Tutorial Youtube dan Literasi Blog dalam Mengatasi Learning Loss

 



Introduction

Assalamualaikum wr wb, salam sejahtera, salam Bahagia untuk Bpk/Ibu guru di seluruh Indonesia perkenalkan nama saya Rita Wati, saya merupakan guru dari SMP Negeri 2 Mendoyo Kabupaten Jembrana Provinsi Bali.


 


Pada kesempatan ini izinkan saya berbagi pengalaman Best Practice dalam mengatasi Learning Loss, yaitu pembelajaran yang hilang selama kegiatan Belajar Dari Rumah pada masa pandemi dalam rangka kegiatan apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar, serta Pengawas Sekolah Inspiratif Tahun 2021 dengan tema 

Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan


Pembelajaran Sebelum PTPM

Bapak/ibu sebagaimana kita ketahui bersama, berlakunya kegiatan Belajar, beribadah dan aktivitas dari rumah sejak pertengan Maret tahun 2020 yang lalu. Sejak itu guru dan siswa dipaksa ‘Melek IT’ dalam kegiatan Pembelajaran dari Jarak Jauh.


Tentu saja selama kegiatan pembelajaran dari jarak jauh itu banyak materi yang tidak dapat disampaikan dengan baik bukan hanya karena keterbatasan fasilitas akan tetapi kemampuan anak-anak dalam penggunaan alat teknologi seperti HP dan laptop juga masih sangat terbatas.










Berangkat dari permasalahan di atas dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, saya banyak menggunakan tools aplikasi pembelajaran online yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Saya menggunakan azas user friendly.  Untuk berkomunikasi  dan melakukan aktivitas pembelajaran baik itu penyampaian materi, tanya jawab dan diskusi kami menggunakan WA Group.

 


Hal ini disebabkan WA group merupakan fasilitas yang pasti digunakan oleh pengguna android dan sangat user friendly untuk peserta didik dalam kegiatan BDR dalam pemberian materi saya menggunakan blog dan youtube.


Untuk penggunaan tools aplikasi saya buatkan tutorial kemudian saya upload di youtube. Selain itu juga saya jelaskan materi lewat blog sehingga siswa dapat melihat materi dalam 2 versi untuk menghemat paket internet dan bagi siswa yang senang dengan visual mereka bisa melihat materi melalui penjelasan dari blog sedangkan untuk yang senang dengan penjelasan audio visual mereka bisa melihat melalui tayangan youtube.

Berikut ini materi yang saya share lewat youtube

Fungsi Logika If dlm Ms.Excel https://youtu.be/8BCltpp4cqU

Content Management System (CMS)

Perangkat Keras Komputer

Pengenalan Internet

Membuat Sertifikat dengan Mailmerge


Cara Membuat Kolom Koran. Memasukan Gambar dan Mengatur Kertas

Perangkat Lunak Komputer (Software)

Cara Merubah Tema Blog

Memasukan Gambar, Youtube dan Link Nyala di Blog


Untuk melihat materi dan tutorial lainnya silahkan klik di sini. Sedangkan untuk materi di blog bisa Bpk/ibu dapat lihat pada list di bawah ini :
  1. Perangkat Keras Komputer (Hardware)
  2. Perangkat Lunak Komputer (Software)
  3. Fungsi Absolut Dalam Ms.Excel
  4. Mengunci Kolom dan Baris Dalam Ms.Excel
  5. Cara Memasukan Gambar, Youtube dan Link URL
  6. Cara Menyingkat Link Dengan Bit.Ly
  7. Mengetik Cepat Dengan Suara
  8. Cara Membuat Dropcap, Insert Picture dan Page Layout
  9. Membuat Tabel Pada Ms.Word di HP
  10. Cara Memasukan Fie PDF ke Dalam Blog
  11. Membuat Tulisan Berjalan di Blog

Materi lengkap bisa di sini dan di sini

Tentu saja semua itu tidak berjalan dengan lancar kendala paket, sinyal dan siswa yang sama sekali belum mengerti dengan penjelasan lewat youtube walaupun sudah diberikan tutorial karena untuk siswa kelas 7 yang belum sama sekali mendapatkan mata pelajaran Informatika, karena sebagian besar dari siswa kami sama sekali masih belum pernah memegang mouse. Begitu juga dengan siswa kami yang kelas 9 masih ada siswa yang belum memahami bagaimana cara belajar mandiri dengan tutorial lewat video yang telah saya bagikan.

Perencanaan PTMT untuk mengatasi Learning Loss

Kegiatan PTMT Sekolah kami dilaksanakan sejak akhir bulan September. Wakil Ketua bagian Kurikulum pun membuat jadwal pembelajaran pada masa PTPM dengan melaksanakan sebanyak 2 sesi dimana sesi pertama berlangsung pada pukul 08:10 sedang sesi 2 pukul 11.00:13.00.

Terkhusus untuk mapel yang saya ampu Informatika hanya diberi waktu 30 menit untuk setiap sesi. Dalam keterbatasan itu saya mulai membuat strategi bagaimana melakukan pembelajaran yang sangat terbatas dengan banyaknya materi yang tertinggal. Untuk mengatasi permasalaha tersebut strategi yang saya gunakan yaitu memaksimalkan penggunaan youtube dan blog.


