Introduction
Assalamualaikum wr wb, salam sejahtera, salam Bahagia untuk Bpk/Ibu guru di seluruh Indonesia perkenalkan nama saya Rita Wati, saya merupakan guru dari SMP Negeri 2 Mendoyo Kabupaten Jembrana Provinsi Bali.
Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan
Pembelajaran Sebelum PTPM
Bapak/ibu sebagaimana kita ketahui bersama,
berlakunya kegiatan Belajar, beribadah dan aktivitas dari rumah sejak pertengan
Maret tahun 2020 yang lalu. Sejak itu guru dan siswa dipaksa ‘Melek IT’ dalam
kegiatan Pembelajaran dari Jarak Jauh.
Tentu saja selama kegiatan pembelajaran dari jarak
jauh itu banyak materi yang tidak dapat disampaikan dengan baik bukan hanya
karena keterbatasan fasilitas akan tetapi kemampuan anak-anak dalam penggunaan
alat teknologi seperti HP dan laptop juga masih sangat terbatas.
Berangkat dari permasalahan di atas dalam kegiatan
Pembelajaran Jarak Jauh, saya banyak menggunakan tools aplikasi pembelajaran
online yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Saya menggunakan azas
user friendly. Untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas pembelajaran baik itu
penyampaian materi, tanya jawab dan diskusi kami menggunakan WA Group.
Hal ini disebabkan WA group merupakan fasilitas yang
pasti digunakan oleh pengguna android dan sangat user friendly untuk peserta
didik dalam kegiatan BDR dalam pemberian materi saya menggunakan blog dan
youtube.
Untuk penggunaan tools aplikasi saya buatkan
tutorial kemudian saya upload di youtube. Selain itu juga saya jelaskan materi
lewat blog sehingga siswa dapat melihat materi dalam 2 versi untuk menghemat
paket internet dan bagi siswa yang senang dengan visual mereka bisa melihat
materi melalui penjelasan dari blog sedangkan untuk yang senang dengan
penjelasan audio visual mereka bisa melihat melalui tayangan youtube.
- Perangkat Keras Komputer (Hardware)
- Perangkat Lunak Komputer (Software)
- Fungsi Absolut Dalam Ms.Excel
- Mengunci Kolom dan Baris Dalam Ms.Excel
- Cara Memasukan Gambar, Youtube dan Link URL
- Cara Menyingkat Link Dengan Bit.Ly
- Mengetik Cepat Dengan Suara
- Cara Membuat Dropcap, Insert Picture dan Page Layout
- Membuat Tabel Pada Ms.Word di HP
- Cara Memasukan Fie PDF ke Dalam Blog
- Membuat Tulisan Berjalan di Blog
Tentu saja semua itu tidak berjalan dengan lancar
kendala paket, sinyal dan siswa yang sama sekali belum mengerti dengan
penjelasan lewat youtube walaupun sudah diberikan tutorial karena untuk siswa
kelas 7 yang belum sama sekali mendapatkan mata pelajaran Informatika, karena
sebagian besar dari siswa kami sama sekali masih belum pernah memegang mouse.
Begitu juga dengan siswa kami yang kelas 9 masih ada siswa yang belum memahami
bagaimana cara belajar mandiri dengan tutorial lewat video yang telah saya
bagikan.
Perencanaan PTMT untuk
mengatasi Learning Loss
Tentu saja semua itu tidak berjalan dengan lancar
kendala paket, sinyal dan siswa yang sama sekali belum mengerti dengan
penjelasan lewat youtube walaupun sudah diberikan tutorial karena untuk siswa
kelas 7 yang belum sama sekali mendapatkan mata pelajaran Informatika, karena
sebagian besar dari siswa kami sama sekali masih belum pernah memegang mouse.
Begitu juga dengan siswa kami yang kelas 9 masih ada siswa yang belum memahami
bagaimana cara belajar mandiri dengan tutorial lewat video yang telah saya
bagikan.
Kegiatan PTMT Sekolah kami dilaksanakan sejak akhir
bulan September. Wakil Ketua bagian Kurikulum pun membuat jadwal pembelajaran
pada masa PTPM dengan melaksanakan sebanyak 2 sesi dimana sesi pertama
berlangsung pada pukul 08:10 sedang sesi 2 pukul 11.00:13.00.
Terkhusus untuk mapel yang saya ampu Informatika
hanya diberi waktu 30 menit untuk setiap sesi. Dalam keterbatasan itu saya
mulai membuat strategi bagaimana melakukan pembelajaran yang sangat terbatas
dengan banyaknya materi yang tertinggal. Untuk mengatasi permasalaha tersebut
strategi yang saya gunakan yaitu memaksimalkan penggunaan youtube dan blog.
