbayar Bpk juga harus membeli hostingnya.

Sedangkan jika bpk sudah memiliki blog gratisan yang ingin dirubah ke .my.id atau.com dll Bpk bisa beli domain. Biasanya dari penjual domain akan memberikan Langkah-langkah cara merubah blogspot bpk ke domain terbaru.

Untuk penyewaan domain harus bayar setiap tahunnya. Jika masih bingung dan bermianat merubah domain bisa saya bantu. Tingggal sediakan dana saja sekitar 100-150rb J

 

P.22. Assalamu'alaikum...ibu apakah ada ketentuan untuk jumlah halaman buku yg kita tulis apakah itu karya yg fiksi dan Non Fiksi, karena terkadang begitu kita melihat satu buku, kita sudah punya pertanyaan waduh banyak amat ya gimana menjabarkan nya ini, karena kan satu kertas itu timbal balik penuh lagi, terimakasih ibu.

J. Walaikumsalam untuk ketentuan jumlah halaman sebuah buku min 60 halaman. Akan tetapi tentu saja jumlah segitu buku kita akan terlihat sangat tipis. Agar buku kita terlihat berisi sebaiknya  100 halaman -150 halaman.

Saya sarankan saat ini ibu menulis saja tanpa memikirkan halaman nanti setelah 30 kali pertemuan jika ibu menulis resume 5 halaman per resume maka ibu sudah menghasilkan 150 halaman.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. LUAR BIASA BU Rita, Terima kasih banyak. Juaranya membuat resume.
    Kalau ada lomba buat resume utk alumni BM 1-20 yakin ibu juara.

    Sehat dan sukses selalu utk Bu Rita dan keluarga di Bali.

    BalasHapus
  2. terimakasih bu Rita, terimakasih Pak Dail atas pencerahannya

    BalasHapus
  3. Keren, Bu.. thanx a lot and Jazaakillaah Khorin

    BalasHapus