Pelaksanaan PTMT untuk mengatasi Learning Loss

Pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) saya langsung mengarahkan siswa untuk membuka chanel youtube saya Cikgu Rita di sana saya mengajarkan kepada mereka bagaimana cara belajar mandiri Ketika di rumah dengan penjelasan tutorial yang saya buat.

Saya mengarahkan mereka membuka youtube 

Misalkan materi Cara membuat tabel, menambah baris, menambah kolom pada aplikasi MS.Word.



Kemudian mereka memperhatikan dan sekaligus mempraktikkan dan cara ini cukup efektif  karena waktu tatap muka yang hanya terbatas sehingga mereka bisa melanjutkan dan mengulang materi yang sedang dibahas kapan saja dan di mana saja mereka berada.


PTMT ini sangat membantu sekali karena Ketika BDR walaupun saya sudah memberikan tutorial masih banyak dari mereka sulit untuk memulai. Akan tetapi ketika saya ajarkan bagaimana cara belajar tutorial mandiri mereka sudah mulai memahami sehingga mereka bisa melanjutkan materi yang tertinggal di rumah masing-masing.


Sekolah kami sudah 5 minggu melaksanakan PTMT untuk siswa yang saya ampu  kelas 7  dan 9  saya lebih focus kepada mereka bagaimana cara belajar mandiri dengan tutorial yang telah saya berikan .



Evaluasi Implementasi

Alhamdulillah dengan metode yang saya berikan  ketertinggalan materi atau learning loss dapat teratasi dengan strategi cara belajar mandiri dengan tutorial di youtube dan blog. Hanya saja terkhusus untuk siswa kelas 7 untuk kelas 7A dan 7B masih bisa mengikuti tutorial pembelajaran dengan cepat karena sebagian dari mereka sudah terbiasa menggunakan perangkat computer. Sedangkan untuk siswa 7C s/d 7H masih perlu 2 kali pertemuan lagi agar mereka terbiasa menggunakan mouse dan keyboard terlebih dahulu karena banyak dari mereka yang baru memegang mouse dan keyboard dalam PTMT ini.

 

Sedangkan untuk siswa kelas 9 alhamdulillah sudah bisa mengikuti dengan baik. Ini dibuktikan tugas pembuatan blog yang diterangkan melalui tutorial youtube telah mereka kerjakan dengan mengumpulkan link blog mereka di WA Group belajar Informatika.

Berikut ini beberapa daftar link blog siswa kelas 9 yang saya ampu.

  1. https://juwita00711.blogspot.com/2021/11/kilas-balik-2019.html
  2. https://mrtakdw.blogspot.com/2021/11/cerpen-tentang-kemalasan.html
  3. https://laksmiwulandari07.blogspot.com/2021/11/impian-kepada-negara-jepang.html
  4. https://pramandari03.blogspot.com/2021/11/cinta-anak-remaja.html
  5. https://risnapurnawati0912.blogspot.com/2021/11/cerpen-menceritakan-seseorang-yang.html
  6. https://adhiwibunews.blogspot.com/2021/11/apasih-bahayanya-narkoba-dan-alkohol.html
  7. https://marrtinkristina.blogspot.com/2021/11/keseharian-ku-yang-membosankan.html
  8. https://naraakusmaa.blogspot.com/2021/11/cerita-random-saya-saat-pergi-ke-luar.html

Tindak Lanjut

Tindak lanjut dalam tutorial yang saya buat telah saya jadikan buku dengan judul 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring dan Insyaallah Tutorial yang lainnya akan segera saya bukukan sebagai salah satu buku pegangan dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan selama masa pandemic dan PTMT.


Selain itu sebagian tuisan saya yang berada di blog juga sudah saya bukukan sebanyak 4 buku solo, 1 buku duet bareng Prof Ekoji dan 9 buku antologi. 


Penutup

Demikianlah cara saya mengatasi learning loss di masa pandemi ini dengan memberikan Tutorial Youtube dan Literasi blog. Hasilnya di luar dugaan  tidak hanya dari siswa interen sekolah saja yang melihat materi yang saya share lewat tulisan dan youtube akan tetapi semua orang yang mengunjungi blog dan youtube saya. 

 


Benefit lainnya di luar dugaan saya karena meninggalkan jejak digital sehingga dapat membangun personal branding sehingga undangan menjadi narasumber tentang kepenulisan maupun tutorial berdatangan.





Demikianlah presentasi dari saya semoga bermanfaat terkhusus untuk saya pribadi dan untuk semua rekan-rekan guru pada umumnya.  Saya tutup dengan quote 

Orang yang tidak memiliki keberanian dalam bertindak, mengambil keputusan ataupun mengungkapkan sesuatu berarti dia telah menghambat untuk kesuksesannya sendiri -rita pinang- (Rita Wati)

 

Wabillahit taufiq wal hidayahwassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh .



Jembrana, 20 November 2021

Rita Wati,S.Kom




Posting Komentar

0 Komentar