Pelaksanaan PTMT untuk mengatasi Learning Loss
Pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
(PTMT) saya langsung mengarahkan siswa untuk membuka chanel youtube saya Cikgu Rita di sana saya mengajarkan kepada mereka bagaimana cara belajar mandiri
Ketika di rumah dengan penjelasan tutorial yang saya buat.
Saya mengarahkan mereka membuka youtube
Misalkan materi Cara membuat tabel, menambah baris, menambah kolom pada aplikasi MS.Word.
Kemudian mereka memperhatikan dan sekaligus
mempraktikkan dan cara ini cukup efektif
karena waktu tatap muka yang hanya terbatas sehingga mereka bisa
melanjutkan dan mengulang materi yang sedang dibahas kapan saja dan di mana
saja mereka berada.
PTMT ini sangat membantu sekali karena Ketika BDR
walaupun saya sudah memberikan tutorial masih banyak dari mereka sulit untuk
memulai. Akan tetapi ketika saya ajarkan bagaimana cara belajar tutorial
mandiri mereka sudah mulai memahami sehingga mereka bisa melanjutkan materi yang tertinggal di rumah
masing-masing.
Sekolah kami sudah 5 minggu melaksanakan PTMT untuk siswa yang saya ampu kelas 7 dan 9 saya lebih focus kepada mereka bagaimana cara belajar mandiri dengan tutorial yang telah saya berikan .
Evaluasi Implementasi
Alhamdulillah dengan metode yang saya berikan ketertinggalan materi atau learning loss
dapat teratasi dengan strategi cara belajar mandiri dengan tutorial di youtube
dan blog. Hanya saja terkhusus untuk siswa kelas 7 untuk kelas 7A dan 7B masih
bisa mengikuti tutorial pembelajaran dengan cepat karena sebagian dari mereka
sudah terbiasa menggunakan perangkat computer. Sedangkan untuk siswa 7C s/d 7H
masih perlu 2 kali pertemuan lagi agar mereka terbiasa menggunakan mouse dan
keyboard terlebih dahulu karena banyak dari mereka yang baru memegang mouse dan
keyboard dalam PTMT ini.
Sedangkan untuk siswa kelas 9 alhamdulillah sudah
bisa mengikuti dengan baik. Ini dibuktikan tugas pembuatan blog yang
diterangkan melalui tutorial youtube telah mereka kerjakan dengan mengumpulkan
link blog mereka di WA Group belajar Informatika.
Berikut ini beberapa daftar link blog siswa kelas 9 yang saya ampu.
- https://juwita00711.blogspot.com/2021/11/kilas-balik-2019.html
- https://mrtakdw.blogspot.com/2021/11/cerpen-tentang-kemalasan.html
- https://laksmiwulandari07.blogspot.com/2021/11/impian-kepada-negara-jepang.html
- https://pramandari03.blogspot.com/2021/11/cinta-anak-remaja.html
- https://risnapurnawati0912.blogspot.com/2021/11/cerpen-menceritakan-seseorang-yang.html
- https://adhiwibunews.blogspot.com/2021/11/apasih-bahayanya-narkoba-dan-alkohol.html
- https://marrtinkristina.blogspot.com/2021/11/keseharian-ku-yang-membosankan.html
- https://naraakusmaa.blogspot.com/2021/11/cerita-random-saya-saat-pergi-ke-luar.html
Tindak Lanjut
Tindak lanjut dalam tutorial yang saya buat telah
saya jadikan buku dengan judul 25 Tutorial Pembelajaran Daring dan Luring dan
Insyaallah Tutorial yang lainnya akan segera saya bukukan sebagai salah satu
buku pegangan dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan selama masa
pandemic dan PTMT.
Selain itu sebagian tuisan saya yang berada di blog juga sudah saya bukukan sebanyak 4 buku solo, 1 buku duet bareng Prof Ekoji dan 9 buku antologi.
Penutup
Demikianlah cara saya mengatasi learning loss di masa pandemi ini dengan memberikan Tutorial Youtube dan Literasi blog. Hasilnya di luar dugaan tidak hanya dari siswa interen sekolah saja yang melihat materi yang saya share lewat tulisan dan youtube akan tetapi semua orang yang mengunjungi blog dan youtube saya.
Benefit lainnya di luar dugaan saya karena meninggalkan jejak digital sehingga dapat membangun personal branding sehingga
undangan menjadi narasumber tentang kepenulisan maupun tutorial berdatangan.
Orang yang tidak memiliki keberanian dalam bertindak, mengambil keputusan ataupun mengungkapkan sesuatu berarti dia telah menghambat untuk kesuksesannya sendiri -rita pinang- (Rita Wati)
Wabillahit taufiq wal hidayah, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh .
Jembrana, 20 November 2021
Rita Wati,S.Kom
1 Komentar
Mantap,Cikgu....
BalasHapus